Take a fresh look at your lifestyle.

4 Alasan Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi

Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi? Ini 4 Alasannya

0

Dalam sebuah kehidupan, tentu banyak hal yang mesti kita jalani. Sahabat kalem mungkin tidak mengetahui alasan mengapa seseorang menulis surat pribadi? Nah, pada artikel ini, admin kalem yang baik hati akan menjawab pertanyaan tersebut.

Karena, jika tidak kamu ketahui alasan terkait dengan mengapa seseorang menulis surat pribadi? Mungkin kamu akan merasa kurang yakin dengan jawaban apa adanya, apalagi kalau pertanyaan soal ujian.

Alasan Seseorang Menulis Surat Pribadi

Secara umum, seseorang menulis surat pribadi untuk keperluan informasi, niat, memberi kabar, atau menanyakan kabar secara pribadi kepada teman, kerabat, sudara, keluarga, maupun orang tua.

Dalam penulisan surat pribadi harus jelas siapa yang mengirim dan siapa yang dikirim surat tersebut, agar tidak ada kesalahan dalam pengiriman.

Namun, itu ternyata sekarang sudah tidak lagi berfungsi, karena sekarang tidak perlu surat yang ditulis pada kertas, cukup dengan menggunakan gadget sudah bisa berkirim pesan, kabar, informasi, dan lain sebagainya.

Selain untuk memberi dan menanya kabar atau sekedar informasi, surat juga berperan dalam keperluan pribadi untuk meyakinkan orang tertuju bahwa kita masih ingat dengannya.

Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi?
Foto : Istimewa

Jaman dulu memang ini sangat umum, mskipun penerima harus menunggu lama surat tersebut, dan pengirimpun sama harus menunggu lama untuk mendapatkan balasan suratnya.

Tapi sekarang tidak lagi demikian, hanya dengan waktu beberapa menit saja sudah mendapatkan jawaban, kalau orang tertuju aktif dan mau membalas pesan kita ya.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

Urutan Surat Pribadi

Diatas kita sudah menjawab alasan mengapa seseorang menulis surat pribadi? Nah, agar kamu tidak salah dalam menulis surat, silakan kamu simak urutan surat peribadi berikut ini.

  1. Kop
  2. Nomor Surat
  3. Lampiran & Perihal
  4. Salam Pembuka
  5. Pengantar surat/perkenalan
  6. Isi
  7. Kata Penutup
  8. Tanda Tangan
  9. Nama Penulis

Urutan tersebut tidak boleh salah ya, pertama kop, kemudian nomor surat, dan seterusnya. Jangan diubah karena itu adalah ketentuan penulisan urutan surat yang baik dan benar.

Apalagi kita hidup dijaman sekarang yang mungkin tidak begitu paham tentang surat, karena sudah gak jaman dan surat pribadi sudah kita tinggalkan.

Sekarang mah cukup buka hape, buka aplikasi WhatsApp, ketik salam, tunggu hingga orang tertuju menjawab yang kita kirimkan.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Mengapa Harus Ada Salam Pembuka/Penutup

Sedangkan, alasan surat pribadi harus ada salam pembuka dan salam penutup adalah untuk mengetahui identitas si pengirim dan penerima surat.

Bayangkan saja kalau kamu tidak menyertakan salam penutup atau pembuka, pasti akan kesulitan dalam mengenali identitas siapa yang mengirim dan siapa yang dikirim?

Nah sahabat kalem, dari sini kita tentunya harus mengenali lebih dalam, meskipun memang sekarang sudah tidak lagi digunakan, tetap saja harus tahu ya.

Surat Pribadi
Surat Pribadi

Ciri-ciri Surat Pribadi

Kalau ciri-cirinya sih cukup simpel saja, isi surat pribadi bersifat sederhana, kata-kata yang digunakan bersifat sahabat, dan tidak baku, tidak bersifat umum, dan juga privasi.

Karena tujuannya untuk satu orang teman, kerabat, sahabat atau keluarga, bukan untuk umum ya.

Nah sahabat, kita sudah paham lagi sekarang, dan mungkin itu yang dapat admin sampaikan ya untuk kalian, semoga bermanfaat.

Baca juga : Contoh Surat Lamaran Kerja Agar Cepat Diterima

Kesimpulan

Pada dasarnya, orang mengirim surat pribadi untuk kebutuhan informasi pribadi saja seperti apa yang sudah admin sampaikan diatas, jelas berbeda dengan surat yang lainnya, seperti undangan dan surat resmi.

Nah, mungkin itulah alasan mengapa seseorang menulis surat pribadi? Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap belajar meskipun sedang terkendala ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.