15 Sumber Sumber Informasi Lisan Meliputi? Dan Pengertiannya

Sumber Informasi Lisan Meliputi Apa Saja?

0

Sikalem – Kamu selalu salah dalam memahami suatu pengertian, dan kamu sumber sumber informasi lisan meliputi apa saja? Ternyata berikut ini contohnya.

Namun sebelumnya, kita akan jelaskan dulu pengertian dari informasi lisan itu seperti apa? Karena pada dasarnya, pembahasan tanpa pengertian itu dirasa kurang pas banget merasuk kedalam hati.

Pengertian Informasi Lisan

Podcast
Podcast, Foto : Istimewa

Seperti namanya Lisan, yaitu sebuah informasi yang secara langsung dijelaskan oleh seseorang melalui berbagai media, secara langsung disini yaitu berbicara dengan menggunakan nada yang sesuai.

Beda lagi dengan tulisan, dimana informasi tulisan sudah jelas medianya ditulis, bukan di dengarkan, dilihat, dan berbicara.

Seperti kita ketahui, saat ini ada dua jenis informasi, yaitu lisan dan tulisan, namun mungkin sekarang bertambah menjadi tiga jenis khusus untuk mereka yang mengalami masalah difable, namun admin tidak tahu juga apa nama dari informasi tersebut, apakah termasuk lisan?

Karena kalau memang termasuk lisan, seharusnya bisa mendengar dan berbicara, namun ini menggunakan bahasa isyarat, tentu saja beda lagi mungkin jenisnya.

Lantas, sumber sumber informasi lisan meliputi apa saja? Nah, kamu dapat langsung menyimak dibawah ini.

Baca juga : 15 Kegunaan Berita Bagi Pelajar, Semakin Pintar

Sumber Sumber Informasi Lisan Meliputi :

  1. Televisi (TV)
  2. Radio
  3. Ceramah
  4. Pidato
  5. Seminar (online/offline)
  6. Diskusi
  7. Acara debat
  8. Ngobrol/wawancara
  9. Siaran langsung di media online
  10. Siaran YouTube
  11. Podcast
  12. Lokakarya
  13. Guru yang menjelaskan pelajaran
  14. Telepon
  15. Vide Call
Audio
Ilustrasi Audio, Foto : Istimewa

Dan masih banyak lagi, ya benar sekali, selain ke 15 yang dijelaskan diatas bisa dipastikan bahwa sumber sumber informasi lisan meliputi apa yang belum juga tertulis.

Namun, mungkin itu sudah dapat membantu kamu untuk lebih menambah wawasan, apa yang kamu dengar dan kamu lihat secara nyata, suara, video, itu adalah informasi lisan.

Namun, jika apa yang kamu baca, seperti koran, artikel, cerpen, dan yang lainnya itu adalah sumber informasi tulisan, tolong dibedakan ya sahabat kalem.

Baca juga : Denotatif Adalah : Pengertian, Contoh dan Sinonim

Perbedaan Lisan dan Tulisan

Perbedaan dari kedua jenis informasi tersebut sangat menonjol, jika lisan adalah bahasa yang disampaikan langsung “dikatakan” kepada seseorang, sedangkan tulisan bahasa yang ditulis oleh dan kepada seseorang.

Seharusnya kamu tidak bingung membedakan keduanya, karena sudah sangat jelas ini berbeda banget, sekali lagi jika tulisan adalah secara tertulis, jika lisan adalah bicara.

Sudah bisa kamu pahami? Dan kamu sudah mendapatkan apa yang kamu harapkan yaitu sumber-sumbernya?

Oke mugnkin tidak ada lagi yang dapat disampaikan karena kamu sudah tahu sekarang sumber sumber informasi lisan meliputi apa saja.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.