3 Arti Kata Linang dan Contoh Ungkapannya

0 3

Arti kata linang atau berlinang-linang, sepertinya kita sudah tidak asing lagi dengan istilah ungkapan ini, namun ternyata masih banyak orang tidak tau apa artinya linang.

Maka demikian, admin kalem bersedia menjelaskan apa arti kata linang yang ada pada kamus bahasa Indonesia, karena sebagai orang Indonesia kita harus tahu artinya.

Baca Juga : Arti Ungkapan Buah Hati dan Contoh Kalimatnya

Arti Kata Linang

Linang berarti air mata yang terlihat berlau atau berkilap, namun secara harfiah arti kata linang adalah meleleh (tentang air mata). Bisa kita lihat mata seseorang seperti berkilau karena ada air nya, namun tidak sepenuhnya keluar.

Hanya saja ada bercakan air pada mata seseorang, sehingga disebut dengan istilah air mata berlinang. Definisi sudah admin sederhanakan agar kamu lebih mudah memahaminya.

Kemudian berlinang-linang artinya adalah kilapan dan lelehan, maka ari mata berlinang-linang berarti pada matanya terlihat lelehan atau kilapan air mata yang sama sekali tidak keluar sepenuhnya.

Sahabat kalem mungkin sudah paham sedemikian yang admin jelaskan, apalagi kalau melihat dari KBBI itu hanya tertulis berkilap saja tidak dijelaskan secara lebih detail.

Maka dari itu, admin menyederhanakan lagi supaya kamu mudah memahaminya, meskipun tulisannya terlalu bertele-tele, mohon maaf saja ya sahabat kalem.

Baca Juga : 2 Makna dan Arti Kata Intensitas Dalam KBBI

Contoh Ungkapan Kata Linang

Dalam hal ini, selain menjelaskan apa arti linang atau berlinang, admin pun ingin sekali memberikan contoh ungkapan kata linang yang dapat kamu simak berikut ini.

  • Air mataku berlinang-linang ketika melihatmu jalan dengan dirinya
  • Ibu, aku melihat matamu berlinang-linang atas kepergianku yang merantau jauh dari kota ini
  • Aku tidak percaya kau pergi, air mata ini berlinang tanpa tertahankan, tak kuasa aku ditinggalkan olehmu
  • Matamu terlihat bergitu berlinang, sumpah aku tidak tahu kenapa kamu seperti itu?
  • Kau tega mengkhianatiku hingga mataku berlinang air mata

Kurang lebih seperti itulah contoh ungkapan kata linang ini, contoh tersebut berdasarkan ungkapan yang sering admin dengar di filem-filem bucin hehe.

Sahabat kalem, mungkin sekarang itu saja yang dapat admin sampaikan mengenai arit kata linang dalam kamus bahasa Indonesia, semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.