16 Manfaat Sirih Cina Untuk Penyakit Kulit dan Dalam

Kamu Mau Tahu Apa Saja Manfaat Daun Sirih Cina? Berikut Ini Manfaat yang Akan Dirasakan Oleh Manusia

0 23

Tahukah kamu manfaat sirih Cina? Tanaman yang terbiasa kita temukan dan tumbuh pada saat musim penghujan ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kebutuhan obat-obatan manusia.

Ya memang, dari dulu dan masih sudah kita anggap bahwa Cina rajanya obat-obatan, makanya manfaat sirih Cina pun tak jarang kita ketahui, banyak yang menganggap tanaman ini mampu mengatasi berbagai penyakit, terutama penyakit kulit.

Dikenal juga dengan GULMA, ternyata daun sirih Cina ini megandung banyak sekali manfaat dan khasiat untuk permasalahan yang dihadapi oleh beberapa orang.

Nah, sahabat kalem kebetulan nih admin sudah menemukan beberapa manfaatnya yang dapat kamu siamk dibawah ini.

Manfaat Sirih Cina (Ketumpang Air)

Manfaat Sirih Cina (Ketumpang Air)
Sirih Cina : Foto : Istimewa

Sahabat kalem, untuk manfaatnya sendiri memang sangatlah banyak, karena daun sirih Cina ini terkenal sebagai obat rempah yang dapat mengatasi beberapa permasalahan yang dihadapi oleh orang-orang.

Berikut 16 manfaat sirih Cina untuk berbagai penyakit.

  1. Daun sirih Cina dapat mengatasi jerawat
  2. Sebagai obat bisulan
  3. Mengobati radang kulit
  4. Mengobati Abses
  5. Mengatasi luka bakar
  6. Mengatasi luka memar
  7. Mengatasi luka pukul
  8. Mengatasi bengkak
  9. Mengatasi rasa pegal
  10. Untuk obat gangguan kemih
  11. Mengatasi rheumatik
  12. Untuk obat sakit ginjal
  13. Meredakan sakit kepala untuk yang demam
  14. Mengatasi sakit perut
  15. Mengatasi asam urat
  16. Mengatasi nyeri spasmodik pada perut

Nah sahabat kalem,d ari ke-16 manfaat tersebut sangat manjur untuk dijadikan obat-obatan, terutama masalah penyakit kulit, makanya banyak produk yang sudah admin telusuri itu mengandung daun sirih Cina.

Baca juga : 4 Manfaat Ambeven dan Cara Penggunaannya

Aturan Penggunaan Daun Sirih Cina

Ada dua cara yang dapat kamu lakukan untuk menggunakan daun sirih ini sebagai obat dan jamu. Karena manfaat sirih Cina tak luput dari cara penggunaan atau pemakaian obat ini.

Daun Sirih Cina
Daun Sirih Cina, Foto : istimewa

Jamu

Untuk dijadikan jamu, alangkah baiknya kamu mengkonsumsi daun sirih Cina ini setiap pagi dan sore hari secara teratur, sehingga ini akan membuat kamu terhindar dari berbagai masalah yang terjadi.

  • Ambil daun sirih Cina secukupnya
  • Cuci sampai bersih
  • Rebus pada air panas dengan 2,5 gelas air, tunggu sampai air menjadi 2 gelas
  • Saring, kemudian diminum pagi san sore hari secara teratur

Tumis

Selain untuk jamu, ternyata daun sirih Cina juga dapat dijadikan sebagai makanan sehat loh sahabat kalem, mungkin kamu kurang pas dengan jamu diatas, kamu juga bisa membuat tumis daun sirih Cina.

Bahan-bahannya adalah:

  • Daun sirih secukupnya
  • Udang segar
  • Bawang merah dan bawang putih
  • Tomat
  • Lengkuas
  • Cabe rawit
  • Cabe rawit
  • Cabe hijau

Nah, setelah bahan-bahan diatas disiapkan, sekarang kamu tinggal memasknya. Namun tetap saja manfaat sirih Cina diatas akan kamu dapatkan, anggap saja ini sebagai obat yang enak, karena mustahil ada obat enak, wkwk.

Baca juga : 14 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan dan Rambut

Cara Memakai Daun Sirih Cina Untuk Jerawat

Cara Memakai Daun Sirih Cina Untuk Jerawat
Daun Sirih Cina, Foto : Istimewa

Kita kembali pada manfaat yang sudah admin tulis ternyata dapat dijadikan sebagai obat jerawat, namun mungkin kamu bingung bagaimana cara penggunaannya?

Siapkan daun sirih Cina secukupnya, cuci lalu tumbuh sampai halus. Aplikasikan pada wajah dengan cara menjadikan masker, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Baca juga : Harga dan 7 Manfaat Sabun Kojie San Untuk Kulit

Gunakan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka kamu akan mengatasi jerawat dengan mudah dan alami tanpa harus menggunakan bahan-bahan yang mengandung kimia.

Bagaimana sahabat kalem, ada yang mudah dan alami, apakah kamu masih ingin menggunakan yang mahal serta mengandung bahan kimia?

Tentu saja ini menjadi pertimbangan untuk kamu ya, hidup sehat itu mudah, dan hidup sehat itu penting, apalagi penyakit bisa datang kapan saja dan dimana saja.

Apakah Daun Sirih Cina Bisa Dimakan?

Jelas bisa, kamu boleh memakannya dengan cara ditumis atau dijadikan sebagai jamu agar mendapatkan manfaat yang banyak itu.

Kalau enggak bisa dimakan, bagaimana kamu menggunakan daun sirih sebagai obat? Silakan simak kembali pada penjelasan penggunaan diatas yang mengahruskan kamu memakan daun sirih.

Tapi kalau kamu enggak suka, atau sedang ada masalah sebaiknya tanyakan dulu kepada dokter apakah boleh kamu memakan daun sirih Cina?

Baca juga : 5 Manfaat Daun Pegagan Bagi Kesehatan

Kesimpulan

Sahabat kalem, mungkin sekarang waktunya kamu menggunakan daun sirih Cina itu untuk obat-obatan ya, terutama masalah penyakit kulit yang memang banyak dialami oleh orang-orang, apalagi remaja yang sering mendapati masalah jerawat, coba saja masker daun sirih Cina itu.

Dan mungkin yang dapat admin sampaikan tentang manfaat sirh Cina sudah selesai, semoga saja penjelasan ini bermanfaat untuk kamu, dan kamu bisa menggunakannya sebagai obat-obatan alami.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.