Take a fresh look at your lifestyle.

2 Macam-macam Takdir Allah, Mubram Takdir yang Tidak Bisa Diubah?

Takdir yang Tidak Bisa Diubah Adalah Takdir Mubram

0

macam-macam takdir yang Allah SWT tentukan ada dua macam, yaitu Muallaq dan Mubram, sedangkan ada pertanyaan, takdir yang tidak bisa diubah disebut takdir apa?.

Sekarang ini waktunya admin akan memberikan pencerahan terkait dengan takdir yang tidak bisa diubah oleh siapapun.

Memang setiap orang ketergantungan terhadap takdir Allah SWT, apapun kehidupan yang akan kita jalani tentunta ketergantungan terhadap Allah, layaknya arti Mualllaq yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Macam-macam Takdir

Macam-macam takdir yang sudah Allah tentukan ada dua, yang sudah admin jelaskan diatas, namun tentunya kamu akan lebih lengkap dalam mendapatkan pengetahuannya.

Baca juga : Hukum Memotong Kuku Saat Haid Dalam Islam, Bolehkah?

Berikut jenis-jenis takdir manusia yang Allah tentukan:

1. Takdir Muallaq

Takdir muallaq adalah takdir yang bisa diubah, meskipun sudah tentukan, seperti oleh usaha dan ikhtiar manusia yang selama ini terus dilakukan.

Adapun contoh dari takdir muallaq adalah kecerdasaran, dimana kecerdasan ini sebagai takdir yang benar-benar bisa diubah.

Manusia dilahirkan oleh Allah SWT dengan kecerdasaran yang sama, namun kecerdasan itu tentunya tergantung manusia itu sendiri.

Ada yang kecerdasannya dibawah rata-rata, bahkan ada kecerdasannya yang sangat tidak masuk akal, itulah kenapa kecerdasan sebagai bentuk dari takdir Mullaq.

2. Takdir Mubram

Takdir yang tidak bisa diubah adalah takdir mubram, Allah akan memberikan suatu ketentuan yang pasti pada manusia, sehingga kepastian itu tidak dapat digugat.

Berbeda dengan takdir muallaq yang masih bisa diubah sebagai bentuk dari usaha dan ikhtiar seseorang, namun takdir mubram tidak bisa diubah oleh siapapun karena bersifat pasti.

Ada banyak contoh takdir mubram yang selama ini bisa kita lihat, seperti bencana alam, kematian manusia, kiamat, dan masih banyak lagi.

Seperti yang kita lihat dari contohnya bahwa takdir yang sudah Allah berikan secara pasti itu sudah tidak lagi dapat diubah oleh manusia.

Baca juga : 10 Tanda Akhir Zaman Menurut Islam, Beberapa Sudah Terjadi?

Takdir yang Tidak Bisa Diubah

Seperti yang kita ketahui bahwa takdir ada 2, yaitu takdir muallaq yang masih bisa dibuah, dan takdir mubram yang sama sekali tidak dapat diubah.

Namun, kembali kepada diri kita sendiri karena sekarang kita sudah tahu bahwa takdir yang tidak bisa diubah adalah takdir mubram yang sudah tertulis diatas.

Apakah kamu masih tidak yakin dengan ketentuan Allah SWT?.

Admin memberi penjelasan ini agar kelak kamu lebih paham tentang tadir itu sendiri, karena banyak sekali orang yang tidak bersyukur atas takdir yang mereka terima.

Materi manusia atau kekayaan bisa disebut takdir muallaq, mengapa? Karena manusia sendiri bisa mengubahnya dengan usaha dan ikhtiar.

Namun, berdasarkan arti muallaq yang sudah admin jelaskan sebelumnya, meski demikian kita tetap ketergantungan terhadap Allah SWT, di kabulkan atau tidaknya tergantung kehendak Allah.

Baca juga : 5 Perbedaan Antara Kitab dan Suhuf Dalam Islam

Kesimpulan

Jadi sekarang kita sudah tahu bahwa takdir terbagi menjadi dua, satu masih bisa dibuah dan yang satunya bisa dibilang bersifat permamen alias tidak dapat diubah oleh manusia.

Silakan kamu konsultasi kepada orang-orang yang paham agama untuk lebih mengetahui secara mendalam.

Jadi sekarang kamu sudah tahu bahwa takdir yang tidak bisa diubah disebut takdir mubram, serta macam-macam takdir yang sudah tertulis? Semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat bagi kamu, jika ada soal tentang ini, silakan kamu isi dengan jawaban yang sudah admin jelaskan diatas ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.