5 Alasan Mengapa Manusia Disebut Makhluk Paling Sempurna

0 35

Ada yang belum alasan mengapa manusia disebut makhluk yang paling sempurna dan mulia? Mungkin belum banyak tahu tentang hal tersebut apalagi makhluk Tuhan di dunia sangat banyak.

Tentu admin akan memberikan pengetahuan mengenai alasan mengapa manusia disebut makhluk yang paling sempurna dan yang paling mulia di antara makhluk-makhluk lainnya.

Disini admin tak hanya membahas satu alasan saja, melainkan ada beberapa alasan yang mewakili akan pertanyaan tersebut, dan kamu dapat menikmatinya dengan mudah.

Baca Juga : Pengertian dan Arti Thaharah : Mengapa Thaharah Itu Penting?

Mengapa Manusia Disebut Makhluk yang Paling Sempurna dan Mulia?

Mengapa Manusia Disebut Makhluk yang Paling Sempurna dan Mulia?
ILUSTRASI MANUSIA

Alasan umum manusia disebut makhluk yang paling sempurna karena manusia memiliki akal, wujud dan hawa nafsu, sedangkan malaikat dan jin tidak memiliki wujud dan hawa nafsu, dan hewan tidak memiliki akal.

Meskipun hewan dan manusia sama-sama diberikan otak, namun fungsi otak pada hewan tidak seperti manusia yang dapat difungsikan dengan baik, contohnya saja manusia bisa membangun rumah, sedangkan hewan tidak.

Tak cuma itu saja, ada beberapa alasan yang mewakili manusia sebagai makhluk yang paling sempurna diantara makhluk-makhluk lainnya. Mengingat makhluk hidup di dunia ada 4, yaitu manusia, malaikat, hewan, tumbuhan dan jin.

Berikut alasan-alasan mengapa manusia disebut makhluk yang paling sempurna diantara makhluk yang lainnya.

Baca Juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

1. Manusia Memiliki Otak yang Berfungsi Dengan Baik

Hewan, manusia dan jin memang memiliki otak, akan tetapi otak yang Tuhan ciptakan pada manusia dapat difungsikan sebagaimana dengan semestinya. Kita bisa berfikir, membaca, menulis karena memang fungsinya sangat baik.

Tidak seperti hewan, mereka tidak dapat memfungsikan otaknya karena memang hewan hanya makhluk Tuhan yang diciptakan berbeda dengan manusia.

2. Manusia Dapat Berbahasa Dengan Baik

Hewan tidak dapat berbahasa seperti manusia, bahkan suara hewan yang jenis A dan jenis lainnya berbeda-beda. Seperti Ayam dan Kambing, kedua hewan ini memiliki suara yang berbeda.

Tapi tidak dengan manusia, semua manusia dapat berbahasa sebagaimana dengan semestinya dan tidak ada perbedaan. Mungkin hanya ada beberapa saja yang tidak dpat menggunakan bahasa, seperti difabel.

3. Organ Tubuh Manusia Diciptakan Dengan Sempurna

Umumnya, manusia memiliki tangan, kaki, hati, kepala dan masih banyak lagi organ-organnya. Memang, hewan dan jin pun memiliki organ yang sama, namun tidak sesempurna manusia.

Hewan pun memiliki beberapa jenis, sehingga organ-organnya berbeda, begi juga dengan jin yang tidak terlihat oleh manusia, tapi mereka ada. Itulah kehebatan manusia dibandingkan dengan makhluk yang lain.

4. Manusia Memiliki Hawa Nafsu yang Tidak ada Pada Jin dan Malaikat

Semua manusia diciptakan sang pencipta dengan hawa nafsu, sedangkan hawa nafsu tidak dimiliki oleh kalangan makhluk lain seperti Malaikat dan Jin, alasan ini juga menjadi panutan terbaik.

Diciptakannya pun berbeda antara manusia, malaikat dan jin, jika manusia diciptakan dari Tanah keturunan Adam dan Hawa, sedangkan Malaikat diciptakan dari cahaya dan Jin diciptakan dari api.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Manusia, Malaikat dan Jin, kamu dapat meminta pencerahannya kepada yang sudah ahli, baik itu dari kalangan ulama karena dalam kitab-kitab memang sudah ada keterangannya.

5. Manusia Memiliki Raga yang Tidak Dimiliki Malaikat dan Jin

Selain hawa nafsu yang tidak ada pada Malaikat dan Jin, manusia juga memiliki raga yang tidak ada pada kedua Makhluk tersebut, mungkin raga dimiliki juga oleh hewan.

Dengan raga yang diciptakan pada manusia, maka kita semua terlihat, bahkan oleh Malaikat, Jin dan Hewan, sedangkan Malaikat dan Jin tidak memiliki raga dan kita tidak bisa melihatnya.

Mengapa Manusia Disebut Makhluk yang Paling Sempurna dan Mulia?
ILUSTRASI MANUSIA

Jadi dari kelima alasan itu sudah sangat jelas bahwa perbedaan antara kaum manusia, malaikat, jin dan hewan menonjol, bahkan kita merasakan semua itu dalam keseharian kita.

Kelemahan manusia adalah dapat dibohongi, bahkan sama jin saja kita bisa dibohongi, manusia juga dapat saling berbohong sehingga kesempurnaan yang dimiliki oleh manusia hanya bersifat sementara saja.

Manusia juga makhluk yang paling rakus dan tidak pernah bersyukur, karena memang kita diciptakan dengan hawa nafsu yang tidak ada pada malaikat dan golongan jin.

Contohnya saja dari kehidupan kita sehari-hari, mendengarkan musik dengan menggunakan hape, tapi karena kita tidak puas, kita tambahkan pengeras suara, masih tidak pusa menggunakan headphone langsung ke telinga.

Baca Juga : Arti Istiqomah dan Alasan Mengapa Kita Harus Istiqomah?

Dari hal itu saja sudah terlihat kalau manusia makhluk yang sempurna, tapi tidak pernah merasakan kesyukuran.

Dan kini kita sudah tahu ternyata ada 5 alasan mengapa manusia disebut makhluk yang paling sempurna diantara makhluk lainnya yang juga telah Tuhan ciptakan di alam semesta ini.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.