4 Arti Dari Sakai Sambayan dalam Bahasa Lampung

Sakai Sambayan Artinya Adalah? Ini Selengkapnya

0 291

Dalam bahasa Lampung, arti dari sakai sambayan itu apa sih? Tenang saja, meski kamu bukan orang Lampung, tetap akan tahu artinya.

Darimana tahunya? Sedangkan kita bukan orang Lampung? Kan sekarang mencari pengetahuan itu mudah, gak harus pergi ke jauh.

Ya, cukup dengan membaca apa yang admin jelaskan, kamu akan tahu apa arti dari sakai sambayan yang merupakan istilah dalam bahasa Lampung.

Mungkin kamu penasaran dengan istilah umum yang sering digunakan orang Lampung, atau memang kamu sedang menemukannya di media sosial.

Arti Dari Sakai Sambayan

Sakai Sambayan merupakan istilah dalam bahasa Lampung, yang artinya adalah Gotong Royong, Bahu Membahu, Tolong Menolong, dan Saling Memberi terhadap orang yang sedang membutuhkan.

Istilah ini digunakan ketika ada aktivitas masyarakat Lampung yang hendak bergotong royong, maupun sesuai dengan artinya.

Namun, istilah utama berdasarkan apa yang sudah admin telusuri, istilah ini merujuk kepada makna utama yaitu gotong royong.

Gotong royong sendiri berarti mengerjakan sesuatu secara bersamaan tanpa harus diberikan upah.

Baca juga : Maraban Dalam Bahasa Sunda, Apa Artinya?

Ya, kita semua sudah tahu apa itu gotong royong, apalagi dikampung admin sering banget melakukan hal tersebut.

Adapun manfaat dari gotong royong sendiri sangat banyak, salah satunya mengeratkan tali silaturahmi bersama warga setempat.

Selain itu, gotong royong juga sangat harus dilakukan demi menghemat segala sesuatu, misalnya tanpa perlu mengharapkan upah karena saling bergantian.

Sakai Sambayan Nilai Pergaulan Adat Lampung

Sakai Sambayan Nilai Pergaulan Adat Lampung
Pakaian Adat Lampung, Foto : Istimewa

Seperti arti dari Sakai sambayan yang sudah admin jelaskan, ini merupakan bentuk nilai pergaulan adat Lampung yang sudah ada sejak dulu.

Kebiasaan Sakai sambayan atau gotong royong oleh masyarakat Lampung dilakukan secara terus menerus ketika ada sesuatu yang hendak dikerjakan secara bersamaan.

Ini merupakan nilai adat yang sangat tinggi, karena gotong royong sendiri sesuai dengan kewajiban kita sebagai masyarakat.

Dikampung admin sendiri biasanya ketika ada pembersihan jalan, membangun rumah kayu, membangun masjid/mushola, itu biasa dilakukan secara gotong royong.

Baca juga : EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional di Indonesia

Dalam adat Lampung, jika seseorang tidak ikut berpartisipasi dalam melakukan gotong royong, hidupnya akan merasa kurang terpandang.

Maka, dari hal ini kita bisa melihat bahwa di Lampung, gotong royong sangat penting, apalagi itu mengeratkan tali silaturahmi.

Nah, kini kita sudah tahu apa yang dimaksud dengan Sakai Sambayan, merupakan adat bernilai tinggi masyarakat Lampung.

Kesimpulan

Kita perlu memperhatikan, bahwa hidup itu banyak keharusan. Namun kita tidak boleh sembarang ketika orang lain bergotong royong kita tidak ikut partisipasi.

Gotong royong itu tidak merugikan, malah mendapati banyak sekali manfaat darinya, sehingga sangat penting dilakukan.

Ketika kita tidak ikut gotong royong, kita tidak bahkan bisa saja dikucilkan karena orang lain banyak bergabung, kita sendirian malah asik dirumah.

Kalau di kampung admin biasanya dilakukan dihari Jum’at dan Selasa, karena petani-petani biasanya libur di dua hari itu.

Baca juga : Mahal Kita, Ungkapan Dalam Bahasa Filipina, Ini Artinya

Demikian penjelasan mengenai arti dari Sakai sambayan dalam Bahasa Lampung yang bisa kamu cerna dengan ulasan tambahan terkait gotong royong.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.