5 Alasan Mengapa Komposisi Penting Dalam Menggambar

Mengapa Komposisi Penting Dalam Menggambar?

0

Sikalem – Wajib banget kamu ketahui sebelum menggambar, ini adalah mengapa komposisi penting dalam menggambar karena sangat penting dan tidak boleh kamu lewatkan jika ingin melukis gambar.

Hal itu terjadi pada kondisi gambar itu sendiri yang mewajibkan kamu mementingkan komposisi. Alasan mengapa komposisi penting dalam menggambar ada banyak serta tidak dapat kamu rubah.

Jika komposisi tidak kamu perhatikan, kemungkinan gambar yang dihasilkan tidak sesuai dengan yang terjadi nantinya, sehingga untuk memahami itu perlu pengetahuan yang khusus tentang gambar.

Apa itu Menggambar

Membuat Gambar
Membuat Gambar, Foto : Istimewa

Menggambar adalah sebuah proses dimana kita membuat imaji dengan berbagai proses dan trik. Imajinasi dibuatkan pada sebuah kertas atau alat pelukis gambar yang sudah disediakan.

Objek dalam membuat menggambar sangat banyak, tak cuma itu saja ada alasan mengapa komposisi penting dalam menggambar menghasilkan sebuah karya yang luar biasa.

Menggambar termasuk kedalam teknik karya seni yang dibuatkan khusus oleh pelukis atau pelaku menggambar. Dalam sebuah kertas gambar nanti disematkan beberapa titik-titik tertentu sesuai dengan objeknya.

Dibaluti dengan pewarna yang akan membuat gambar terlihat lebih keren dan berkesan, percaya atau tidak membuat gambar sangat diperlukan energi khusus dari kebiasaan dan pemikiran yang luas.

Banyak orang yang sudah berhasil menjadi seorang pelukis handal, dan tentu saja itu semua membutuhkan proses belajar yang luar biasa lamanya.

Baca juga : 4 Alasan Mengapa Seseorang Menulis Surat Pribadi

Pengertian Komposisi Menggambar

Komposisi Menggambar
Ilustrasi Melukis/menggambar, Foto : Istimewa

Sebelum kita mengetahui alasan mengapa komposisi penting dalam menggambar, kita cari tahu terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan komposisi dalam menggambar.

Komposisi dalam menggambar merupakan unsur-unsur karya seni rupa yang wajib diperhatikan. Komposisi dibutuhkan agar gambar disusun dengan menarik, teratur dan serasi.

Sehingga, akan ada banyak alasan yang sesuai pengertian komposisi itu sendiri, lalu kamu tidak akan menghasilkan gambar yang sesuai harapan jika tidak adanya komposisi yang dilakukan.

Jenis-jenis Komposisi Gambar

Melukis
Ilustrasi Melukis, Foto : Istimewa

Terdapat 3 jenis komposisi yang disematkan dalam sebuah gambar, diantara ke-3 tersebut adalah :

  1. Simetris, merupakan hal yang menyeimbangkan gambar yang terjadi akibat bentuk yang berhadapan seperti pinang yang dibelah dua, garis tengah dijadikan acuannya;
  2. Asimetris, yaitu keseimbangan tetap akan terjadi, meski penetapan objek gambar berbeda;
  3. Sentral/radial, dengan nama lain dari simetris majemuk atau memusat dan memutar, adalah kiri berhadapan dengan kanan, dan atas berhadapan dengan bawah.

Mengapa Komposisi Penting Dalam Menggambar

Mengapa Komposisi Penting Dalam Menggambar
Ilustrasi Menggambar Bunga, Foto : Istimewa

Karena kompisisi dalam menggambar merupakan prinsip paling penting, komposisi akan menambah kesan yang indah, gambar yang seimbang, menarik, teratur, dan serasi, serta memperlihatkan gambar itu sendiri. Jika tidak mengatur komposisi, maka gambar akan berantakan.

Tentu saja dibutuhkan sebuah proses dalam hal tersebut, salah satunya adalah penambahan objek-objek sesuai dengan komposisi yang dibutuhkan.

Itulah mengapa komposisi penting dalam menggambar, dalam hal tersebut seharusnya kamu lebih penting memperhatikan itu semua, agar gambar yang kamu buat nantinya menghasilkan karya yang luar biasa.

Kamu yang berusaha menjadi pelukis yang luar biasa, dibutuhkan proses belajar yang sangat lama. Ketika kamu udah berhasil menjadi pelukis, menggambar yang kamu lakukan pun butuh proses.

Bahkan waktu yang dibutuhkan dalam proses sebuah menggambar sangat banyak, jadi dalam melukis gambar tidak semudah yang kita bayangkan.

Tujuan Komposisi Dalam Menggambar

Tujuan Komposisi Dalam Menggambar
Tujuan Komposisi Dalam Menggambar, Foto : Istimewa

Pada alasan mengapa komposisi penting dalam menggambar diatas yang sementara sudah kita temukan, kita sekarang akan mencari tahu dan lebih mendalami lagi apa tujuan komposisi dalam gambar sehingga hal itu sangat penting.

Baca juga : Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Berikut yang menjadi alasan komposisi dengan tujuannya.

1. Menghasilkan Gambar yang Lebih Menarik

Dengan adanya memperhatikan komposisi dalam membuat gambar, alhasil gambar yang dihasilkan nantinya akan menambah kesan yang sangat menarik, sehingga orang yang melihatnya akan tertakjub dengan gambar yang dibuat itu.

2. Mengatur Agar Gambar Tersusun Rapi

Alasan mengapa komposisi penting dalam menggambar adalah untuk mengatur gambar agar tersusun rapi, sehingga gambar yang dihasilkan tidak berantakan dan hasilnya akan sesuai dengan tujuan.

3. Membuat Gambar Lebih Serasi

Lalu, gambar yang dihasilkan akan serasi, keserasian gambar nantinya membuat kesan yang keren dan menakjubkan ketika gambar sudah selesai.

4. Menyeimbangkan Gambar

Gambar yang dihasilkan nantinya akan seimbang sesuai dengan penggunaan dan pengaturan objek, warna, serta memuat hal-hal penting dan menarik dalam gambar itu sendiri.

5. Agar Gambar Teratur

Lalu, mengapa komposisi penting dalam menggambar dikarenakan gambar yang dihasilkan nanti akan teratur, sehingga hasilnya sudah pasti akan menambah ketakjuban orang-orang yang melihat gambar yang sudah dibuat.

Jika Tidak Mengatur Komposisi Gambar

Jika Tidak Mengatur Komposisi Gambar
Ilustrasi Sedang Menggambar, Foto : Istimewa

Sedangkan, jika gambar tidak diatur dengan komposisi, maka gambar yang dihasilkan nantinya tidak akan sesuai dengan apa yang kamu harapkan. Yang terjadi, gambar akan berantakan dan tidak akan memperlihatkan hasil karya yang keren.

Sehingga, pentingnya sebuah komposisi itu ada banyak alasan, hal tersebut penting untuk kamu perhatikan agar menjadi pelukis gambar yang hebat dan andal, menjadi kriteria penggambar yang luar biasa.

Dengan tidak diperhatikannya sebuah komposisi, hasil gambar yang kamu buat malah tidak akan menghasilkan karya seni yang sesungguhnya, sehingga itulah alasannya mengapa komposisi penting dalam menggambar.

Apakah sekarang kamu sudah berhasil menjadi pelukis atau pelaku menggambar yang baik dan andal? Belajarlah terus jika hal itu belum kamu raih, giat dan terus berusaha, pasti suatu saat kamu akan berhasil.

Baca juga : Mengapa Tanggung Jawab Sangat Penting Dalam Diri Seseorang?

Kesimpulan

Menggambar yang didasari dengan sebuah karya yang hebat adalah keindahan yang luar biasa, komposisi pada gambar yang dibuat harus benar-benar diperhatikan agar menghasilkan karya seni yang luar biasa.

Sekarang kita sudah tahu alasannya, mengapa komposisi penting dalam menggambar? Dan alasan itu ternyata benar-benar penting untuk memperhatikan dari komposisi menggambar itu sendiri.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.