Take a fresh look at your lifestyle.

4 Solusi Tepat Dalam Menghemat Pengeluaran Belanja

By Astro

0

Belanja kebutuhan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh semua orang, terutama pasangan yang sudah berumah tangga. Ketika sudah berumah tangga melakukan pencatatan pemasukan dan pengeluaran juga sangatlah penting, bahkan memiliki dana siaga juga sangat diperlukan.

Untuk anda yang memiliki pengeluaran lebih banyak daripada pemasukan bisa mengikuti tips-tips berikut dalam menghemat pengeluaran belanja bulanan.

1. Menyusun Biaya Pengeluaran Tiap Bulan

Cara hidup hemat pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membuat rencana pengeluaran bulanan, mulai dari rencana belanja kebutuhan pokok, membayar tagihan dan cicilan, biaya transportasi, hingga biaya untuk kebutuhan hiburan.

Dengan begitu, Anda bisa membelanjakan uang sesuai dengan rencana tersebut dan tidak menggunakan uang melebihi anggaran yang sudah disusun. Untuk memudahkan, Anda bisa membagi daftar pengeluaran menjadi tiga, yakni kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan tabungan.

2. Menghemat Pemakaian Listrik dan Air

Menghemat listrik juga bisa menjadi salah satu cara hidup hemat dalam rumah tangga. Hal-hal yang bisa Anda biasa lakukan adalah seperti dengan mencabut aliran listrik yang tidak terpakai dan memilih alat elektronik yang memiliki kebutuhan watt rendah atau hemat energi. Dua hal ini dapat memotong biaya tagihan listrik bulanan Anda.

Selanjutnya, pastikan untuk terus memperhatikan penggunaan air agar biaya listrik yang digunakan tidak membengkak. Caranya, cobalah untuk menyalakan mesin air hanya di waktu-waktu tertentu saja, misalnya pagi, siang, dan malam hari sebelum tidur. Penuhi semua bak mandi dan tempat penampungan air sehingga mesin tidak perlu terus-menerus menyala. Karena, tanpa disadari hal ini dapat meningkatkan penggunaan listrik.

3. Membandingkan Harga Sebelum Membeli

Cra hidup hemat dalam rumah tangga ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan lebih bijak dalam berbelanja. Pastikan Anda membandingkan harga untuk setiap produk yang sama pada dua atau tiga tempat yang berbeda. Dengan begitu, Anda akan dapat menemukan penawaran terbaik yang lebih murah untuk produk tersebut.

4. Memanfaatkan Promo atau Diskon

Agar memaksimalkan berbelanja, gunakan promo atau diskon yang sedang ditawarkan. Nah, dalam melakukan ini, perhatikan dengan baik syarat dan ketentuannya serta pastikan juga hal-hal tersebut tidak memengaruhi penawaran yang dijanjikan di awal. Kamu bisa mendapatkan berbagai macam potongan harga dengan Belanja Kebutuhan Online melalui Astro.

Dengan belanja online melalui Astro sudah teruji tingkat belanja online teraman di Indonesia. Bahkan nilai ulasan di google playstore bernilai 4.8, nilai ini sudah dikatakan tinggi. Dimana artinya aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat direkomendasikan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.