5 Makna yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda

Makna yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda Adalah 5 Makna Berikut Ini

0 70

Sumpah Pemuda adalah suatu tonggak utama dalam kemerdekaan Indonesia, ini merupakan kristal untuk menangkat semangat Indonesia, sedangkan makna yang terkandung dalam sumpah pemuda adalah ada 5 yang akan kita bahas.

Mungkin orang-orang hanya tahu isi yang terkandungnya saja tanpa tahu apa saja makna yang terkandung dalam sumpah pemuda yang merupakan tonggak penyemakan bangsa ini.

Maka dari itu, akan kita ketahui sekarang juga untuk membuat kamu semakin yakin dalam hal-hal kebangsaan yang nyata dan abadi.

Makna yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda Adalah

Makna yang Terkandung Dalam Sumpah Pemuda Adalah
Makna Sumpah Pemuda, Foto : Bola.com

Makna utama atau kunci utama dari sumpah pemuda adalah bukti janji putra dan putri Indonesia yang berbangsa serta bertanah air yang satu, yaitu Indonesia.

Namun, kamu juga harus tahu bahwa makna sumpah pemuda seperti yang admin telusuri lebih dari apa yang sudah admin jelaskan.

Berikut makna selengkapnya yang menjadi poin penting.

  1. Sumpah pemuda adalah bukti janji putra dan putri Indonesia yang berbangsa dan bertanah air
  2. Meski Indonesia memiliki keragaman budaya dan bangsa, namun kita harus tetap bersatu sebagaimana Bhineka Tunggal Ika
  3. Memunculkan rasa persatuan dan kesatuan yang kokoh
  4. Memunculkan toleransi yang abadi dan saling menghargai dan saling mendukung sesama bangsa Indonesia
  5. Bahasa yang ada di Indonesia sangat banyak, namun bahasa utamanya adalah Bahasa Indonesia yang merupakan kesatuan sebagai alat komunikasi resmi di negara kita

Baca juga : Makna Pepatah Dimana Bumi Dipijak, Disana Langit Dijunjung

Jawaban tersebut berdasarkan apa yang sudah admin temukan dari Brailny, yang tentunya sudah banyak yang meyakini makna dari sumpah pemuda tersebut.

Namun, mungkin sebenarnya masih banyak lagi makna yang tersirat didalamnya, akan tetapi cukup dengan apa yang admin jelaskan diatas susah cukup untuk kamu.

Isi Teks Naskah Sumpah Pemuda

Teks Sumpah Pemuda
Teks Sumpah Pemuda, Foto : IDNTimes.com

Kita sudah menemukan makna yang terkandung dalam sumpah pemuda, dan perlu kamu tahu juga isi naskah yang ada pada Sumpah Pemuda ini.

Berikut isi teks sumpah pemuda:

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.”

“Kami Putra dan Putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.”

Ada tiga poin/kalimat yang tertulis pada sumpah pemuda yang benar-benar bermakna, seperti pada 3 poin diatas yang juga makna utamanya sudah admin sebutkan.

Pada poin pertama diatas bermakna tentang bukti janji putra dan putri, poin kedua adalah persatuan dan kesatuan, serta poin ketiga bahasa Indonesia yang merupakan bahasa nasional untuk di junjung.

Poin-poin admin uraikan menjadi 5 makna seperti yang tertulis diatas, guna memudahkan kamu dalam memahami apa yang dimaksud dalam pembahasan ini.

Apakah kamu sudah dapat memahami apa yang admin maksud diatas? Jika sudah, sebaiknya kamu benar-benar mencerna makna yang terkadung dalam sumpah pemuda tersebut.

Baca juga : 12 Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Pencipta Sumpah Pemuda

Muhammad Yamin adalah tokoh yang menjerumuskan sumpah pemuda 28 Oktober 1928, sedangkan yang mengucapkan sumpah pemuda adalah pemuda pemudi Indonesia.

Sebagaimana dengan teks dan makna yang terkandung dalam sumpah pemuda ini, kamu adalah salah satu orang yang berperan dalam sumpah pemuda.

Kamu harus bisa menjadikan negara ini jauh lebih baik, kamu harus bisa mengangungkan bangsa Indonesia meskipun perbedaan yang banyak.

Tapi kamu adalah penerus bangsa yang aktif, kamu adalah penerus bangsa yang bisa membanggakan Indonesia, para pejuang dan ayah ibumu juga.

Tujuan Sumpah Pemuda

Selain makna yang terkandung dalam sumpah pemuda, admin juga ingin sekali memberi kamu penjelasan terkait dengan tujuan sumpah pemuda, agar kamu tahu tujuannya apa.

Berdasarkan teks dan makna yang tertulis, sumpah pemuda bertujuan untuk membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda dan pemudi Indonesia setanah air.

Kalau dulu untuk melawan serta mengusir para penjajah dan menentangnya, tapi sekarang ini untuk membangkitkan semangat dan membagakan negara.

Karena kita sekarang sudah menjadi negara merdeka yang abadi, tidak akan ada lagi yang bisa menjajah negara kita karena pemua dan pemudinya semangat.

Baca juga : 12 Faktor Penyebab Keberagaman Suku Bangsa dan Budaya di Indonesia

Kesimpulan

Nah sudah dijelaskan beberapa poin terkait dengan sumpah pemuda yang harus kamu cerna, karena ini tonggak utama kehidupanmu sebagai bangsa Indonesia.

Maka makna yang terkandung dalam sumpah pemuda adalah 5 makna yang sudah diuraikan serta di jelaskan secara singkat diatas, silakan kamu simak ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.