5 Alasan Mengapa Kita Harus Menjaga Lingkungan Hidup

Mengapa Kita Perlu Menjaga Lingkungan Hidup? Ini Alasannya

0 297

Banyak yang tidak sadar terkait dengan lingkungan hidup, sehingga menjadi sebuah pertanyaan, mengapa kita harus menjaga lingkungan hidup?.

Mereka banyak yang tidak paham terkait hal tersebut karena kurangnya kesadaran, masih banyak sekali orang-orang tidak bertanggung jawab sehingga merusak lingkungan.

Pembuangan sampah sembarangan pun salah satu upaya untuk merusak lingkungan, karena akan menyebabkan banjir dan tempat yang sangat kumuh.

Tentu itu bukan tanpa alasan, yang terjadi malah akan merusak lingkungan, kelestariannya tidak terjaga karena kelakuan yang tidak sadar atas lingkungan hidup.

Artikel ini sekaligus memotivasi kamu agar benar-benar menjaga lingkungan hidup dengan baik dan dengan semestinya, secara kamu adalah kamu yang banyak harus kamu lakukan.

Baca juga : Mengapa Kita Harus Menerapkan Hidup Rukun? Ini 5 Alasannya

Mengapa Kita Harus Menjaga Lingkungan Hidup?

Karena lingkungan adalah tempat tinggal manusia, hewan, atau pun tumbuhan, jika lingkungan itu rusak, yang terjadi adalah semua mahkluk tidak akan bertahan hidup, termasuk manusia.

Buang sampah sembarangan misalnya, bukan hanya menyebabkan banjir, namun juga salah satu upaya untuk meningkatkan penyakit, tentu itu akan menyebabkan manusia tidak akan bisa bertahan.

Penyakit yang terus menular akibat perbuatan manusia itu sendirilah yang seharusnya kita sadari, sehingga untuk tidak lagi melakukan hal tersebut.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Perlu Melestarikan Hewan Langka

Berikut ini 5 alasan yang membuat kamu termotivasi untuk selalu menjaga lingkungan hidup.

5 Alasan Mengapa Kita Harus Menjaga Lingkungan Hidup
Lingkungan, Foto : Istimewa
  1. Jika lingkungan rusak, tumbuhan akan punah, hewan akan punah, dan manusia pun tidak akan bisa bertahan hidup
  2. Jika lingkungan tidak dijaga, misalnya buang sampah sembarangan itu akan menyebabkan banjir
  3. Lingkungan hidup adalah tempat dimana manusia tinggal, jika rusak, dimana manusia akan tinggal?
  4. Jika lingkungan tidak dijaga, yang akan terjadi adalah tercemar, dan tentu manusia dan mahluk lainnya tidak bisa hidup
  5. Sumber kehidupan manusia pun akan hilang ketika lingkungan itu rusak kelestariannya

Sahabat kalem, apakah kamu sekarang sudah bisa sadar? Kalau belum, masa kamu harus menunggu banyak yang mati, baru sadar?.

Sehingga dengan alasan yang tujuannya itu “tidak bisa bertahan hidup” memungkinkan kamu agar termotivasi untuk selalu menjaga kesetaraan lingkungan hidup manusia.

Perlu kamu ketahui, mengapa artikel ini ditulis? Karena banyak sekali orang-orang yang tidak mengkhawatirkan kehidupan, sehingga mereka mencemar lingkungan akibat perusakan yang dilakukan.

Bukan cuma melakukan, misalnya penebangan liar di dekat lingkugnan, tapi membuang sambah sembarangan pun salah satu perusakan yang nyata dan abadi.

Jika masih ada tempat yang tepat untuk membuang sampah, kenapa masih mau membuang secara cuma-cuma? Alias sembaranganan?.

Yang Harus Kita Lakukan Upaya Menjaga Lingkungan Hidup

Setelah kita tahu apa saja alasan mengapa kita harus menjaga lingkungan hidup, kini kita akan mulai mengupayakan apa yang harus kita lakukan guna menjaganya.

Mungkin disini akan dituliskan berdasarkan kebiasaan-kebiasaan manusia yang melakukan hal-hal penyebab rusaknya liingkungan hidup.

Hal ini memang banyak sekali terjadi, termasuk di daerah tempat dimana artikel ini ditulis, sangat disayangkan sekali. Berikut adalah upaya yang harus kita lakukan untuk menjaga lingkungan hidup.

  • Tidak membuang sampah sembarangan, buanglah pada tempatnya
  • Tidak melakukan pemburuan liar terhadap hewan liar
  • Tidak membakar sampah, terutama plastik karena akan menimbulkan banyak penyakit
  • Jangan lakukan penebangan liar, baik di hutan yang jauh dari lingkungan maupun yang dekat dengan lingkungan
  • Utamakan menggunakan produk daur ulang guna mengehmat bahan yang didapatkan dari alm
  • Hemat energi pun salah satu upaya untuk menjaga lingkungan
  • Kalau bisa, gunakan kendaraan umum, tidak akan menyebabkan macet dan hemat bahan bakar yang diambil dari alam

Baca juga : Reboisasi : Pengertian, Contoh, dan Artinya

So, hal-hal tersebut sebenarnya sudah tidak perlu lagi dibahas, namun karena masih banyak sekali orang-orang yang tidak sadar kalau hal itu merusak lingkungan, maka disini pun tertulis.

Sayangnya, meski sudah banyak yang menulis, bahkan menegor secara langsung, mereka tetap melakukan kesalahan itu.

Sebaiknya, cobalah untuk lebih berfikir, utamakan penghijauan ulang ketika ada penebangan, tapi ingat, bukan penebangan liar yang dilakukan ya.

Jadi itlah 5 alasan, mengapa kita harus menjaga lingkungan hidup guna untuk membuat kita tetap bertahan hidup, bahan pangan yang banyak sehingga mampu meng handle kehidupan kita.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.