2 Istilah Mandi Dalam Bahasa Sunda

Istilah atau Ungkapan Mandi Dalam Bahasa Sunda Ada 2, Berikut Penjelasannya

0 681

Dalam bahasa Sunda Mandi memiliki kalimat yang berbeda, yang admin maksud ada 2 kalimat yang berbeda antara bahasa alus dan bahasa kasar.

Nah, disini kamu akan tahu apa saja kalimat mandi dalam bahasa Sunda? Kamu tentunya dapat memahami apa yang akan admin jelaskan disini untuk kebutuhan bahasa.

Namun sebelumnya, mungkin kamu tidak yakin atas bahasa Sunda yang kamu ucapkan, sehingga kamu perlu mendapatkan ulasannya.

Maka dari itu, admin sebagai orang Sunda akan membahas itu untuk kamu yang butuh penjelasannya.

Ucapan Mandi Dalam Bahasa Sunda

Ucapan “Mandi” dalam bahasa Sunda ada 2, yaitu Ibak dan Mandi, ibak adalah ucapan Sunda alus, sedangkan Mandi ucapan Sunda yang agak kasar.

Kok sama aja? ya memang sama saja, akan tetapi kamu bisa menggunakan istlah Ibak agar terdengar lebih sopan kepada orang lawan bicara kamu.

Meski demikian, admin malah sering menggunakan istilah mandi saja, walaupun agak kasar, tapi ya Sunda admin adalah Sunda kasar, Sunda Banten.

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan istilah Ibak atau pun Mandi juga gak papa ketika ngobrol tentang mandi dengan orang Sunda, baik Jawa Barat maupun Banten.

Karena selama ini, Bahasa Sunda ada di daerah Jawa Barat dan Banten saja, mungkin jua ada di Lampung, admin punya banyak kenalan orang Lampung yang bisa bahasa Sunda.

Baca juga : Maraban Dalam Bahasa Sunda, Apa Artinya?

Contoh Kalimat Mandi Bahasa Sunda

Sesudah kita menemukan ternyata istilah mandi dalam bahasa Sunda ada 2, dan disini admin akan memberikan contoh penggunaan kata berdasarkan sehari-hari yang admin lakukan.

  • Atos Ibak tacam bibi? (Udah mandi belum bibi?)
  • Abdi bade ibak nya, tong haliwu (Saya mau mandi ya, jangan berisik)
  • Jig atuh ibak, tos sore (Mandi dulu sana, udah sore)

Nah sahabat kalem, apakah kamu sudah bisa memahami yang semakin dalam terkait dengan apa yang admin tulis diatas?.

Kalau kamu sudah paham, maka admin ucapkan semoga apa yang admin jelaskan diatas membantu kamu yang belum mengerti bahasa Sunda.

Demikian ucapakan mandi dalam bahasa Sunda yang dapat admin sampaikan, jangan lupa pantengin Sikalem untuk mendapatkan informasi terbaru dan terupdate ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.