15 Dampak Positif dan Negatif Jika Pantai Dijadikan Sebagai Objek Wisata

Tuliskan Dampak Positif dan Negatif Jika Pantai Dijadikan Sebagai Objek Wisata

0 3.910

Mungkin ini ada dalam mata pelajaran dan soal ujian sekolah, dengan pertanyaan tuliskan dampak positif dan negatif jika pantai dijadikan sebagai objek wisata?

Namun percayalah dampak positif dan negatif jika pantai dijadikan sebagai objek wisata tidak hanya untuk menjawab soal ujian, namun juga salah satu hal yang harus kamu ketahui.

Kenapa? Tentunya ada sisi ngatif dan positif yang seharusnya diketahui dan untuk dipertimbangkan saat pantai itu menjadi sebuah objek wisata.

Sepanjang jalan Banten Selatan, kamu akan di istimewakan dengan pantai, sampai ke Sukabumi sana sepanjang jalannya adalah pantai.

Dan pantai tersebut dijadikan sebagai objek wisata saat ini, tentu setelah admin melihat dan menalisis, ada banyak sekali dampak yang tida lagi tersembunyi.

Dampak Positif dan Negatif Jika Pantai Dijadikan Sebagai Objek Wisata

15 Dampak Positif dan Negatif Jika Pantai Dijadikan Sebagai Objek Wisata
Pantai, Foto : Istimewa

Salah satu dampat positif dari dijadikannya pantai sebagai objek wisata adalah terbukanya sumber penghasilan dan lowongan kerja, namun tak lepas dari dampak negatifnya meningkatnya pencemaran terhadap lingkungan.

Dari hal itu saja sudah sangat jelas bahwa pantai yang dijadikan sebagai objek wisata tidak hanya untuk berekreasi dan untuk bermain saja, namun juga akan menyebabkan tercemarnya lingkungan.

Meski sebenarnya itu bisa diatur ketika kita menggunakan tempat wisata di pantai dengan sebijak mungkin, apalagi ada penjaga dan kebersihan untuk tetap melestarikannya.

Selain itu, kamu juga perlu mendapatkan beberapa diantaranya yang akan terjadi ketika pantai menjadi wisata.

Dampak Positif

Dampak positif dari pantai yang dijadikan sebagai wisata memang tak hanya yang sudah disebutkan saja, namun juga akan terjadi beberapa kebaikan berikut ini:

  1. Salah satu sumber penghasilan warga
  2. Terbuka tempat usaha kecil, seperti warung, kopi, makan dll
  3. Sumber penghasilan tambahan bagi devisa negara
  4. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat disekitar pantai
  5. Daerah tempat pantai berada akan semakin terkenal, contohnya Sawarna
  6. Tampat untuk beristirahat sejenak
  7. Liburan tahun baru, lebaran, dan hari raya tidak perlu mahal
  8. Pantai menjadi tempat wisata yang baik dan bermakna karena kita bisa melihat pemandangan laut
  9. Tempat untuk mencari dan berkumpul
  10. Bisa dijadikan sebagai tempat olahraga

Baca juga : 3 Interaksi yang Terjadi Dalam Lingkungan Alam?

Dampak Negatif

Kemudian selain dampak positif, dampak negatif dari pantai yang dijadikan objek wisata juga tidak hanya yang tertulis diatas, namun akan menjadikan beberapa masalah, diantaranya:

  1. Meningkatnya tindak kejahatan
  2. Mencemarnya lingkungan sekitar warga
  3. Memadati dan menyebabkan macet, apalagi setiap liburan
  4. Terjadinya peristiwa hanyut diluat, tidak hanya sekali atau dua kali saja
  5. Menyebabkan rusaknya hutan bakau

Bisa kita lihat diatas, meskipun dampak positif lebih banyak, akan tetapi ada beberapa dampak negatif yang akan merugikan diri sendiri dan banyak orang.

Setiap tahun, pada point ke-4 dampak negatif diatas pasti terjadi di Pantai Banten Selatan, karena admin sendiri sering mendengar berita bahwa di beberapa pantai disini ada yang hanyut.

Dan tentu saja ini merupakan keburukan yang lebih buruk diantara yang lainnya selain mencemarkan lingkungan dan meruasak hutan bakau.

Jadi, apakah kamu akan mempertimbangkan untuk menjikan pantai sebagai wisata? Seperti dampak positif dan negatif jika pantai dijadikan sebagai objek wisata diatas?.

Jika Ingin Menjadikan Objek Wisata

Jika Ingin Menjadikan Objek Wisata
Pantai, Foto : Istimewa

Mungkin kamu melihat ada banyak manfaat atau dampak baik dari hal itu, namun kamu harus menerapkan dan mengondisikan beberapa hal sebelum menjadikan pantai sebagai objek wisata.

Salah satunya adalah pengelola, tidak hanya dikelola oleh satu atau dua orang saja, namun harus dengan banyak orang guna untuk menerapkan beberapa hal.

Yaitu dengan memberikan informasi, kebersihan, dan hal-hal lainnya yang tidak membuat pantai menjadi rusak dan tercemar.

Lalu kamu juga harus memperhatikan hutan bakau yang ada, karena dampak positif dan negatif jika pantai dijadikan sebagai objek wisata diatas sudah sangat jelas akan merusak hutan bakau.

Bahkan admin sendiri sering melihat ketika ada beberapa orang membuka tempat wisata di pantai, mereka merusak dan menghilangkan hutan tersebut.

Apa yang terjadi? Tentu menyebabkan kurangnya hewan-hewan laut berkembang biak karena hutan tersebut menjadi salah satu tempat dimana hewan laut berkembang biak.

Baca juga : 9 Manfaat dan Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

Kesimpulan

Jadi kamu masih ingin menjadikan pantai sebagai tempat wisata? Kalau iya, jangan lupa memperhatikan hal-hal yang perlu kamu lakukan sebelum melakukannya.

Kamu bisa mencarinya di internet agar tidak ada dampak negatif yang sudah tertulis diatas, kalau tidak mau ada kejahatan, perlu ada keamanan, kalau tidak mau tercemar, perlu informasi dan orang yang menunggu.

Dan admin sudah menjawab yang kamu inginkan terkait dengan tuliskan dampak positif dan negatif jika pantai dijadikan sebagai objek wisata yang sekarang bisa kamu pertimbangkan dan untuk menjawab pertanyaan soal ujian.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.