Take a fresh look at your lifestyle.

10 Kewajiban Para Pelajar Sebagai Warga Negara

Sebutkan Kewajiban Pelajar Sebagai Warga Negara, Apa Saja?

0

Sekolah memang sudah mulai masuk lagi di semester kedua ini, ada banyak sekali kewajiban para pelajar sebagai warga negara yang harus kita lakukan.

Mungkin di sekolah juga ada pertanyaa, sebutkan kewajiban pelajar sebagai warga negara? Nah dalam artikel ini tentu akan dijelaskan secara lengkap.

Dan seperti yang sudah dirangkum, ada banyak sekali kewajiban-kewajiban yang harus dilakukan oleh pelajar di Indonesia, bukan hanya belajar dan mengisi soal saja.

Mungkin berikut adalah maksud yang kamu butuhkan, silakan simak penjelasan dibawah ini secara seksama.

10 Kewajiban Para Pelajar Sebagai Warga Negara

Pelajar di Indonesia tak hanya untuk mempelajari apa yang seharusnya di pelajari saja, namun harus melakukan hal-hal yang diwajibkan sebagai warga negara.

Mungkin para pelajar menyangka, selama ini kita hanya diwajibkan mempelajari apa yang diberikan di sekolah, ujian, belajar disiplin, dan lain-lain.

Namun, bukan hanya disekolah saja, melainkan di dunia “luar sekolah” pun banyak yang harus kalian lakukan, salah satunya adalah menghormati orang lain.

Berikut ini 10 kewajiban yang harus dilakukan sebagai pelajar, diantaranya:

  1. Taat dengan peraturan-peraturan yang berlaku
  2. Menghormati orang-orang yang ada di sekitar, termasuk guru
  3. Ikut serta memberikan upaya untuk membangun negeri, salah satunya berprestasi
  4. Menghargai perbedaan sesama warga negara
  5. Memberishkan negara, yakni dengan menjaga nama baik negara Indonesia
  6. Berupaya menjaga kesatuan dan persatuan bangsa
  7. Membanggakan negara, juga orang tua
  8. Jadilah pelajar yang baik, tidak ada bullying, bolos, dan hal-hal negatif lainnya
  9. Hormat kepada guru pun termasuk kewajiban sebagai pelajar
  10. Berlaku juga dalam mengekspresikan bahwa kamu adalah pelajar yang baik

Hal-hal tersebut harus kamu lakukan, meski sebenarnya banyak hal-hal yang wajib dilakukan menjadi pelajar warga negara Indonesia.

Kasus-kasus di sekolah, seperti melawan guru, mengejek guru, melakukan perundungan.

Dan jelas itu adalah kesalahan dan pelanggaran terbesar sebagai pelajar negara ini, tidak boleh melakukan itu jika kamu ingin menjadi pelajar yang baik.

Karena, tujuan sekolah bukan hanya mengejar Ijazah yang bernilai tinggi, tapi mempelajari diri agar bisa menjadi orang yang baik di mata negara.

Kelak, jika kita seperti demikian, apapun yang akan kita lakukan “bukan tindak kejahatan” akan dimudahkan jika menjadi pelajar yang baik.

Baca juga : 8 Alasan Mengapa Kita Harus Cinta Produk Indonesia

Motivasi Sebagai Pelajar

Diatas sudah di sebutkan kewajiban para pelajar sebagai warga negara, maka kamu harus benar-benar melakukan sebagaimana pada list yang sudah tertulis diatas.

Berprestasi dalam membangun negeri adalah upaya yang harus dilakukan, apalagi dijaman sekarang ini banyak cara yang dapat dilakukan.

Salah satunya adalah membanggakan negara dengan atlet, nama Indonesia tentunya akan tenar dimata internasional.

Ikut serta ketika ada acara-acara di sekolah, turnamen, dan lainnya agar kita bisa mengikuti sebagai pelajar untuk berpartisipasi membanggakan negara Indonesia.

Sahabat kalem, kalau kamu benar-benar seorang pelajar yang baik, mestinya tidak melanggar aturan-aturan yang ada, sebagaimana yang sudah dijelaskan disekolah pada saat kamu sedang belajar.

Maka dengan demikian, upaya menjadi warga negara yang baik pun akan dilakukan setelah kamu tidak lagi menjadi pelajar.

Lihat mereka yang sudah berhasil membanggakan negara, di mata internasional mereka sangat berprestasi, dan tentu Indonesia terus disebut.

Tapi sayangnya masih sedikit, kamu seharusnya bisa menjadi salah satu bagian dari mereka yang ikut membanggakan negeri ini.

Baca juga : NKRI : Bentuk Negara Indonesia

Kesimpulan

Sudahkah siap kamu menjadi pelajar yang baik sebagai warga negara? Jadi tidak hanya tugas sekolah saja ya, namun kamu juga harus melakukan hal-hal tertulis.

Di lingkungan juga, kamu menjadi orang yang baik, jika ada yang butuh pertolongan, tolonglah mereka itu adalah salah satu menghargai dan menghormati sesama warga negara.

Kalau ada orang yang butuh pelajaran, dan orang tersebut tidak sekolah, kenapa tidak kamu bantu dengan mengajari mereka? Belajar bukan hanya dari orang dewasa, tapi juga orang kecil yang tidak banya ilmu.

Ini juga upaya untuk membangun bangsa ini menjadi lebih baik, karena kamu sudah berpartisipasi dalam memberikan wawasan terhadap orang yang awam.

Jadi itulah 10 kewajiban para pelajar sebagai warga negara Indonesia, mulai sekarang jangan lagi melakukan hal-hal negatif ya, jauhi dan lakukan yang positif demi diri sendiri dan bangsa di sendiri.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.