2 Metode Perhitungan Harga Pokok yang Benar

Bagaimana Metode Perhitungan Harga Pokok yang Baik dan Benar? Berikut Metodenya

0 3

Sahabat kalem, mungkin kamu tidak paham bagaimana metode perhitungan pokok atau penentuan pokok yang baik dan benar sesuai dengan apa yang seharusnya dilakukan.

Sehingga, ketidaktahuhan tersebut membuat kamu kesulitan dalam menetapkan metode perhitungan harga pokok sebagaimana yang seharusnya dilakukan.

Beruntung sekali admin telah menemukan caranya atau metodenya, sehingga akan admin rangkum dan jelaskan secara singkat namun lebih detail.

Kamu yang kebingungan bisa mencoba melihat dan memahami apa yang admin jelaskan agar tidak ada kesalahan pada saat menentukan harga pokok.

Metode Perhitungan Harga Pokok

Metode Perhitungan Harga Pokok
Foto : Istimewa

Metode perhitungan harga pokok ada dua, yaitu dengan metode Full costing dan metode Variable costing, dimana keduanya ini memiliki perbedaan pada saat kamu akan menentukan suatu harga pokok produk.

Jika kamu awam dan tidak paham mengenai kedua metode tersebut, kamu dapat membacanya detail dan pengertian atau uraian yang admin jelaskan dibawah ini.

Baca juga : 6 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Jaman Digital

1. Metode Full Costing

Full costing adalah metode penentuan atau perhitungan harga pokok sebuah produk yang memperhitungkan semua seluruh unsur produksi kedalam harga pokok produksi.

Metode ini memungkinkan kamu untuk menentukan harga, mulai dari biaya bahan baku, tenaga kerja, juga biaya overhead pabrik, ditambah lagi dengan biaya pemasaran, umum ,dan biaya-biaya lainnya.

Semua biaya tersebut akan dijadikan satu, seperti namanya Full Costing yang memungkinkan seluruh biaya akan dihitung kedalam suatu produksi.

2. Variable Costing

Sedangkan variable costing hanya memperhitungkan biaya variable saja, tidak semua biaya dimasukan atau dihitung kedalam harga pokok produksi.

Dengan istilah lain perhitungan metode variable costing ini mengikuti banyaknya barang yang diproduksi oleh sebuah pabrik, yang juga dikenal dengan istilah Direct Costing.

Jadi sesuai dengan yang sudah admin uraikan, metode perhitungan harga pokok produksi dibagi menjadi dua, kamu dapat melakukan perhitungan tersebut jika ingin keseluruhan, maka pilih poin pertama, dan poin kedua jika hanya biaya variablenya saja ya sahabat kalem.

Baca juga : 15 Dampak Positif dan Negatif Jika Pantai Dijadikan Sebagai Objek Wisata

Perbedaan Full Costing dan Variable Costing

Perbedaan Full Costing dan Variable Costing
Perbedaan Full Costing dan Variable Costing, Foto : Istimewa

Perbedaan antara kedua metode penetapan harga pokok terletak pada biaya produksi tetap. Kemudian akan berakibat terhadap perhitungan pokok produksi dan penyajian laporan laba rugi.

Berikut ini beberapa perbedaan antara metode full costing dan variable costing yang sudah berhasil admin temukan.

1. Full Costing

  • Metode full costing akan menunda pembebanan overhead pabrik tetap hingga produksi yang bersangkutan dijual
  • Timbulnya selisih BOP kalau BOP yang dibebankan berbeda dengan BOP yang sesungguhnya
  • Biaya overhead pabrik dibebankan terhadap produksi atas dasar tarif yang telah ditentukan

2. Variable Costing

  • BOP tetap tidak melekat pada persediaan ketika barang belum laku dijual, namun dianggap biaya periode yang terjadinya
  • Beban yang tertunda hanya akan bermanfaat jika penundaan diharapkan dapat menghindari terjadinya biaya yang sama pada periode yang akan datang

Jadi seperti yang admin jelaskan diatas, perbedaan tersebut melekat pada dua hal sesuai dengan apa yang sudah admin tulis diatas.

Baca juga : Pengertian Invensi dan Inventor Menurut Hukum

Apakah kamu sudah paham sekarang? Maka dengan ini mudah-mudahan kamu dapat menggunakan salah satu metode yang baik dan benar pada saat menentukan harga pokok sebuah produk.

Demikian metode perhitungan harga pokok yang dapat admin jelaskan, semoga saja apa yang sudah dijelaskan diatas dapat membantu kamu untuk menambah wawasan yang baru.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.