2 Fungsi Fakta Dalam Sebuah Teks Persuasi

Apa Fungsi Fakta Dalam Sebuah Teks Persuasi? Ternyata Ini Loh Sahabat Kalem Fungsinya

0 173

Sebelumnya admin sudah menjelaskan arti persuasif yang dapat kamu baca kembali, dan sudah jelas bahwa kalimat tersebut memiliki fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi.

Disini kamu akan tahu, fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi adalah apa? Dan akan admin jelaskan secara terperinci dengan apa yang sudah admin rangkum dari sumber yang sudah pasti tentunya.

Fungsi Fakta Dalam Sebuah Teks Persuasi

Dalam teks persuasi, fungsi fakta adalah untuk memperkuat argumen penulis agar bisa meyakinkan dan mempengaruhi pembaca pada saat pembaca menemukan teks persuasi yang sudah dibuat sebelumnya.

Fungsi Fakta Dalam Sebuah Teks Persuasi Adalah
Fakta

Sedangkan, dalam kalimat persuasi sebenarnya ada dua jenis, ada opini dan juga fakta yang sudah kita jelaskan tersebut.

Opini tidak dapat dipercayai oleh orang-orang, hal ini dikarenakan belum jelas keberadannya. Kamu mungkin sudah pernah mempelajari pengertian opini dan fakta.

Baca juga : Kalimat yang Berfungsi Untuk Menjelaskan Kalimat Utama Dalam Paragraf

Ciri-ciri Kalimat Fakta Dalam Teks Persuasi

Ada beberapa ciri kalimat fakta yang dapat kamu pahami, seperti fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi adalah apa yang tertulis diatas, sehingga berikut adalah ciri-ciri kalimat fakta yang dapat kamu bedakan dengan opini.

  • Kalimat fakta memiliki data yang akurat, terdapat waktu, tanggal, serta tempat
  • Kalimat fakta bersifat objektif
  • Kalimat fakta menyatakan kejadian yang sebenarnya, berbeda dengan opini yang belum jelas kebenarannya
  • Pengambilan kalimat fakta diambil dari sumber terpercaya, biasanya sudah banyak yang menjelaskan informasi tersebut

Salah satu kalimat fakta yang dapat kamu simak adalah apa yang admin jelaskan. Karena admin mencari penjelasan ini dari berbagai sumber, dan jawabannya tentu sangat akurat.

Sehingga sudah jelas ini adalah fakta, pada paragraf yang admin tulis diatas tentu saja akan mudah kamu pahami dengan seharusnya yang terjadi.

Baca juga : Pengertian Ide Pokok Bacaan Serta Fungsi Ide Pokok Bacaan

Kesimpulan

Pada dasarnya, teks persuasi harus jelas kebenarannya, hal ini agar orang lain percaya dengan kalimat yang sudah kamu tulis. Jika orang lain tidak percaya, bagaimana nanti mereka akan tahu tentang apa yang sudah kamu jelaskan?

Dan sahabat kalem, jadi fungsi fakta dalam sebuah teks persuasi adalah yang tertulis diatas, mudah-mudahan saja ini menambah kamu wawasan yang tak hanya untuk menjawab soal ujian ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.