5 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi? Ini Dia Alasannya

0 828

Toleransi berarti saling menghargai dan mengakui kepercayaan orang lin, lantas apa alasannya, mengapa kita harus berperilaku toleransi? Apa untungnya bagi kita?.

Tentu itu tidak hanya alasan yang singkat, terkait dengan alasan mengapa kita harus bertoleransi ada pada diri kita sendiri.

Jika kita mengutamakan perilaku ini, tentunya kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat dan keungtungan toleransi karena adil.

Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi?

Mengapa kita harus berperilaku toleransi?
Toleransi, Foto : Istimewa

Karena, toleransi mengubah kehidupan kita menjadi lebih rukun, nyaman, harmonis dan dapat saling menghargai perbedaan, baik itu ras, budaya, agama, warna kulit, dan hal-hal lainnya.

Toleransi tentu tidak hanya didasari pada agama, namun semua hal yang berkaitan dengan perbedaan itu harus kita toleransi, yang artinya saling menghargai dan mengakui.

Kita tidak boleh sembarangan ketika ada orang lain yang berbeda, misalnya ras, kita malah meledek dan tidak menghargai ras orang tersebut, tentu akan menyebabkan perpecahan.

Jika kita semua berperilaku toleransi, maka akan mendapatkan manfaat dan keuntungan berikut:

  1. Bisa saling menghargai
  2. Hidup yang damai
  3. Aman
  4. Tentram dan nyaman
  5. Tidak akan ada berpecahan dan pertengkaran

Dan masih banyak lagi, sehingga kita perlu menerapkan toleransi, jangan sampai mengejek dan tidak mengahrgai orang lain hanya karena perbedaan.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Pembangunan Budaya Harus Dilakukan

Ketika Tidak Toleransi

Sudah jelas alasannya, mengapa kita harus berperilaku toleransi adalah untuk membuat hidup lebih berarti seperti pada alasan diatas.

Sedangkan mustahil jika tidak toleransi, semua keuntungan dan manfaat yang sudah tertulis serta alasannya tidak akan pernah kita dapatkan, itu sangat mustahil.

Namun, jika tidak berperilaku toleransi, aka kita akan selalu dihadapkan dengan:

  1. Masalah yang selalu datang
  2. Pertengkaran
  3. Pertempuran
  4. Tidak akan pernah damai
  5. Selalu berdebat akibat perbedaan
  6. Tidak akan pernah hidup bahagia
  7. Tidak akan tenang dimanapun kita berada
  8. Selalu dihadapkan dengan hal-hal yang berbau sara
  9. Kebencian dimana-mana

Dan tentu semua yang berbau negatif akan selalu kita hadapi ketika tidak bertoleransi, karena itu akan menyinggung dan menyebabkan perpecahan.

Sudah banyak contohnya, sehingga mungkin admin juga akan memberikan sedikit contoh dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan toleransi.

Toleransi
Toleransi, Foto : Istimewa

Contoh Toleransi

Contoh toleransi dalam kehidupan kita sehari-hari, ketika ada dua seorang yang bersahabat, namun mereka berdua memiliki hal yang berbeda.

Kita contohkan saja warna kulit, namun temannya yang berkulit putih itu sangat menghargai dan tidak pernah mengejek atau melakukan apapun terhadap teman yang kulitnya berwarna hitam.

Mereka hidup aman dan damai, saling menghargai dan terus bersahabat walau ada perbedaan. Nah itu adalah salah satu contoh toleransi yang ada dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana dengan contoh tidak adanya toleransi? Berikut contohnya.

Baca juga : Mengapa Kita Harus Menerapkan Hidup Rukun? Ini 5 Alasannya

Contoh Tidak Toleransi

Disebuah kampung ada dua budaya, yang sebagai orang memiliki budaya A, sedangkan sebagian orang budayanya B.

Dari dua golongan budaya yang berbeda itu selalu saja bertentangan, yang satu selalu mengejek budaya yang satunya lagi, hingga mengatakan dan memfitnah yang buruk-buruk.

Tidak pernah menghargai budaya yang dianut oleh sebagian orang, sehingga keduanya akan saling ejek dan saling menjatuhkan tanpa adanya kemampuan berfikir lagi.

Maka, bisa saja terjadi itu akan menyebabkan perpecahan dari kedua belah pihak antara budaya A dan B, padahal mereka satu kampung yang RT RW nya pun sama, wilayahnya juga sama, bahkan salng berdekatan rumahnya pun.

Namun, karena perbedaan budaya, maka mereka berpecah belah, bertengkar, dan bahkan tempur hanya karena budaya saja.

Nah kamu lihat sendiri dari contoh tidak adanya toleransi itu tidak membuat orang-orang damai, itulah alasannya mengapa kita harus berperilaku toleransi.

Yang admin jelaskan diatas contohnya mungkin tidak ada ya, hanya sebatas contoh saja untuk menjelaskan informasi ini secara terperinci lagi agar kamu semakin mudah memahaminya.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

Kesimpulan

Dari dua contoh dan alasan yang sudah admin jelaskan mungkin kamu juga memiliki pemikiran sendiri terkait dengan toleransi.

Sudah banyak di dunia ini yang berpecah dan adanya pertempuran atau peperangan akibat ketidakadaan toleransi yang selalu saja saling tidak menghargai dan mengejek.

Salah satu contohnya yang sekarang ini mungkin kamu juga sering melihat dan membaca berita adalah agama atau kepercayaan.

Oke, jadi sekarang kita sudah tahu apa alasannya, mengapa kita harus berperilaku toleransi, yaitu untuk membuat hidup kita semakin nyaman dan aman serta damai.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.