3 Ciri Ciri Karangan Nonfiksi yang Sebenarnya

Ciri-ciri Karangan Nonfiksi Adalah Apa ya? Mari Kita Ketahui Jawabannya Berikut Ini

0

Sikalem – Nonfiksi merupakan karangan teks yang dibuat berdasarkan fakta atau hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari, cir ciri karangan nonfiksi sendiri memiliki 3 yang harus kamu ketahui.

Namun sayangnya, tidak banyak orang yang memahami sebenarnya ciri-ciri karangan nonfiksi tersebut, maka dari itu disinilah akan kamu dapatkan jawabannya guna menambah wawasan dan untuk menjawab soal ujian.

Ciri Ciri Karangan Nonfiksi

Ciri-ciri dari karangan nonfiksi adalah berbentuk ilmiah, dimana nonfiksi dibuat berdasarkan kenyataan dalam kehidupan yang nyata, hal ini membuat penulis seluruhnya bertanggung jawab semua yang ada pada karangan nonfiksi.

Selain apa yang admin tulis, dimana ada 3 ciri ciri karangan nonfiksi yang ada saat ini, sesuai dengan pengertiannya itu sendiri.

Ciri-cirinya yaitu:

  1. Berbentuk Ilmiah
  2. Berisi Fakta
  3. Informatif

Nah ketiga ciri diatas adalah apa yang menjadi pembeda antara karangan fiksi dan karangan nonfiksi.

Baca juga : 6 Ciri-ciri Kingdom Plantae Beserta Jenis dan Pengertiannya

Perbedaan Karangan Fiksi dan Nonfiksi

Dimana kita bisa menemukan ciri ciri karangan nonfiksi yang sebagaimana sudah admin jelaskan, maka perlu kamu ketahui bahwa ada perbedaan antara karangan fiksi dan karangan nonfiksi.

Karangan fiksi sendiri adalah karangan yang dibuat bukan karena kenyataan, namun benar-benar dikarang oleh penulis, seperti novel, hikayat, dan yang lainnya.

Sedangkan karangan nonfiksi ceritanya benar-benar dibaut berdasarkan kenyataan, baik itu waktu, tempat, dan tokoh dalam cerita yang dibuat.

3 Ciri Ciri Karangan Nonfiksi yang Sebenarnya
Ilustrasi Buku, Foto : Istimewa

Sahabat kalem, jadi sudah jelas kalau karangan fiksi ini karangan yang benar-benar dikarang dari semua bidangnya, beda dengan nonfiksi yang menggunakan fakta dan kehidupan yang nyata.

Sudah banyak kok yang dapat kamu lihat ceritanya, misalnya saja pada novel, ini biasanya dibuat dengan cerita yang dikarang bukan kenyataan.

Contoh Buku Cerita Nonfiksi

Salah satu contoh karangan nonfiksi dapat kamu lihat pada buku yang menceritakan sejarah, itu adalah karangan yang benar-benar menceritakan kenyataan.

Kemudian, kamu juga bisa melihat contoh karangan nonfiksi ini dari kisah-kisah nyata pada buku, kalau dalam film tidak bisa kita maknai itu benar-benar nonfiksi ya, kebanyakan hanya fiksi belaka.

Kamu dapat membaca buku Bung karno misalnya, itu adalah karangan nonfiksi yang menceritakan kehidupan pahlawan kita tersebut.

Baca juga : Pengertian Kalimat Efektif, Ciri, Syarat dan Contohnya

Kesimpulan

Nah sahabat kalem, dimana saja kamu bisa memahami yang telah kamu baca, itu sudah cukup untuk wawasan kamu dihari ini, pada dasarnya cerita atau karangan nonfiksi ini adalah cerita yang dibuat berdasarkan pada kenyataan yang sebenarnya, beda dengan karangan fiksi ya.

Demikian ciri ciri karangan nonfiksi yang dapat kamu simak dan dapat admin bagikan kali ini, semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.