2 Arti Kata Ampas Dalam Kamus Bahasa Indonesia

0 428

Tok tok tok, boleh tanya gak? Arti kata ampas dalam kamus bahasa Indonesia apaan ya? Emang kamu enggak tahu apa artinya?.

Okay, kalau kamu engga tau apa arti kata ampas, admin akan memberikan penjelasannya beserta dengan contoh yang sudah admin rangkum.

Sebenarnya ada satu makna dari istilah ini, namun bisa dijadikan dua karena dapat digunakan sebagai kata pengganti sebagai peribahasa.

Arti Kata Ampas Dalam KBBI

Ampas artinya sisa-sisa barang yang sudah diambil patinya atau sarinya, seperti kelapa. Namun ampas juga bisa berarti tidak di pedulian lagi atau karena tidak berguna, maka akan dibuang.

Dalam arti yang admin jelaskan, sudah transparan bahwa istilah Ampas bisa bersifat benda dan kata peribahasa.

Mungkin kamu juga sering mendengar peribahasa begini “habis manis, sepah dibuang” nah ini sama saja dengan ampas yang bermakna tidak dipedulikan lagi.

Baca Juga : Arti Kata Selulosa Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Penggunaan Kata Ampas

Arti ampas yang sudah admin catat dalam kamus bahasa Indonesia itu ada dua, yang pertama adalah kata benda dan yang kedua adalah kata sifat (Peribahasa).

Maka tentu penggunaan kata dari istilah ini pun sangat berbeda, karena meski istilah ini hanya satu kata, tapi bisa menjadi dua kata.

Penggunaan untuk kata benda:

  • Tolong buang ampas kelapa itu
  • Jangan dibuang, ampas kelapa ini juga bisa dimanfaatkan
  • Itu ampas jangan di buang sembarangan, buang ke tempat sampah

Contoh penggunaan kata peribahasa:

  • Kamu hanya ampas, aku tidak mau lagi dekat denganmu
  • Mantan itu ampas, sudah gak berguna, buat apa di ingat-ingat?

Alright, mungkin admin hanya dapat memberikan itu saja contoh penggunaan kata dari istilah ini, sedangkan masih bisa kamu cerna agar mudah dipahami.

Baca Juga : Arti Kata Selulosa Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Benda-benda yang Memiliki Ampas

Ada banyak memang benda-benda yang memiliki ampas, yaitu sisa-sisa yang sudah tidak digunakan lagi, sehingga ada kaitannya dengan mantan, wkwk.

Contoh benda yang memiliki ampas adalah kelapa, sagu, sawit, ubi singkong. Semua benda itu biasanya hanya dimanfaatkan sarinya saja.

Seperti kelapa untuk dijadikan minyak, sagu untuk tepung, singkong juga untuk tepung, dan masih banyak lagi deh pokoknya.

Admin juga sering melihat pemanfaatan kelapa ini, bisa dijadikan minyak atau santan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga : Pengertian Molekul Adalah : Arti Kata, Contoh dan Jenisnya

Kesimpulan

So admin rasa sudah cukup untuk menyimpulkan bahwa ampas ini memiliki dua kata yang bermakna beda, sedangkan makna utamanya adalah barang dari benda yang dibuang.

Demikian penjelasan mengenai arit kata ampas dalam kamus bahasa Indonesia, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa follow sosial media kami agar dapat menemukan informasi terbaru.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.