3 Alasan Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?

Ternyata, Ini 3 Alasan Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra

0

Ada yang tahu, mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra? Dan tentu saja bukan tanpa alasan, karena sudah ditemukan alasan yang masuk akal terkait penjelajahan bangsa barat kala itu terhadap samudera.

Jelas akan terjadi sesuatu jikalau ada alasan, dan tidak akan terjadi sama sekali kalau enggak ada alasan.

Seperti alasan mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra? Disini tentunya akan kamu dapatkan alasan tersebut.

Sehingga tidak akan pernah mengambil resiko untuk diri sendiri, akan tetapi ini akan menjadikan kamu pelajaran penting bahwa alasan lah yang memaksa semua orang melakukan sesuatu.

Baca juga : 5 Alasan Ternate Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis

Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?

Alasan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra karena berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi (IPTEK), Adanya semangat 3G (Gold, Gospel, Glory) dan teknologi navigasi serta pembuatan kapal penjelajah samudra.

Dari alasan itulah yang menyebabkan bangsa barat melakukan penjelajahan samudra pada saat itu.

Semangat dan teknologi yang membuat mereka bergegas untuk melakukan penjelajahan samudra yang akhirnya patut untuk mereka nikmati kala itu (meski berakhir dengan keburukan).

Akan tetapi, kamu mesti berfikir lagi untuk melakukan hal yang sama dengan mereka, akankah kamu mampu untuk melakukannya?

Justru kekurangan manusia adalah rasa takut, padahal dengan semangat yang tinggi, serta alat yang memadai semua hal yang akan dilakukan sebenarnya akan mudah diraih.

Namun dengan rasa takut itulah yang akhirnya membuat mereka gagal dan berhenti sampai disitu saja.

Meskipun semangat sudah ada, alat yang sudah lengkap, tapi banyak orang yang enggan melakukannya dengan seharusnya yang akan mereka lakukan untuk hal yang masuk akal maupun tidak masuk akal.

Kenapa tidak belajar dari bangsa barat yang telah menjelajah samudra? Meskipun tujuannya tidak masuk akal, dan gagal mungkin hinga buruk akhirnya, tapi yang penting kan sudah ada bukti.

Bangsa barat yang mampu melewati itu, kenapa tidak kita jadikan inspirasi? Contoh kecil saja pada saat akan melakukan sesuatu, misalnya akan melamar si doi, kenapa mesti takut dan ragu?

Percayalah dan semua itu akan mudah didapatkan, jangan sampai harapan dan keinginan tumbang sebelum berkembang.

3 Alasan Mengapa Bangsa Barat Melakukan Penjelajahan Samudra?
Foto : Historia.id

Baca juga : 12 Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Menjelajahnya Bangsa Barat

Pada tahun 1511, bangsa barat yang mendarat di Indonesia adalah Portugis, dan secara kesulurhan, bangsa barat yang menjelajah dan melakukan penjajahan di Indonesia adalah Belanda, Inggris, Portugis, juga Spanyol.

Alasan mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra sudah kita temukan, dan ternyata awal mula tujuan mereka berjelajah di Indonesia adalah berdagang.

Namun, dengan seiring berjalannya waktu, seperti yang kita ketahui sendiri, bahwa kita telah dijajah, bahkan Jepang sekaligus telah menjajah kita.

Tapi itu masa lalu, sekarang kita sudah merdeka, tetap saja tidak akan terlupakan, para pejuang yang bertumpah darah tentu tidak boleh kita lupakan.

Semangat pemuda dengan upacara bendera adalah mengenang jasa para pahlawan, hormat terhadap merah putih, dan juga mengembangkan otak untuk mempertahankan kemerdekaan ini.

Baca juga : Cara Seorang Pelajar Mewujudkan Kehidupan Kebangsaan yang Sejahtera

Kesimpulan

Mungkin tidak ada yang dapat banyak disampaikan, yang pasti alasan itu sudah kita dapatkan dan untuk kamu, meskipun yang bangsa barat lakukan buruk, kita bisa belajar dari mereka, namun tidak dengan hal yang buruk ya.

Maka dari itu, kita bisa berharap untuk hidup yang lebih baik lagi, dan itulah alasan mengapa bangsa barat melakukan penjelajahan samudra, semoga apa yang dibahas disini bermanfaat dan membantu.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.