5 Panggilan Paman dan Bibi Dalam Bahasa Sunda

0 5.319

Secara umum, panggilan paman dan bibi dalam bahasa Sunda memiliki beberapa ungkapan, sama halnya dengan panggilan kakek dan nenek yang sebelumnya pernah admin bahasa yang memiliki 9 ungkapan.

Namun berbeda dengan paman dan bibi, mungkin tak sebanyak dengan kakek atau nenek, tapi kamu tidak akan heran karena akan tahu apa saja panggilan paman dan bibi dalam bahasa Sunda.

Sebaiknya, kamu memperhatikan terlebih dahulu kondisi sekarang, kalau belum cuci tangan, coba cuci tangan dulu, kalau belum sarapan, coba sarapan dulu, kalau kamu mau keluar, jangan lupa pakai masker.

Panggilan Paman dan Bibi Dalam Bahasa Sunda

Paman dalam bahasa Sunda di panggil “Mamang, Amang dan Mang” sedangkan Bibi, umumnya dipanggil “Bibi” tapi bisa juga dipanggil “Ateu” tergantung daerah yang berbahasa Sunda, kalau admin biasanya menggunakan panggilan Mamang dan Bibi.

Dalam bahasa sehari-hari, tentu Sunda pun tentu saja memiliki beberapa perbedaan. Ya bahasa daerah ini berada di Provinsi Jawa Barat dan Banten, sedangkan ada banyak macam jenis bahasa Sunda yang ada di kedua provinsi tersebut.

Mungkin sampai pembahasan ini kamu sudah mengerti, sebut saja yang lebih umum digunakan adalah Mamang dan Bibi, karena memang memiliki kesamaan antara bahasa daerah yang ada di Indonesia, karena tetap saja kita nginduk ke bahasa Nasional.

Contoh Penggunaan

Jadi, sekarang kita sudah tahu panggilannya didalam bahasa Sunda, maka untuk lebih mendapat pengetahuan yang dalam, kita sekarang akan mulai melihat contoh penggunaan dari panggilan tersebut.

Untuk panggilan Paman “Mamang abdi enjing bade ka Jakarta” (Paman saya besok mau ke Jakarta).

Untuk panggilan Bibi “Bibi abdi kamari nembe dongkap ti Banten” (Bibi saya kemarin baru datang dari Banten).

Oke contoh tersebut dapat kamu jadikan sebagai referensi yang lebih lengkap agar tidak ada kejanggalan atas apa yang sedang admin bahas saat ini, hal itu pun agar kamu merasa lebih mudah dalam menggunakan bahasa Sunda.

Ada lagi yang ingin kamu sampaikan? Kalau ada, silakan isi komentar ya, kalau nanti admin tahu jawabannya, maka admin jawab pertanyaan tersebut dengan penjelasan lebih lengkap, kalau enggak tahu ya admin akan berusaha mencari tahu.

Demikian penjelasan dan pengetahuan mengenai panggilan paman dan bibi dalam bahasa Sunda yang dapat kamu nikmati, semoga apa yang tertulis diatas bermanfaat, jangan lupa jaga kesehatan dimasa Pandemi ini.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.