Cara 2 Aplikasi BBM Dalam 1 Android yang Terbukti Berhasil

16 Likes comments off
2 aplikasi bbm dalam 1 android

Apakah masih ingat dengan istilah BBM? BBM ini dulu hanya dapat digunakan pada perangkat Blackberry. Namun sekarang ini BlackBerry Messenger tidak harus menggunakan perangkat tersebut namun dapat juga menggunakannya di smartphone dengan OS Android. Bahkan ada yang menerapkan 2 aplikasi BBM dalam 1 Android. 

Ya, sekarang ini sudah ada aplikasi BBM untuk Android. Tentunya penerapan double akun BBM ini bisa membuat pengguna akan lebih mudah dalam mengaksesnya. Software BBM di Android sendiri sudah ada sejak tahun 2013 dan memiliki fitur yang lebih canggih dari BBM yang digunakan di HP BlackBerry. 

Keunggulan dari BBM for Android ini adalah fitur sinkronisasi antara PIN BBM dengan email akun BlackBerry ID. Jadi user tetap bisa memiliki nomor kontak meski kehilangan hp atau tidak sengaja merestart perangkat.

Begini Cara Instal 2 Aplikasi BBM Dalam 1 Android

2 aplikasi bbm dalam 1 android
sumber gambar: tekno.kompas.com

Bagi pengguna Android yang ingin nostalgia menggunakan BBM atau BlackBerry Messenger sekarang bisa langsung memiliki 2 BBM sekaligus pada satu perangkat Android. Hal ini dilatarbelakangi oleh programmer dari Indonesia yang menemukan cara untuk memasang dua aplikasi BBM di satu HP android. 

Hal ini tentu akan sangat berguna jika user ingin memisahkan akun BBM untuk bisnis dan untuk komunikasi dengan teman atau keluarga. Caranya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Jika memang tertarik, maka coba lakukan langkah-langkahnya berikut ini. 

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Play Store dan jalankan
  • Masukkan atau ketik pada kolom pencari BBM dan tunggu hasilnya keluar
  • Klik Unduh atau Pasang pada aplikasi BBM yang sudah muncul di layar smartphone
  • Tunggu proses pemasangannya selesai
  • Agar bisa menjalankan aplikasi tersebut maka perangkat perlu diatur terlebih dahulu. Silahkan masuk pada menu Setting lalu cari opsi Device Administration lalu beri tanda centang artinya perangkat bisa menerima aplikasi unknown sources
  • Jika aplikasi BBM sudah terpasang pada HP Android, Aplikasi BBM bisa dibuka dan silahkan membuat akun
  • Cara membuat akunnya silahkan klik Create Account atau Sign UP
  • Nanti user akan diminta mengisi email yang aktif dan membuat password untuk aplikasi BBM tersebut.
  • Lakukan lagi mulai dari pengunduhan aplikasi BBM lagi atau buka aplikasi COPY yang ada pada menu Setting 
  • Jadi silahkan masuk pada menu setting lalu cari opsi Aplikasi
  • Cari aplikasi BBM dan ketik pada titik tiga di pojok kanan dan pilih opsi Copy
  • Untuk bisa melakukan copy aplikasi ini, user harus selesai memasang aplikasi BBM dan membuat satu akun dulu.
  • Jika aplikasi sudah tercopy nanti ada tambahan gambar pada ikon BBM Copy nya, jadi lebih mudah dibedakan
  • Buat ID dan pin baru untuk aplikasi BBM yang kedua juga. Lalu masuk pada akun tersebut dengan mengetik Log In.
  • Selamat kini user telah berhasil menggunakan 2 aplikasi BBM dalam satu perangkat Android

Setiap aplikasi yang ada pada perangkat Android dapat dicopy jika memang diizinkan oleh pihak developernya. Jadi tidak hanya pada aplikasi BBM saja fitur copy aplikasi ini dapat diterapkan. Namun perlu diketahui di sini, aplikasi dobel tentu akan membutuhkan ruang penyimpanan lebih juga. 

Jadi sebelum memutuskan untuk menggunakan dua aplikasi BlackBerry Messenger sekaligus dalam satu perangkat, perhatikan dulu sisa ruang penyimpanan yang tersedia. Tak hanya itu, ketika menjalankan dua aplikasi ini nanti juga akan mempengaruhi daya tahan baterai. Jika baterai masih dalam kondisi yang baik maka tidak jadi masalah menjalankan dua aplikasi BBM.

Baca Juga: Kenali Aplikasi Penjamin Mutu Pendidikan dan Fiturnya

Keunggulan Menggunakan Aplikasi BBM di Android

Bagi yang sudah pernah menggunakan aplikasi BBM tentu sudah tahu cara kerjanya. Penggunaan aplikasi BBM pada Android sendiri sebetulnya dulu sudah pernah ada. Namun sempat dihapus dan dihentikan oleh pihak pengembang. Baru-baru ini BBM untuk pengguna Android pun bisa dipakai lagi bahkan dengan kecanggihan yang baru. 

1. Bisa Dipakai untuk Semua Merk Android

Aplikasi BlackBerry Messenger for Android yang terbaru dapat digunakan untuk semua smartphone dengan berbagai merek. Ini tentu tidak sama dengan BBM yang lama dimana hanya bisa dipakai pada HP dengan merk BlackBerry saja. Sekarang baik itu smartphone dengan merk LG, Samsung, dan lain sebagainya, asal sistem operasinya Android maka aplikasi BBM bisa dipasang.

2. Pengiriman Pesan Lebih Cepat

Aplikasi BBM yang sekarang ini juga lebih canggih dalam mengirim pesan. Jadi pesannya akan lebih cepat sampai dan tidak membutuhkan pulsa SMS tentunya. Chatting jadi lebih menyenangkan. Komunikasi jadi bisa lebih berkualitas.

3. Kuota Lebih Hemat

Untuk menggunakan dan menjalankan aplikasi BBM ini, tidak membutuhkan paket data yang banyak. Jadi dalam bertukar pesan bisa dilakukan dengan cepat dan juga hemat kuota. Cocok sekali dipakai untuk mengirim pesan bisnis.

Baca Juga: Aplikasi Keren Setelah Root Android Terbaik dan Tercanggih

4. Bisa Mengirim Chat Multimedia

Pengguna aplikasi BBM juga dapat mengirim pesan dalam bentuk video atau audio. Tentu dengan paket kuota yang lebih hemat. File audio atau video yang dikirim dengan BBM juga pasti sampai dengan lebih cepat. 

5. Ada Notifikasi Pesan Sudah Dibaca Atau Belum

Pesan yang dikirim melalui aplikasi BBM ini dapat dilihat apakah sudah diterima oleh penerima atau belum. Jika pesan sudah diterima maka ada huruf D yang muncul dekat pesan tersebut. Jika sudah dibaca akan berubah menjadi R. Namun untuk pesan yang masih tertunda aka nada tanda centang di dekat pesan itu sendiri.

6. Registrasinya Mudah

Untuk bisa menggunakan aplikasi BBM ini baik untuk kepentingan bisnis atau diluar itu, user harus melakukan registrasi dulu. Proses registrasinya sangat mudah dan cepat. Hanya membutuhkan email yang aktif tanpa harus mencantumkan atau menginput nomor HP yang aktif. 

Baca Juga: Cara Download Aplikasi Piano untuk Android yang Mudah 

7. Ada Fitur Broadcast

Aplikasi BlackBerry Messenger ini juga ada fitur menarik yaitu Broadcast. Salah satu fitur unggulan dari BBM yang cocok digunakan para pelaku bisnis. Pesan yang dikirim dengan mode Broadcast ini akan sampai secara otomatis ke semua kontak yang ada pada aplikasi ini. Promosi jadi lebih cepat dan tidak memakan banyak tenaga untuk melakukan copy paste isi pesan. 

Nah, itu dia sedikit ulasan cara install 2 aplikasi BBM dalam 1 Android yang pasti berhasil dan wajib dicoba. BBM ini ukurannya ringan dan tampilannya sangat sederhana, fiturnya menunjang untuk menjalankan bisnis online. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat. 

Cek Berita dan Artikel Sikalem.com lainnya di Google News