2 Arti Kata Sans Dalam Bahasa Gaul dan KBBI

0 3

Arti kata sans juga memiliki makna, seperti istilah-istilah gaul lainnya yang diambil dari beberapa kata kemudian disingkat dalam satu istilah sehinga menjadi bahasa gaul atau prokem.

Akan tetapi, arti kata sans ini tak hanya ada pada bahasa gaul, namun juga memiliki makna lainnya yang tentu akan admin jelaskan secara lengkap dan detail disini.

Sebelumnya admin ingin menyampaikan bahwa istilah gaul yang semakin kesini semakin banyak, maka dari itu semua yang terjadi bukanlah tanpa alasan.

Anak-anak di era milenial ini sangat pandai menghasilkan karya-karya bahasa yang sebelumnya tidak ada, meskipun istilah gaul sudah ada sejak era 90-an, tapi tak sebanyak anak jaman milenial.

Arti Kata Sans Dalam Bahasa Gaul

Arti Kata Sans Dalam Bahasa Gaul
ILUSTRASI

Sans adalah istilah gaul yang dipopulerkan oleh Youtuber Qorygore merupakan pelesetan dari kata Santai, artinya kondisi seseorang yang sedang tenang, bebas, dan senggang, jadi Sans artinya adalah Santai.

Santai juga bisa berarti tidak terburu-buru saat akan melakukan sesuatu, misalnya kamu akan mengerjakan PR, maka jangan buru-buru, santai aja, mungkin kamu juga sudah tahu ini.

Lalu, bisa juga bermakna tenang, kemudian istilah tenang ini memiliki beberapa makna, ada tenang karena memang sedang tidak ada kesibukan, tenang pun sama ada yang berarti tidak terburu-buru dan emosional yang tidak membeludak.

Namun secara umum, penggunaan untuk kata santai seputar emosi ini menggunakan kata Santuy, artinya pun sama-sama santai, hanya perbedaan istilah prokem nya saja.

Baca Juga : Arti Kata Bengek yang Sebenarnya, Bukan Bahasa Gaul

Asal Mula Istilah Sans

Asal Mula Istilah Sans
ILUSTRASI

Sans yang diambil dari kosakata santai ini awalnya diucapkan oleh seorang YouTuber Qorygore dalam sebuah video YouTube miliknya, kalau kamu tidak tahu siapa dia, dapat mencari channel YT-nya ya.

Admin juga tidak tahu lebih detail tentang YouTuber tersebut, akan tetapi berdasarkan informasi beredar bahwa istilah Sans ini dialah yang mempopulerkannya.

Kamu mungkin tahu siapa dia, meskipun admin tidak tahu, bahkan baru sekarang admin tahunya, apalagi admin jarang sekali main di dunia YoouTube, liat video aja jarang loh sahabat kalem, paling yang penting-penting saja.

Baca Juga : Arti Kata Gabut Dalam Bahasa Gaul dan Contohnya

Contoh Pengunaan Kata Sans

Mungkinkah kamu harus admin berikan contohnya? Sepertinya tidak perlu, karena mungkin kamu sering mendengarnya sendiri, anggap saja itu sebagai contoh.

Tapi sepertinya kurang lengkap juga sih tanpa memberikan contoh pengunaan katanya, maka berikut adalah contohnya.

  • Kalau elu tiba-tiba dimarahin sama mamih lu gimana?
  • Sans aja lah, itu udah biasa
  • Berarti elu sering dimarahin dong?
  • Ya begitu lah

Yoman sahabat kalem admin memang dulu waktu kecil sering dimarahin emak, tapi sekarang udah enggak, mungkin karena admin sudah besar kali ya, wkwk.

Macam-macam Arti Kata Sans

Mungkin kamu sering sekali mendengar istilah sans ini dengan berbagai macam ucapan yang ditambahkan dengan awal atau akhir kalimatnya.

Dan perlu kamu tahu, meski ada penambahan kata, misalnya sans dong, maka tetap saja arti kata sans dong adalah dia sedang santai atau bisa juga menyuruh santai tergantung kondisi yang terjadi.

Misalnya kamu sedang emosi mau banting lipstik pacar kamu yang baru dibeli karena dia ketahuan selingkuh, lalu teman kamu berkata :Bro bro bro, sans dong sans”, maka dia menyuruh kamu agar tenang jangan ngebantingin lipstik itu.

Sebat sans? Itu berarti ajakan untuk bersantai menikmati vape atau rok*k, itulah informasi yang telah admin temukan dan admin terima.

Perbedaan Sans dan Santuy

Perbedaan Sans dan Santuy
ILUSTRASI

Secara istilah, arti kata sans dan santuy memiliki definisi dan makna yang sama, yaitu pelesetan dari kata santai, namun yang menjadi pembeda dari kondisinya saja.

Kalau sans ini kondisi seseorang yang sedang bersantai, sedangkan santuy kondisi seseorang yang secara emosional. Maka keduanya sama-sama berarti sama, tapi karena santai memiliki beberapa makna, jadi itulah yang menjadi pembeda.

Misalnya santuy ini digunakan ketika seseorang sedang melakukan kesalahan, maka orang yang dilakukannya itu (bukan yang melakukan) akan berkata “santuy aja bro”.

Nah jadi, berdasarkan perbedaan tersebut hanya ada pada bagaimana kondisi yang sedang terjadi saja, namun artinya tetap sama adalah pelesan semata.

Baca Juga : Arti 4646 Dikalangan Warganet Jaman Now

Kesimpulan

Dari dulu admin sering bilang kalau semakin kesini istilah dan bahasa gaul semakin banyak dan terus ada setiap tahunnya, maka admin pun terus mencari tahu apa sebenarnya maknanya.

Banyak sekali istilah gaul yang memiliki arti negatif, positif hingga menengah, seperti istilah sans ini sebenarnya sudah ada sejak lama, tapi admin baru menjelaskannya sekarang.

Siap lah kalau begitu mah, demikian arti kata sans dalam bahasa Gaul yang dapat admin sampaikan, semoga dapat kamu nikmati hingga kamu akan lebih sans lagi alias santai.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.