3 Perbedaan Antara MRT dan LRT Adalah? Berikut Perbedaannya

Jangan Salah, Ini Loh Perbedaannya Antara MRT dan LRT, Merupakan Moda Transportasi Modern di Indonesia

0 3

Sikalem – MRT adalah singkatan dari Mass Rapid Transit, sedangkan LRT singkatan dari Light Rail Transit, lalu sebenarnya perbedaan antara MRT dan LRT adalah apa?

Ternyata sahabat kalem sangat salah jika hanya membedakan kedua moda transportasi tersebut hanya dengan perbedaan nama saja, karena maknanya pun sama berbeda, dan jenisnya juga berbeda.

Perbedaan MRT dan LRT

MRT atau Mass Rapid Transit merupakan transportasi yang dapat menampung penumpang mencapai 1.950 orang dengan 6 gerbong. Sedangkan LRT adalah transportasi yang hanya menampung 257 orang penumpang saja dan memiliki hanya 4 gerbong.

Maka, perbedaan antara kedua moda transportasi tertulis sudah sangat jelas dari ukurannya, keduanya memang sama-sama kereta modern, namun tentu saja perbedaan itu sangat menonjol dari ukuran dan kapasitasnya.

LRT juga dapat membawa penumpang hingga lebih cepat, hal ini karena transportasi ini berjalan diatas tanpa ada kemacetan, berbeda dengan MRT yang berada di bawah, sama halnya dengan kendaraan umum, namun memiliki jalur khusus.

Baca juga : ini Dia 4 Perbedaan Arabika dan Robusta

Sedangkan, waktu menunggu dari kedua moda transportasi ini tidak ada bedanya, biasanya kita akan menunggu kurang lebih 3 menit untuk kedua moda transportasi ini.

Maka, sudah sangat jelas, perbedaan antara MRT dan LRT adalah bukan hanya pada jenisnya saja, ukurannya juga, namun pada jalurnya pun khusus, jika MRT dibawah, sedangkan LRT melayang.

Kalau kamu orang Jakarta, sudah pasti menemukan kedua moda ini, berbeda dengan daerah lain yang masih belum ada, karena hanya kota Jakarta saja yang baru ada jenis transportasi tersebut.

Sama-sama Kereta Cepat

Memang selain MRT dan LRT, ada juga Commuter Line, keduanya ini sama-sama kereta cepat yang dapat dimanfaatkan oleh penumpang dalam waktu tempuh jauh lebih cepat.

Apalagi sekarang di Jakarta, jika menggunakan kendaraan umum dan pribadi akan sangat lambat, macetnya minta ampun, kalau dengan moda transportasi seperti LRT tidak akan macet, karena jalannya diatas melayang.

Oke sahabat kalem, sekarang kita sudah tahu perbedaan antara MRT dan LRT adalah apa yang sudah dijelaskan diatas, semoga saja yang tertulis bermanfaat untuk kamu yang sedang butuh informasi ini.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.