2 Arti Nuhun Bahasa Sunda yang Sebenarnya

Sahabat Kalem, Berikut Arti Nuhun Dalam Bahasa Sunda yang Sebenarnya

0 1.201

Sahabat kalem, kita akan kembali lagi membahas makna dari suatu kalimat yang ada pada bahasa daerah di Indonesia, yaitu arti Nuhun bahasa Sunda.

Mungkin kamu penasaran dengan arti kata nuhun dalam bahasa Sunda itu apa? Dan disini tentunya akan terjawab sesuai kaidah asli dan resmi bahasa Sunda yang di terjemaahkan kedalam bahasa Indonesia.

Jika kamu penasaran dengan apa yang tidak diketahui, maka berharap admin bisa memberikan sebuah pencerahan untuk sahabat kalem ya, maka disinilah letak yang harus admin tempuh.

Arti Nuhun Bahasa Sunda

Nuhun merupakan istilah bahasa Sunda yang artinya Terimakasih, memiliki kata turunan yaitu Haturnuhun yang artinya Terimakasih Banyak. Kalimat ini adalah istlah umum yang digunakan masyarkat Sunda dalam kehidupan sehari-hari.

Ternyata hampir ada kesamaan dengan terimakasihnya dalam bahasa Jawa, yaitu Suwun. Cara pengucapan hampir sama, hanya beda saja ya.

Arti Nuhun Bahasa Sunda
NUHUN, Foto : Istimewa

Ya benar, jika di dalam bahawa Jawa itu Suwun, sedangkan dalam bahasa Sunda Nuhun dan Haturnuhun, semuanya masih sama-sama terimakasih.

Mungkin kamu juga perlu kalimat jawaban yang tepat agar dapat menjawab ucapan terimakasih tersebut dalam bahasa Sunda, berikut selengkapnya.

Baca juga : 2 Arti Kata Punten Dalam Bahasa Sunda

Jawaban Nuhun Dalam Bahasa Sunda

Baik itu Haturnuhun dan Nuhun sama-sama saja, berdasarkan arti nuhun bahasa Sunda yang sudah admin jelaskan, barangkali kamu juga mau menjawab dengan ucapan sama-sama, lalu apa ya kira-kira?

Orang sunda biasa menjawabnya dengan kalimat ucapan sami-sami dan sawangsulna, yang berarti sama-sama.

Kedua jawaban tersebut sama-sama bahasa alus ya, enggak ada yang kasar. Kamu boleh mengucapkan sami-sami atau sawangsulna untuk menjawab ucapan nuhun atau haturnuhun.

Dalam hal ini tentu kamu perlu menjawab, ketika ada orang memberikan sesuatu kamu harus mengatakan nuhun, dan orang tersebut mengatakan kembali sawangsulna ataupun sami-sami.

Nuhun
NUHUN

Baca juga : Ucapan Belasungkawa Dalam Bahasa Sunda yang Benar

Contoh Penggunaan Kata Nuhun

Dalam bahasa sehari-hari, tentu saja orang Sunda menggunakan bahasa daerah, meskipun kadang ada juga yang menggunakan bahasa Nasional, tapi itu enggak masalah.

Silakan kamu simak berikut contoh penggunaan kata Nuhun maupun kata haturnuhun dalam bahasa Sunda.

  • Jang, maneh palai te nangka?
  • Mana mang?
  • Iye yeh candak ka die
  • Oh nya, haturnuhun/nuhun nya mang
  • Enya, sawangsulna/sami-sami

Artinya :

  • Dek, kamu mau gak nangka?
  • Mana paman?
  • Ini ambil saja kesini
  • Oh iya, terimakasih ya paman
  • Iya sama-sama

Sahabat kalem, jadi itulah contohnya biasanya orang-orang Sunda bercakap seperti itu, tak luput dari kata terimakasih ketika mendapatkan pemberian, bantuan, masukan, pujian, dan hal-hal lainnya dari orang-orang.

Baca juga : 2 Ucapan Selamat Pagi Bahasa Sunda

Kesimpulan

Sunda adalah bahasa daerah yang ada di Pulau Jawa, letaknya di provinsi Jawa Bara dan Banten. Sedangkan di Indonesia ada banyak sekali bahasa daerah yang mungkin ada salah satunya adalah bahasa daerah kamu.

Dan yang admin sampaikan saat ini tentang arti nuhun bahasa Sunda dapat membantu kamu, semoga saja itu benar membantu ya, Haturnuhun.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.