10 Perbedaan Etika dan Etiket yang Wajib Diketahui

Kamu Mungkin Selama Ini Salah Membedakan Etika dan Etiket

0

Sikalem – Tahukah kamu, bahwa ada banyak sekali perbedaan etika dan etiket? Kamu tidak tahu makanya akan saya beri tahu berdasarkan apa yang sudah saya telusuri.

Mungkin masih banyak orang yang menganggap bahwa etika dan etiket ini tidak ada perbedaan, namun ada banyak perbedaan etika dan etiket yang benar-benar harus kamu pahami.

Tentu saja, selain dari nama yang berbeda, tujuan dan makna dari kedua istilah ini pun sangat berbeda, kamu mau tahu apa saja perbedaannya?

Perbedaan Antara Etika dan Etiket

Secara umum, etika dan etiket adalah perilaku manusia, namun perbedaan antara etika dan etiket dilihat dari asl-usul, etika berasal dari bahasa Yunani yaitu Ethos yang berarti Watak Kebiasaan, sedangkan etiket berasal dari bahasa Perancis yaitu Etiquette yang artinya Sopan Santun.

Sangat-sangat salah jika kamu menganggap bahwa keduanya ini sama, ya memang antara etika dan etiket ini bersangkutan pada perilaku manusia, namun lihat saja asal-usulnya yang sangat berbeda.

Jadi yang mendasar pada keduanya itu bukan hanya asal usul, namun artinya pun berbeda, sopan santun dan watak kebiasaan itu suatu hal yang berbeda.

Tapi tetap saja itu adalah perilaku manusia, jadi kamu enggak usah bingung lagi perbedaan dari kedua hal tersebut.

Perbedaan Antara Etika dan Etiket
Foto : Istimewa

Beda Keseluruhan Etika dan Etiket

Selain pada umumnya, bahwa perbedaan etika dan etiket dilihat dari asal-usul dan maknanya, namun tetap pada dasar perilaku manusia.

Dan ternyata tak hanya itu saja, asal kamu tahu bahwa perbedaan kedua perilaku tersebut ada banyak sekali, apakah kamu mau tahu secara keseluruhan, apa saja perbedaannya?

Berikut ini adalah perbedaan etika dan etiket yang harus kamu ketahui.

  1. Etiket berlaku jika ada orang yang hadir
  2. Sedangkan etika berlaku tidak bergantung pada ada atau tiadanya orang
  3. Etika adalah niat, perbuatan, boleh atau tidak dilakukan, niat baik atau buruk itu tergantung
  4. Etiket adalah cara seseorang hanya untuk melakukan perbuatan yang benar
  5. Etiket kemungkinan besar dianggap tidak sopan disatu budaya, namun sopan dibudaya yang lain karena bersifat relatif
  6. Sedangkan Etika adalah aturan mutlak yang tidak boleh dilanggar, contonhnya dilarang mengambil tanpa ijin
  7. Etika merupakan Nurani atau batin, kita harus bersikap baik dan etis
  8. Etiket adalah lahiriah, dari sikap luarnya penuh dengan sopan santun
  9. Etika berlaku bagi siapapun dan kapanpun
  10. Dan Etiket berlaku hanya dalam pergaulan (poin pertama)

Baca juga : 4 Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite yang Harus Kamu Tahu

Sahabat kalem, seperti yang kamu lihat, benar sekali ternyata ada banyak perbedaan etika dan etiket, dan banyak juga orang yang salah.

Kadang mereka menganggap bahwa keduanya sama-sama perilaku, ya memang itu adalah perilaku, namun dengan makna dan tujuan yang berbeda tentunya.

Dapat kamu baca kembali pada perbedaan umum dari kedua perilaku ini, dan tentu saja setiap manusia seharusnya berperilaku layaknya orang yang baik.

Contoh Etika dan Etiket

Maka perlu contoh agar kamu lebih mudah dalam memahami perbedaan etika dan etiket yang sudah saya jelaskan diatas, bukan tanpa alasan tentunya, namun dengan contoh semua akan terpahami dengan lebih mudah.

Berikut ini contoh antara etika dan etiket selain dari perbedaan yang mutlak dan menjadi bagian terpenting kehidupan kita sebagai manusia.

Etika dan Etiket
Foto : Istimewa

Contoh Etika

1. Mengambil barang orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya atau dengan kata lain mencuri, maupun orang lain adalah perbuatan yang melanggar etika, meskipun tidak diketahui siapapun, itu tetap saja melanggar aturan.

2. Meskipun orang yang meminjamkan barang sudah lupa, misalnya kamu minjam tas kepada teman kamu, namun sudah beberapa hari, dan akhirnya teman kamu lupa, kamu tetap harus mengembalikannya.

Contoh Etiket

1. Membuang angin atau disebut dengan kentut didepan teman, keluarga, atau kerabat kamu yang sedang berkumpul itu merupakan perbuatan yang melanggar etiket, namun jika kamu melakukannya di tempat yang hanya ada kamu sendiri, misalnya kamar mandi atau saat sendiri itu tidak melanggar etiket.

2. Seseorang yang kamu lihat, dia baik, dia dermawan, dan dia tidak seperti yang lainnya, intinya secara lahir dia terlihat seperti orang baik, namun ternyata dibalik itu semua dia adalah orang yang suka mencopet.

Jadi, pada contoh yang dijelaskan diatas mungkin sudah dapat membantu bahwa perbedaan etika dan etiket itu benar-benar menonjol, makanya kamu harus tahu keduanya.

Kalau kamu enggak tahu, bagaimana nanti kamu akan menjadi orang yang ingin terlihat hebat oleh orang lain, jika etika dan etiket saja enggak kamu pahami.

Beda lagi etiket dan E-Tiket, kalau inimah tiket elektronik, wkwk, jangan disamakan ya, yang sedang kita bahas adalah etiket yang merupakan perilaku dari manusia itu sendiri.

Baca juga : Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Kesimpulan

Pada dasarnya, etika dan etiket ini masih menjadi bagian dari perilaku manusia, atau bisa disebut juga sikap manusia, namun jelas bahwa keduanya sangat berbeda dari pola dan kondisi yang diharapkan.

Demikian pembahasan atas perbedaan etika dan etiket, sekarang kamu enggak usah bingung lagi memahami kedua perilaku manusia itu, karena jelas berbeda.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.