13 Manfaat Dari Perilaku Amanah yang Bisa Kita Rasakan

0 335

Min, sebutkan manfaat dari perilaku amanah, apa saja? Mungkin kamu sudah mendapatkan manfaatnya jika selama ini kamu sudah menjadi orang yang amanah.

Dan benar, ada banyak sekali manfaat dari perilaku amanah yang akan admin sebutkan disini sebagai bahan referensi, mungkin ada dalam soal ujian, atau kamu hanya ingin mengetahuinya sendiri.

Sebelumnya admin sudah membahas pengertian amanah yang dapat kamu baca terlebih dahulu.

Namun secara singkat, amanah ini adalah sifat seseorang yang bertanggung jawab ketika dia diberikan tugas, umumnya titipan oleh orang lain, sehingga dia harus menjaganya.

Manfaat Dari Perilaku Amanah

Manfaat Dari Perilaku Amanah
ILUSTRASI

Kamu meminta admin, sebutkan manfaat dari perilaku amanah, dan admin sudah merangkumnya, setidaknya ada 10 manfaat yang dapat kita rasakan ketika bersikap amanah.

Ketika kita menjadi orang yang amanah, tentu saja orang lain akan sangat menyukai kita, mereka enggan menyakiti kita, dan akan memberikan kita kasih sayang karena sikap kita yang amanah itu.

Dari intro manfaat yang admin sebutkan sudah sangat jelas akan membuat hidup kita lebih bahagia. Berikut 13 manfaat dari perilaku amanah yang bisa kita rasakan dalam hidup.

  1. Orang yang amanah akan dipercaya oleh orang lain tanpa ada keraguan
  2. Sedikitpun kita tidak akan dicurigai oleh orang lain
  3. Banyak yang menyayangi kita, karena orang lain tahu kita amanah
  4. Tidak akan dikucilkan oleh orang-orang
  5. Selalu mendapatkan kebaikan
  6. Ketika kita susah, orang lain mudah membantu kita, karena tahu sifat kita yang amanah
  7. Orang-orang akan segan terhadap kita, mereka akan berfikir ketika hendak menyakiti
  8. Orang yang amanah akan terhindar dari dosa besar
  9. Menjadi pribadi yang sangat berwibawa dimata orang-orang
  10. Selalu didengar orang lain jika kita memberikan pendapat
  11. Allah selalu memberikan kebahagiaan bagi orang yang amanah
  12. Banyak teman, karena mereka akan menyukai kita dengan ketidak raguan
  13. Banyak rezeki bagi orang yang amanah, karena itu sudah diatur oleh Allah

Nah dari 13 perkara diatas akan dirasakan oleh orang-orang yang sifatnya amanah, terutama amanah adalah sifat Nabi pada masa itu, jadi kita tahu sendiri manafaatnya.

Kita juga mengimani Nabi ketika menjadi orang yang bertanggung jawab alias amanah, mendapatkan banyak bantuan ketika kesusahan, banyak teman, banyak sahabat dan banyak rezeki.

Baca Juga : 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Melestarikan Hewan Langka

Apakah Kamu Termasuk Orang yang Amanah?

Apakah Kamu Termasuk Orang yang Amanah?
ILUSTRASI

Kamu memiliki tanggung jawab yang sangat besar, dan kamu bisa menjaganya dengan sepenuh hati, sesuai keinginan orang lain, itu artinya kamu adalah orang yang amanah.

Kemudian sebaliknya, jika kamu tidak bisa menjaga tanggung jawab itu, maka kamu bukan orang yang amanah. Misalnya kamu disuruh beli pulsa 10 ribu buat bapak dan 5 ribu buat kamu, eh kamu malah sebaliknya.

Tentu saja itu bukan orang yang amanah, dan kamu tidak akan mendapatkan manfaat dari perilaku amanah yang di sebutkan diatas dan ada 13 daftarnya.

Jika Tidak Menjadi Orang yang Amanah

Jika Tidak Menjadi Orang yang Amanah
ILUSTRASI

Jika kita tidak menjadi orang yang amanah, yang dapat bertanggung jawab sesuai dengan seharusnya, kita tidak akan merasakan manfaat itu malahan kita akan dibenci, dijauhi dan kucilkan oleh lingkungan.

Adakah contohnya? Sudah ada banyak sekali, banyak orang yang dikucilkan, bahkan dari lingkungan admin pun ada karena setiap kali diberi amanah dia tidak bisa menjaganya.

Seharusnya hal-hal kecil saja sebaiknya kita jaga dengan penuh tanggung jawab, karena itu adalah perilaku amanah yang harus dilakukan oleh setiap manusia.

Kita harusnya mengikuti apa yang Nabi lakukan, menurut sejarah yang tercatat, Nabi adalah orang yang amanah, contoh kecilnya saja dia bisa menjalankan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Dengan itu, amanah adalah sifat Nabi yang wajib kita teladani, maka jadilah orang yang amanah agar dapat merasakan kenikmatan dunia dan akhirat.

Baca Juga : Ciri-ciri Orang Jujur, Mengapa Kita Harus Jujur?

Sulitkah Menjadi Orang yang Amanah?

Sulitkah Menjadi Orang yang Amanah?
ILUSTRASI

Memang, nampaknya sangat sulit, kalau tidak mungkin banyak orang yang tidak akan mengkhianati amanah yang di berikan kepadanya. Manfaat dari perilaku amanah itu sangat banyak, tapi sayangnya masih banyak orang yang tidak bisa menjaga amanah.

Orang-orang yang serakah biasanya yang tidak memiliki sifat amanah, mengapa? Karena dia ingin mendapatkan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang seharusnya dia dapatkan.

Masih mending kalau berbagi, itu malah dia mau lebih, jangan harap orang seperti ini akan disayangi orang-orang, malah orang lain akan membenci dia dan bahkan mengucilkannya.

Baca Juga : Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Kesimpulan

Rasa tanggung jawab itu memang agak berat, namun jika kita adalah orang yang baik, percayalah kita dapat melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan apa seharusnya terjadi.

Itu termasuk kedalam sifat amanah, karena dengan kata lain amanah adalah tanggung jawab, jika bisa menjalankannya, tentu saja kita akan menjadi orang yang buruk.

Maka admin sudah sebutkan manfaat dari perilaku amanah, dan ada 13 poin sesuai dengan apa yang tertulis, kamu dapat merasakan manfaat itu jika benar-benar amanah.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.