2 Arti Tasamuh Dalam Islam dan Contohnya

Apa Arti Kata Tasamuh Menurut Islam? Seperti Apa Contohnya?

0 9

Dalam Islam, mungkin tidak semua orang tahu apa arti tasamuh, sehingga dalam pembahasan di artikel ini akan dijelaskan sebagaimana dengan apaa yang semestinya.

Selain akan menjelaskan arti tasamuh, disini juga akan diberikan contoh agar lebih mudah dalam memahami suatu pembahasan, karena dengan adanya contoh semuanya akan terlihat sempurna.

Dapat kamu pahami dan simaki penjelasan berikut ini untuk menambah wawasan dan pengetahuan yang sederhana tapi bermakna.

Arti Tasamuh

Arti Tasamuh
Tasamuh

Tasamuh menurut Islam adalah sikap toleransi, dimana orang-orang saling menghargai dan menghormati perbedaan sesama manusia ciptaan yang maha esa.

Jadi, kita menghargai satu sama lain meskipun perbedaan diantara kita. Ini sama halnya dengan kalimat Azamta yang ada dalam Alquran.

Dalam istilah yang sempurna, berarti tasamuh merupakan kebaikan yang harus kita lakukan, kita harus seperti ini yang membuat orang lain tidak tersingkirkan, meski berbeda.

Islam adalah agama toleransi, hal itu sudah ada banyak dalam Alquran yang sudah ditulis.

Hanya saja kita kurang mempelajarinya, sehingga banyak kebaikan dan kewajiban yang kita lupakan dalam ajaran yang sudah ditulis dalam kitab suci umat muslim.

Contoh Tasamuh

Adapun contoh tasamuh, mungkin tidak begitu banyak hanya untuk melengkapi pembahasan arti tasamuh yang sudah kamu baca diatas.

Berikut ini beberapa contoh tasamuh yang sudah di rangkum dan dapat dipahami dengan seksama.

  1. Tidak pernah menghina serta mengejek dan menjelekkan agama lain
  2. Silaturahmi dengan tetangga beda keyakinan
  3. Meski tetangga berbeda agama, namun harus kita tolong ketika ia kesusahan
  4. Menjalin pertemanan dengan orang-orang yang beda agama, namun tidak dibedakan
  5. Ketika beribadah, hargai ibadah orang lain, ketika perayaan hari raya, hargai perayaan orang lain, dan berikan rasa aman
  6. Selalu bersikap adil meski beda agama

Kurang lebihnya seperti itu adalah contoh tasamuh, dimana disitu tertulis bahwa kita harus saling menghargai orang yang beda agama.

Mengapa? Karena kita harus bertoleransi, mengapa kita harus bersikap toleransi? Karena untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik di mata orang dan diri sendiri, serta jauh dari kebencian.

Contoh Tasamuh
Gambar Perbedaan, Foto : Istimewa

Dalil Tasamuh Dalam Alquran

Adapun dalilnya, kamu dapat membacanya dalam beberapa ayat di dalam Alquran, disitu sudah tertulis dengan jelas mengenai toleransi tasamuh.

Adapun dalilnya, berdasarkan arti tasamuh, kamu dapat membaca ayat dalam Alquran, diantaranya;

  • Surah Al-Kafirun ayat 1-6
  • Surah Al-Kahfi ayat 29
  • Surah Yunus ayat 42, dan
  • Surah Al-Maidah ayat 8

Pada surah-surah dalam ayat tertulis dapat kamu baca dan pahami, bahwa ayat tersebut mencerminka dengan jelas tentang toleransi.

Dan mungkin ada juga dalam ayat yang lainnya, kamu dapat mencarinya sendiri, apalagi sekarang ini mudah mendapatkan pengetahuan karena banyak sekali kiyai.

Jangan cuma dijadikan gelar, tapi carilah ilmunya kepada kiyai, karena fungsi kiyai sendiri adalah untuk memberi ilmu kepada kita umat manusia.

Jangan Intoleran

Sekaligus artikel ini adalah motivasi untuk kita semua, apalagi kita dalam satu negara yang berbeda keyakinan.

Bhineka Tunggal Ika, yang artinya Berbeda-beda tapi tetap satu itu harus kita pahami dan laksanakan, maka perbedaan agama bukan jadi penghalang dalam kebangsaan.

Apapun agamamu, apapaun kitabmu, apapaun Tuhanmu, marilah kita saling menghargai, toleransi, saling menghormati, dan saling memberikan rasa aman dan nyaman.

Jangan mudah di adu domba, jika kamu Muslim, cobalah konsultasi ke Ustad dan baca Alquran, disitu kamu akan mendapatkan banyak sekali ajaran tentang toleransi.

Kamu yang bukan muslim pun, kamu yang kristen, kamu yang konghucu, kamu yang buhda, hindu, dan agama lainnya, mari kita bersatu menjadi bangsa yang sempurna.

Mari kita laksanakan kewajiban kita sebagai bangsa Indonesia yang berbeda-beda antara ras, agama, budaya, suku, warna kulit, dan lainnya, namun tetap satu bangsa Indonesia.

Apakah sekarang kamu akan menjadi orang yang lebih baik lagi? Salah satu kebaikan yang harus kamu lakukan adalah toleransi.

Jangan malah menghina dan mengejek ya sahabat kalem.

Kesimpulan

Jadi sekarang kamu sudah paham makna dan artinya, dan sekarang kamu akan menjadi orang yang lebih baik lagi dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan?

Semoga saja kamu benar-benar yakin dengan kebaikanmu, tanpa ada yang janggal dalam pikiranmu.

Demikian penjelasan mengenai arti tasamuh dalam Islam, beserta dengan contohnya yang dapat admin sampaikan kali ini, semoga saja bermanfaat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.