10 Arti dan Makna Kata Teguh Menurut KBBI

0 38

Terdapat 10 arti dan makna kata teguh yang tertulis dalam kamus bahasa Indonesia, namun keseluruhan itu berdasarkan penambahan kata bantu yang dapat di artikan.

Mungkin penambahan kata bantu itu menyebabkan perbedaan antara makna kata teguh tersebut, tapi apakah benar-benar berbeda seperti yang lainnya?.

Berikut dengan contoh yang akan admin sampaikan disini dengan jelas, lengkap dan insa Allah mudah kamu pahami agar dapat menambah wawasan.

Arti dan Makna Kata Teguh

Teguh memiliki beberapa makna, diantaranya kuat, erat kuat, kukuh, kuat berpegang dan menetap tidak berubah, teguh juga dapat diartikan sebagai yang sudah kuar, sedangkan bersiteguh artinya berpegang pada pendapat.

Namun makna dari beberapa arti tersebut memiliki tujuan penggunaan yang berbeda, meskipun ada kesamaan dari arti yang sudah admin tulis diatas, akan tetapi terdapat perbedaan.

Berikut makna kata teguh berdasarkan kondisi atau tujuan pengucapan kata yang dilakukan.

  • Kuat (yaitu penggunaan kata terhadap sesuatu buatannya)
  • Erat Kuat ( merupakan penggunaan kata tentang ikatan, misal persahabatan, keluarga)
  • Kuat Berpegang (umunya ditujukkan pada janji, perkataan dan adat)
  • Tetap Tidak Berubah (seperti keteguhan iman, hati, pendirian seseorang dan kesetiaan seseorang)
  • Berteguh (memperkuat hati)

Arti kata teguh yang tertulis diatas adalah kata utama, sedangkan seperti yang admin sampaikan bahwa ada 10 arti berdasarkan penurunan kata yang tertulis dalam KBBI.

Baca Juga : Arti Rendah Hati : Pengertian dan Contoh Kalimatnya

Turunan Kata Teguh (Bantu)

Arti kata teguh yang utamanya adalah kuat memiliki beberapa penurunan kata yang ditambahkan kata bantu diawal kalimat maupun di akhir kalimat yang tertera.

Mungkin tidak ada perbedaan dari beberapa istilah tersebut, akan tetapi dapat dijelaskan agar lebih rinci lagi dan lebih mudah dipahami.

  • Berteguh (memperkuat hati)
  • Berteguh-teguh (saling berteguh, berjanji harus menepati)
  • Bersiteguh (berpegang pada pendapat)
  • Meneguhkan (menguatkan)
  • Keteguhan (kekuatan hati)

Turunan kata tersebut bisa menjadi kosakata yang digunakan dalam kalimat-kalimat untuk pengungkapan kata teguh, sehingga bagaimana kondisi yang terjadi harus sesuai dengan makna yang tertulis.

Sedangkan masih banyak kesalahan yang harus direvisi terkait penulisan kata yang ternyata tidak sesuai dengan kondisi yang ada, maka demikian admin memilih untuk menjelaskan lebih detail.

Baca Juga : Arti Ungkapan Buah Hati dan Contoh Kalimatnya

Penggunaan Makna Kata Teguh

Penggunaan kata teguh dapat diungkapkan sesuai dengan makna yang tertulis, seperti makna utama adalah kuat, maka harus sesuai dengan apa yang sedang terjadi.

Contohnya tentang iman, maka banyak yang mengungkapkan kata dengan kalimat “teguhkanlah iman hamba ini” jika diartikan berarti kuatkanlah iman hamba ini”.

Pada pendapat pun harus dengan kosakata yang seharusnya digunakan, seperti yang sudah admin diatas mungkin dapat kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Baca Juga : 3 Arti Kata Linang dan Contoh Ungkapannya

Kesimpulan

Dalam KBBI memang ada banyak kosakata yang tidak banyak diketahui, kadang orang menganggap kata dalam bahasa Indonesia itu memiliki kesamaan, padahal banyak yang berbeda.

Salah satunya adalah kata teguh yang memiliki arti sama akan tetapi makna yang berbeda, meski sama-sama kuat namun ditujukan terhadap kondisi yang berbeda.

Maka dari itu, penting untuk lebih mencari dan menemukan serta mengartikan istilah atau kalimat yang tidak kita ketahui agar semakin banyak menambah wawasan.

Demikian arti dan makna kata teguh menurut KBBI yang dapat admin sampaikan kali ini, semoga ada manfaatnya, kalau enggak ya enggak usah dipaksa, admin tidak suka memaksa.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.