4 Arti Kata Pancaroba Menurut KBBI dan Contohnya

Arti Pancaroba Apaan Sih? Ternyata ini Arti Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia

0

Soal istilah memang ada banyak sekali kata-kata yang tidak kita ketahui meskipun kita sering mendengar, seperti salah satunya arti kata pancaroba.

Tapi tenang saja, karena ada dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI, maka definisi dan arti pancaroba ini akan admin jelaskan dilengkapi dengan contohnya.

Guna untuk memudahkan kamu dalam memahami sebuah kosakata, apa makna dan arti yang sebenarnya dari istilah yang kamu temukan itu.

Hampir setiap hari, banyak orang yang mencari arti kata, sedangkan mereka tidak sama sekali mengetahui maknanya.

Arti Kata Pancaroba

Pancaroba merupakan kata benda, yang bisa berarti (1) Keadaan yang tidak menentu, (2) Perailhan musim hujan dan kemarau, (3) Peralihan musim yang ditandai udara tidak menentu, (4) Transisi.

Maka, dengan arti pancaroba yang tertulis itu bisa kamu lihat sendiri, jika admin tidak membahas ini, sayang sekali ada banyak yang tidak tahu.

Sedangkan, dalam Google translate, pancaroba ini berarti transition, atau transisi yang berarti peralihan, ya sama-sama saja sebenarnya.

Kemudian kita akan tahu apa contohnya agar kamu mudah dalam memahami setiap bait kata yang admin tulis diatas.

Baca juga : Arti Kata Surya Dalam Kamus Bahasa Indonesia

Contoh Pancaroba

Berdasarkan dari arti kata pancaroba yang sudah dijelaskan, maka admin pu senantiasa memberikan contoh sesuai dengan arti-arti tersebut.

Maka, kamu akan bisa mengenali dan memahami serta membedakan semua makna yang sudah dijelaskan diatas, berikut contohnya.

  1. Keadaan yang tidak menentu, contohnya serba kalut, atau acak-acakan tidak sesuai dengan harapan
  2. Peralihan musim, contohnya keadaan yang ditandai oleh keadaan cuaca yang tidak menentu
  3. Peralihan musim kemarau dan musim hujan, contohnya saat kemarau hadirlah musim hujan (tidak perlu contoh sebenarnya)
  4. Transisi, contohnya peralihan keadaan seperti tindakan atau tempat

Dengan begitu, kamu lebih mudah dalam memahami setiap arti dari istilah pancaroba ini, dan bisa di cocokologikan bahwa panca berarti lebih dari satu, sedangkan roba berarti rubah.

Admin juga tidak tahu ini berasal dari bahasa mana, namun lebih pastinya istilah ini merupakan kata benda yang seperti kita bisa lihat sendiri artinya.

Baca juga : 13 Arti Kata Gelombang dan Jenis-jenisnya

Kesimpulan

Kesimpulannya, pancaroba merupakan suatu perubahan yang terjadi, baik itu cuaca, keadaan, tempat atau apapun yang berdasarkan arti dalam KBBI.

Kamu sudah paham kan? Kalau sudah sekarang kamu sudah tahu, kalau ada dalam soal ujian, maka silakan isi sesuai dengan pembahasan diatas.

Jika essay, kamu cukup menuliskan salah satu atau beberapa arti, jika pilihan ganda, cari saja arti yang sama persis dengan apa yang admin jelaskan diatas.

Tentu kamu nanti tidak akan salah pada saat menjawab soal ujian yang sudah terjadi, baik itu ujian sekolah, ujian akhir, atau pun hanya ujian kelas saja.

Demikian penjelasan mengenai arti kata pancaroba menurut KBBI ternyata ada 4, sedangkan sebenarnya sama-sama saja, namun semuanya sudah admin jelaskan secara detail.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.