5 Alasan Ternate Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis

Apa Alasannya, Mengapa Ternate Melakukan Perlawanan Terhadap Portugis? Ini Alasannya

0 824

Mungkin besar ini adalah jawaban terakit pertanyaan dalam soal ujian, dan kamu harus mencari tahu serta menjawab alasan Ternate melakukan perlawanan terhadap bangsa Portugis.

Terkait dengan hal tersebut, disini tentunya admin akan senang memberikan kamu jalan untuk dapat menjawab pertanyaan dengan tepat. Karena admin sudah berhasil menemukan beberapa alasan Ternate melakukan perlawanan.

Tapi selebihnya kamu harus memperhatikan diri kamu sendiri, kenapa kamu sulit memahami pertanyaan tersebut? Karena kamu malas belajar.

Alasan Ternate Melakukan Perlawanan

Meskipun kala itu bangsa Portugis diterima untuk mendirikan benteng, tapi semakin lama, Ternate melakukan perlawanan karena bangsa portugis serakah, hinga ikut campur agama di daerah Ternate.

Namun, seperti yang admin katakan ada beberapa hal yang menyebabkan Ternate melakukan perlawanan terhadap bangsa portugis.

Berikut alasannya:

  1. Bangsa Portugis memonopoli perdagangan rempah-rempah
  2. Portugis membunuh Sultan Khairun yang membuat Ternate melakukan perlawanan
  3. Bangsa Portugis sangat serakah
  4. Mengikut campur pemerintah di Ternate
  5. Bersikap sewenangnya, dan membenci agama di Ternate

Dari alasan tersebut lah mengapa Ternate melakukan perlawanan terhadap Portugis kala itu, salah satu faktor utama adalah pembunuhan Sultan karena mereka sangat serakah ingin menguasai perdagangan di daerah tersebut.

Ini adalah sejarah yang seharusnya kamu pahami, dan singkat sejarahnya kamu dapat melihat bacaan dan membacanya dibawah ini.

Baca juga : 12 Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Sejarah Singkat Ternate Melakukan Perlawanan

Karena alasan Ternate melakukan perlawanan yang salah satunya adalah karena pembunuhan Sultan Khairun pada saat itu, berikut ini singkat sejarah yang dapat kamu pahami ya.

Pada kedatangannya di Maluku, tahun 1512, Portugis mendapatkan izin dari Sultan Ternate untuk berdagang disana.

Kala itu di pimpin oleh Abtonio De Azevedo, kemudian mereka membangun benteng di Bacan dan Ternate, namun akhirnya membuat Ternate rusak.

Rusaknya Ternate kala itu disebabkan oleh Portugis yang ingin menguasai perdagangan remapah-rempah sepenuhnya, tentu ini mendapatkan penolokan karena adanya monopoli.

Pada tahun 1570, Gubernur Portugis (25 Februari 1570) di Maluku membunuh Sultan Khairun, dari kejadian itu akhirnya anak Sultan Khairun yang bernama Kaicil Baab menyeru rakyat untuk melakukan perlawanan.

Akhirnya, Ternate berhasil mengusir Portugis pada tahun 1571 dari Ambon, dan akhirnya Portugis berhasil di usir untuk selamanya pada tahun 1575.

Sultan Baabullah diberi gelar Penguasa 72 Negeri atas keberhasilan pengusiran bangsa Portugis kala itu.

Kurang lebih seperti itulah singkat cerita terkait terjadinya perlawanan Ternate terhadap Portugis yang tak lain, akibat dari beberapa hal yang sudah admin jelaskan diatas.

Dan ini mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan terkait dengan apa yang sudah admin jelaskan diatas, sehingga admin harus mengakhiri artikel ini.

Maaf ya, sejarah tersebut admin temukand ari Brainly yang sudah beberapa kali admin baca, mungkin ada kesalahan dari sejarah tertulis.

Jadi itulah alasan Ternate melakukan perlawanan terhadap bangsa Portugis kala itu, semoga apa yang admin sampaikan bermanfaat ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.