5 Bahasa Balinya Ibu dan Ayah yang Benar

Bahasa Balinya Ibu dan Ayah Apa Sih? Ini Ungkapan Ibu dan Ayah Dalam Bahasa Bali

0 627

Indonesia adalah negara keragaman yang terdiri dari budaya, ras, suku, agama dan yang lainnya, sedangkan penyebutan bahasa di setiap daerah itu berbeda, seperti bahasa balinya ibu dan ayah yang jelas memiliki perbedaan.

Namun, meski banyak perbedaan, kita tetap sama yaitu Indonesia.

Dalam pembelajaran bahasa kali ini, admin akan bergai apa bahasa balinya ibu dan ayah yang dapat kamu ungkap ketika berada di Bali?

Silakan kamu simak penjelasan admin berikut yang sudah berhasil admin temukan dari berbagai sumber terpercaya tentunya.

Bahasa Balinya Ibu dan Ayah

5 Bahasa Balinya Ibu dan Ayah
Foto : Istimewa

Ibu dalam bahasa bali adalah (Biang, Meme, dan Ibu), sedangkan ayah dalam bahasa Bali adalah (Bapak atau Aji). Dalam pengucapan bahasa Bali, tak jarang orang yang menggunakan istilah Ibu dan Bapak untuk mengungkapkannya.

Maka berarti sama saja ya, hanya ada beberapa saja yang menjadi pembeda, karena sudah sangat jelas bahasa utama kita adalah bahasa Indonesia.

Sama dengan bahasa Sunda, banyak yang mengutamakan Bapak dan Ibu, tapi kalau untuk ibu lebih mengutamakan emak sih sebenarnya kalau dalam bahasa Sunda.

Namun, apapun itu tetap saja kita harus menjadi satu dalam perbedaan ya, seperti yang terbiasa admin sebutkan dalam pembahasan-pembahasan yang lain yang berhasil admin muat.

Pasangan Ibu dan Bapak Dalam Bahasa Bali

Sedangkan, meskipun bahasa balinya ibu dan ayah ada beberapa, ternyata itu ada berpasangan loh, misalnya pasangan ungkapan ibu adalah ayah.

Dalam bahasa Bali pun sama saja, pasangan Biang adalah Aji, sedangkan pasangan Meme pasangannya Bapak.

Seperti yang biasa diucapkan oleh masyarakat Bali, jadi ada berpasangan dalam pengucapan itu, tapi tetap saja maknanya satu ya, enggak banyak kok.

Nah, sahabat kalem, mulai detik ini kamu harus yakin bahwa kamu bisa mempelajari bahasa daerah yang ada di Indonesia karena lumayan banyak juga sih sebenarnya, mulai dari Sabang hingga Merauke.

Baca juga : Bahasa yang Digunakan Untuk Menyatakan Sesuatu Dalam Teks Negosiasi

Contoh Pengucapan Ibu dan Ayah

Ibu dan Bapak Dalam Bahasa Bali
Ibu dan Bapak Dalam Bahasa Bali

Meskipun memang tidak perlu admin ulas, tapi untuk memenuhi kebutuhan saja ya, maka admin pun bergegas untuk memberi sedikit contoh dalam upaya untuk membuat kamu semakin paham.

Berikut contoh penggunaan kata ibu dan ayah dalam bahasa bali yang biasa digunakan atau diucapkan oleh masyarakat setempat.

  • Meme, Bapak sudah pulang
  • Aji, biang kemana?
  • Meme, bapak mau pergi kemana ya?

Meski memang admin tidak bisa memberikan contoh sepenuhnya bahasa Bali, aka tetapi tetap saja itu sudah membantu kamu ya sahabat kalem.

Seputar Bali

Bali merupakan pulau kecil yang berdekatan dengan pulau Jawa, dimana Bali adalah pesona Indonesia yang sudah tidak asing lagi bagi telinga.

Dulu admin pernah memiliki teman cewek orang Bali, ketika admin bekerja di Bekasi, tapi sekarang admin sudah tidak tahu lagi dia ada dimana.

Bali yang merupakan provinsi di Indonesia selalu menjadi keistimewaan, karena selalu saja memikat wisatawan asing, banyak sekali orang asing yang tinggal di Bali.

Pantai salah satu hal yang menjadi maskot Provinsi Bali itu, merupakan keunikan tersendiri yang tentunya bagian dari surga wisata di Indonesia.

Dalam hal tersebut kita harus bangga memiliki banyak pulau dan perbedaan, karena menjadi Indonesia nampak istimewa di mata dunia, salah satunya adalah wisatawan yang luar biasa.

Bali Bagi Warga Asing

Faktanya, dari sekian banyaknya wisata di Indonesia, Bali menjadi bagian yang selalu di utamakan oleh asing, lihat saja di Bali, begitu banyaknya WNA yang tinggal disana.

Tapi bukan berarti di wisata lainnya tidak ada WNA yang berwisata, kamu dapat juga ke Raja Ampat, pasti ada orang asing disana yang menikmati pesona Indonesia.

Maka, kita lahir di negara yang luar biasa ini jangan sampai ada perpecah belah antara beberapa pihak “Hanya karena perbedaan saja”.

Kita harus tetap bersatu ya sahabat kalem.

Baca juga : Makna Kata Empati Menurut Bahasa Resmi

Kesimpulan

Maka, dari sekian banyaknya bahasa di Indonesia tidak mudah kita kuasai semuanya, yang penting kita paham dan bisa mengucapkan bahasa Indonesia, karena itu bahasa utama kita.

Dan itulah bahasa Balinya Ibu dan ayah yang dapat admin sampaikan dengan pembahasan detail juga akan membuat kamu paham.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.