2 Arti Kata Punten Dalam Bahasa Sunda

0 99

Halo sahabat kalem, kali ini admin akan menjelaskan arti kata punten menurut translate bahasa Sunda kedalam bahasa Indonesia yang dijelaskan lebih singkat dan lebih detail.

Hanya ada satu arti kata punten yang tertulis dalam kamus bahasa Sunda, sedangkan istilah ini menjadi bahasa sehari-hari masyarakat suku Sunda, baik itu Banten maupun Jawa Barat.

Punten yang kita kenal ini memiliki makna dan arti yang baik, silakan kamu simak berikut ini penjelasannya.

Arti Kata Punten

Punten merupakan istilah dalam bahasa Sunda yang artinya Permisi, saat mendengar ungkapan ini, maka kamu harus menjawab Mangga yang artinya silakan.

Dalam bahasa Sunda memang terkadang sebuah kosakata atau kalimat yang terucap ada banyak makna, seperti istilah punten ini yang mana artinya juga dapat bermakna maaf.

Tapi meski kamu catat bahwa untuk makna maaf ini hanya digunakan pada kondisi tertentu saja, misalnya pada saat kamu melewati orang didepannya.

Baca Juga : 2 Arti Kata Hareudang Dalam Bahasa Sunda

Mungkin jawaban yang tertulis sudah kamu pahami, seperti pada saat kamu harus menjawab Mangga, istilah ini pun ada dalam bahasa Jawa yaitu Monggo artinya pun sama saja.

Namun istilah ini juga dapat ditambahkan kata turunan yaitu Hapunten yang artinya mohon dimaafkan.

Mangga dan Monggo (Sunda dan Jawa)

Kenapa bahasa Sunda selalu ada kesamaan dengan bahasa Jawa? Kalau di daerah saya “Banten” orang-orang sering menjelaskan bahwa kita merupakan cucu dari orang Jawa.

Apalagi, kesultanan Banten kala itu merupakan kerajaan yang didirikan oleh Syekh Syarif Hidayatullah (Sunan Gunung Jati) yang sebelumnya sudah admin sebutkan dalam nama-nama wali songo.

Penggunaan Arti Kata Punten

Arti kata punten yang tertulis diatas tidak lengkap kalau admin tidak memberikan contoh penggunaan kata-Nya, sama seperti pada penjelasn-penjelasan yang terdahulu.

Maka, agar pembahasan ini lebih lengkap dan membuat kamu lebih banyak ilmu, admin akan memberikan sedikit penggunaan kata Punten berikut ini.

Baca Juga : Ucapan Selamat Datang Dalam Bahasa Sunda

  • Punten mang, bade naros jalan ka Rangkas lewat mana? (Permisi mas, mau tanya, jalan ke Rangkas lewat mana?);
  • Punten, abdi bade lewat punten (Permisi, saya mau lewat permisi);
  • Sing kuring palay dihapunten (Mohon dimaafkan);

Sahabat kalem mungkin yang bisa admin beri contohnya cuma itu saja ya, karena contoh yang tertulis juga sudah dapat melengkapinya agar kamu semakin mudah dalam mengartikan istilah ini.

Kesimpulan

Maka admin simpulkan bahwa Punten ini memiliki kata turunan yaitu Hapunten, jika punten berarti permisi, maka hapunten berarti maaf. Namun sedikit lagi untuk pembahasan bahwa keduanya juga dapat diartikan sebagai Maaf.

Tapi kalau mau menggunakan kata maaf dalam bahasa sehari-hari, gunakan istilah Hampura, karena hapunten dan punten hanya digunakan dalam kondisi-kondisi tertentu saja.

Baca Juga : Arti Pantek Menurut Kamus Bahasa Indonesia dan Sunda

Demikian yang dapat admin sampaikan seputar arti kata punten dalam kamus bahasa Sunda, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi kamu ya, jangan lelah mencari ilmu meski melalui media online.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.