4 Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite yang Harus Kamu Tahu

Apa sih Bedanya Tiktok Lite dan Tiktok Biasa? Yuk Cari Tahu Perbedaan Berikut ini

0 4

Sikalem – Salah satu media sosial yang berfungsi untuk membagi dan menonton video yang dibarengi dengan musik yang saat ini menjadi aplikasi nomor 1, apakah kamu tahu apa bedanya perbedaan tiktok dan tiktok lite?

Sejak beberapa tahun terakhir, pengguna Tiktok memang sudah disuguhi dengan aplikasi kedua dari aplikasi berbagi video ini, yaitu dinamakan tiktok lite.

Entah apa tujuan si Paman ini mendirikan tiktok versi lite, apakah karena ada harga? Biasanya ada kata lite itu harus ada pro, dan tentu ada harga?

Wkwk, tentu bukan sahabat kalem, nah makanya kita akan mengetahui apa saja perbedaan tiktok dan tiktok lite yang dapat kamu simak pada pembahasan ini ya.

Tentu artikel ini khusus untuk kamu pengguna tiktok, dan dimana sudah beberapa kali admin membahas tentang tiktok untuk sahabat kalem.

Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite

Perbedaan Tiktok dan Tiktok Lite
Tiktok, Foto : Istimewa

Perbedaan paling menonjol antara Tiktok biasa dan Tiktok Lite adalah dari tujuannya, tujuan utama Tiktok biasa untuk pengguna yang lebih extreme, sedangkan tiktok lite untuk pengguna yang lebih rendah.

Hal ini mungkin karena banyaknya pengguna yang aktif di tiktok, namun masih banyak orang yang tidak bisa menikmati karena kualitas jaringan internet dan memori smartphone yang kurang baik.

Sehingga pihaknya memberikan sarana yang baik, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi di berbagai kalangan, baik pengguna yang memori rendah dan kualitas jaringan yang buruk, serta pengguna yang lebih extreme.

Ya itu adalah perbedaan yang paling menonjol, dan tentu bukan itu saja perbedaannya, dari ukuran, nama, dan fitur pun ada perbedaan yang dapat kamu simak dibawah ini.

Baca juga : 3 Arti Kata Tik Tok yang Harus Kamu Ketahui, Banyak yang Salah!

Tujuan

Selain dari tujuan penggunaan tiktok yang disebutkan diatas, keduanya memiliki kemiripan, namun ada beberapa perbedaan yang harus kamu ketahui.

Tiktok biasa menggunakan memori yang besar dan penggunaan jaringan yang tinggi, sedangkan tiktok lite cukup dengan memori yang rendah dan jaringan yang lambat.

Mungkin ini adalah perbedaan tiktok dan tiktok lite yang mulanya memang dididirkan, karena pengguna tiktok yang memiliki ram kecil serta jaringan yang lambat dapat menikmati video dengan menggunakan tiktok lite.

Tiktok
Tiktok, Foto : Istimewa

Ukuran Aplikasi

Pada ukuran aplikasi juga sudah sangat jelas menjadi perbedaan tiktok dan tiktok lite, jika aplikasi Tiktok biasa mencapai 75 MB lebih, sedangkan Tiktok Lite hanya berukuran 21 MB saja.

Penginstalan aplikasi juga sangat berbeda, Tiktok lite hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja, bahkan detik, namun tiktok biasa karena ukuran yang lebih besar tergolong lama.

Maka, dapat kamu perhatikan dari ukurannya bahwa memang kedua aplikasi ini berbeda ukuran dan penggunaan memori.

WaterMark (Tanda Air)

Jika tiktok biasa, ketika kita mendownload video dari aplikasi tersebut akan ada watermark Tiktok, sedangkan Tiktok Lite akan ada watermark Tiktok Lite.

Tanda air atau watermark ini juga menjadi pembeda antara tiktok biasa dan tiktok lite, jadi sudah jelas bahwa keduanya memiliki fitur yang berbeda, namun tetap saja tidak ada perbedaan dari video dan akun.

Fitur

Kamu juga harus tahu perbedaan tiktok dan tiktok lite bisa dilihat dari segi Fitur, banyak sekali fitur-fitur tiktok yang tidak dapat dinikmati oleh pengguna tiktok Lite.

Ya, fitur yang biasanya muncul memang sengaja di pangkas untuk ukuran memori yang lebih kecil dan penggunaan yang lebih rendah.

Karena pada pembahasan diatas sudah jelas keduanya bertujuan yang sama, namun beda, perbedaanya untuk penggunaan yang extreme dan penggunaan yang slow.

Baca juga : 3 Cara Menyimpan Video Tiktok Ke Galeri Tanpa Watermark

Pilih Tiktok Biasa atau Tiktok Lite?

Pilih Tiktok Biasa atau Tiktok Lite?
Pilih Tiktok Biasa atau Tiktok Lite?, Foto : Istimewa

Dan setelah kita tahu, apa saja perbedaan tiktok dan tiktok lite? Apakah kamu bingung versi mana yang akan kamu gunakan? Apakah yang biasa atau versi Lite?

Keduanya memang sama-sama saja, akun yang yang sama, video yang sama, namun jelas ada perbedaan dari segi fitur dan tujuan penggunaan.

Jika kamu masih bingung pilih yang mana, kamu lihat saja kondisi kamu, apakah kamu pengguna di jaringan yang lebih stabil? Dan apakah smartphone kamu memiliki kapasitas memori yang baik?

Jika iya, maka kamu dapat menggunakan versi biasa dengan fitur yang penuh, semua fitur yang ada di tiktok dapat kamu nikmat jika menginstal versi biasa.

Sedangkan, jika kamu pengguna dengan kualitas jaringan yang rendah dan memori yang kurang baik, maka kamu dapat menggunakan versi lite.

Namun tentu saja dengan ketentuan kamu tidak dapat menikmati fitur-fitur lengkap yang ada di titkok biasa, dan ternyata banyak juga fitur yang tidak dapat dinikmati pengguna Lite.

Ya namanya juga versi lite, itu kan versi low atau versi rendah, lihat saja smartphone dengan versi lite diberikan dengan harga yang lebih murah karena fitur dan spesifikasinya dipangkas dari versi biasa.

Baca juga : Cara Melihat History Tiktok yang Paling Mudah

Kesimpulan

Bagaimana sahabat kalem dengan perbedaan keduanya diatas, apakah sudah bisa membuat kamu memilih salah satunya? Ingat ya keduanya sama-sama aplikasi resmi tiktok.

Akhir kata, itulah perbedaan tiktok dan tiktok lite yang harus kamu ketahui, bukan hanya dari memorinya saja, namun juga dari tujuan mereka mendirikan keduanya menjadi pembeda.

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.