10 Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Berikut Contoh Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

0

Sikalem – Tahukah kamu bahwa ternyata ada banyak contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, dan semua itu wajib kamu ketahui agar sumber daya tersebut tidak hilang dan tetap terjaga.

Secara keseluruhan memang jumlahnya tidak sedikit, semua sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui itu sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tapi memang hal itu dibutuhkan untuk menunjang kehidupan kita dewasa ini.

Sedangkan, sumber-sumber daya alam tersebut ketika habis, maka dia tidak ada lagi, harus mencari ke lokasi yang lain untuk mengambil dan menemukannya.

Pengertian Sumber Daya Alam

Pengertian Sumber Daya Alam
Pengertian Sumber Daya Alam

Sebelum kita cari tahu apa saja sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui? Alangkah lebih baik jika sahabat kalem mengetahui dan mengenal lebih dalam lagi apa yang dimaksud sumber daya alam.

Pengertian sumber daya alam yaitu segala sesuatu yang berasal dari alam, dimanfaatkan dan digunakan oleh manusia sebagai sumber kehidupan yang artinya untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Salah satu contohnya yaitu komponen biotik dan abiotik.

Komponen biotik ini bisa dijabarkan sebagai mahkul hidup yang ada di alam, seperti hewan dan tumbuhan. Sementara itu komponen abiotik merupakan sumber daya yang tidak hidup, seperti gas alam, air, logam dan tanah.

Seperti kita ketahui bahwa kedua jenisnya sangat berpengaruh terhadap kehidupan manusia. Dan semua itu adalah sumber-sumber hidupnya manusia.

Baca juga : Kualitas Sumber Daya Manusia Mempengaruhi Produksi Suatu Negara

Baca juga : Hutan Sumber Pangan Bagi Kehidupan Manusia

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang paling penting untuk kebutuhan hidup manusia adalah minyak bumi, ini merupakan jenis sumber daya yang setiap hari dibutuhkan oleh manusia.

Namun selain minyak bumi, ternyata benar ada banyak sekali sumber daya tersebut yang benar-benar tidak dapat diperbarui, namun semakin kesini manusia semakin membutuhkannya.

Apa saja? Cek dibawah ini ya sahabat kalem.

Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui
Mineral Logam

1. Bahan Bakar Fosil

Tahukah kamu bahwa bahan bakar fosil bersifat tidak bisa diperbarui, sedangkan bahan bakar seperti ini benar-benar menjadi kebutuhan pokok manusia, makanya kita sangat penting untuk menggunakan bahan bakar alternatif.

2. Minyak Bumi

Minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sedangkan minyak bumi sangat berpengaruh terhadap keseharian manusia, seperti digunakan sebagai bahan bakar.

3. Batu Bara

Mungkin selama ini kamu berfikir bahwa batu bara merupakan sumber daya yang masih bisa diperbarui, dan keadaannya terus berkembang. Tapi ternyata itu salah, faktanya batu bara termasuk sumber daya yang hanya mengendap satu kali dan tidak bisa diperbarui.

4. Nuklir

Atau disebut sebagai material radioaktif, nuklir juga termasuk sebagai sumber daya yang tidak bisa diperbarui loh, semakin banyak diambil maka keadaannya pun semakin sedikit.

5. Air Akuifer

Sebagaian orang memang awam dengan istilah yang satu ini, air akufier adalah lapisan yang menampung air didalam tanah, memiliki formasi batuan untuk melepaskan air dalam jumlah yang sangat banyak.

6. Mineral

Yang termasuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui juga adalah mineral, jangan kamu anggap bahwa mineral sifatnya dapat diperbarui, tapi faktanya tidak.

7. Emas

Kemudian emas yang merupakan jenis logam yang setiap hari diambil sebagai perhiasan dan simbol dari kekayaan ini ternyata sifatnya tidak dapat diperbarui, sementara itu setiap hari orang selalu mengambilnya.

Baca juga : Alasan Mengapa Banyak Produk yang Menggunakan Logam?

8. Besi

Besi sebagai bahan paling penting untuk kebutuhan kita, seperti penggunaan bangunan, teknologi, transportasi hingga alat kesehatan, siapa sangka ternyata besi termasuk sumber daya yang tidak bisa diperbarui loh sahabat kalem.

9. Aluminium

Hampir mirip besi memang, tapi kamu harus bisa membedakan aluminium dan besi, ternyata aluminium juga termasuk kedalam daftar tersebut.

10. Intan

Masih termasuk jenis mineral, berharga dan memiliki harga jual yang sangat tinggi, pantas saja diambil dari alam untuk kebutuhan mereka, namun ternyata intan adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

Sumber Daya Alam
Ilustrasi Alam, Foto : DISLHK NTB

Kesimpulan

Nah sahabat kalem, dari ke 10 daftar diatas sudah bisa kamu lihat, namun apakah kamu masih berfikir bahwa setiap hari akan menggunakan bahan-bahan tersebut? Mungkin jawabannya iya, tapi masalahnya itu tidak dapat diperbarui.

Dan itulah daftar sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui yang wajib kamu ketahui, ternyata setiap hari sering kamu gunakan ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.