2 Arti Kata Serat Beserta Fungsi dan Contohnya

0 0

Sebetulnya, arti kata serat dalam kamus bahasa Indonesia memiliki dua makna namun dilengkapi dengan kata turunan yang ditambahkan dengan kata tambahan seperti ber.

Nah, agar kamu paham maksudnya seprti apa, admin akan menjelaskan secara lebih detail apa arti kata serat yang sedang kamu pikirkan iin.

Serat tentunya ada kaitannya dengan selulosa, yang merupakan diambil dari serat-serat kayu atau yang lainnya, seperti apa maksudnya? Berikut selengkapnya.

Arti Kata Serat Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Arti Kata Serat Dalam Kamus Bahasa Indonesia
Gambar Serat Kayu

Serat merupakan jaringan benang atau pita panjang yang berasal dari hewan (ulat) dan tumbuhan (batang pisang, kulit kayu, dan lainnya) yang digunakan untuk membuat kertas, sikat dan tekstil.

Jadi, seperti kita tahu bahwa serat ini adalah jaringan-jaringan yang berbentuk pita panjang atau benang, kamu dapat melihat contohnya ketika membacok batang pisang.

Nah nanti akan ada serat yang seperti benang atau pita yang dihasilkan dari dalam batang pisang tersebut, atau mungkin terdapat dari getah-getah batang pisang itu.

Serat memiliki kata turunan yaitu berserat yang artinya mengandung serat. Jadi arti kata serat ada penambahan kata bantu yaitu ber, sehingga admin menjelaskan lebih detail lagi agar kamu paham.

Sampai pada penjelasan ini, apakah kamu sudah paham? Kalau iya maka admin berterimakasih, kalau belum, silakan baca hingga ke akar agar kamu semakin memahaminya lebih detail.

Baca Juga : Pengertian Molekul Adalah : Arti Kata, Contoh dan Jenisnya

Arti Kata Serat Pada Makanan

Arti Kata Serat Pada Makanan
Makanan Berserat

Berbeda dengan serat yang terdapat dari kayu, serat makanan atau serat pangan yang juga disebut sebagai serat diet adalah bagian-bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi dan tersusun dari karbohidrat.

Serat pangan memiliki sifat resistan terhadap pencernaan juga penyerapan pada usus halus manusia dan mengalami fermentasi sebagaian maupun secara keseluruhan pada usus besar.

Jadi sudah sangat jelas bahwa serat yang ada pada kayu dan serat pangan itu sangat berbeda, kemudian fungsinya pun jelas berbeda.

Contoh Serat

Kamu mungkin belum lengkap jika hanya membahas arit kata serat dalam kamus bahasa Indonesia yang tertulis diatas, dan admin akan memberikan bocoran seperti apa yang dimaksud serat?.

Kamu baca lagi yang diatas, bahwa admin memberikan sedikit contoh batang pisang ketika kamu bacok atau potong, dan nanti akan ada serat-serat seperti berbentuk lumut mungkin? Oh rupanya tidak, seperti benang atau pita.

Atau mungkin saja seperti apa ya? Oh iya seperti jaring laba-laba, karena dalam bahasa Sunda serat juga kadang disebut ramat dari batang pisang tersebut.

Fungsi Serat

Mungkin dalam pembahasan selulosa yang pernah admin jelaskan dulu sudah ada penjelasan mengenai fungsinya, dan sama saja apa fungsi serat seperti pada fungsi selulosa.

Tapi, mengingat jenis serat ini ada banyak sekali, maka admin hanya akan membagikan fungsi serat dari kayu, karena ini adalah umum dari istilah serat yang digunakan.

Sebelumnya mungkin kamu juga belum tahu apa itu Pulp? Nah, arti kata pulp juga benar-benar ada kaitannya dengan istilah ini.

Serat berfungsi untuk membuat sebuah kertas, jika serat tersebut diambil dari kayu, namun kayu yang digunakan adalah kayu-kayu tertentu seperti Acacia.

Sedangkan fungsi serat pangan adalah untuk membuat tubuh agar semakin sehat walafiat dengan membantu menurunkan berat badan, mengontrol kolesterol, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Untuk jenis lainnya admin belum mengetahui secara lanjut, hanya saja dapat menjelaskan apa yang sudah admin jelaskan, nanti admin update lagi dalam waktu yang pas.

Baca Juga : 2 Arti Kata Ampas Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Kesimpulan

Diluaran sana masih banyak sekali orang-orang yang belum tahu apa istilah yang ada pada kamus bahasa Indonesia, maka admin hadir untuk membantu kamu yang tidak tahu maknanya.

Sedangkan istilah serat ini sebenarnya sudah ada sejak lama, akan tetapi masih minim pemahaman, maka dari itu agar admin semangat, jangan lupa like sosial media Sikalem ya.

Demikian penjelasan mengenai arti kata serat dalam kamus bahasa Indonesia dan fungsi serta contohnya yang sudah admin tulis secara detail diatas.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.