8 Alasan Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia

8 Alasan Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia
8 Alasan Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia

Sikalem – Pernahkah kamu berfikir untuk membangun ekonomi kreatif di negara kita? Sedangkan ada banyak sekali alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia yang harus kamu ketahui.

Tentu saja bukan tanpa alasan, dengan membangunnya ekonomi kreatif di Indonesia, potensial yang sungguh besar itu akan didapatkan di negara kita.

Sehingga banyak juga potensial yang memberikan alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia. Tak hanya satu atau dua saja, melainkan ada 8 bahkan bisa lebih banyak lagi.

Disini kita akan menjelaskan dan membahas hal ini seperti apa yang harus kamu pahami berdasarkan pengertian secara harfiah.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi?

Baca juga: 6 Jawaban : Mengapa Kita Harus Menghemat Energi?

Baca juga: Manfaat Kegiatan Ekonomi Pada Bidang Jasa Adalah Berikut Ini

Apa itu Ekonomi Kreatif?

Menurut wikipedia bahasa Indonesia, Ekonomi kreatif merupakan suatu konsep yang diterapkan pada ekonomi baru yang mengintensifkan informasi dan kreatifitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan.

Ide serta pengetahuan tersebut berasal dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi yang diutamakan. Keberadaan ini biasanya didukung oleh keberadaan industri kreatif yang menjadi pengejawantahannya.

Dalam pengertian tersebut, sementara kamu meminta alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Sebaiknya kamu juga harus memahami pengertian yang sudah dicatat diatas.

Bukannya apa, admin sengaja mencoba memberikan pengertian singkat yang sesuai dengan apa yang admin ketahui agar kamu pun lebih dalam memahami semua itu.

Mengapa Ekonomi Kreatif Penting Dibangun di Indonesia?

Indonesia sangat penting untuk membangun dan menerapkan ekonomi kreatif di Indonesia. Banyak sekali potensi yang didapatkan, salah satu potensi mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia karena bisa mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan.

Berikut adalah potensi-potensi lengkap, dan juga jawaban yang tepat untuk memberikan sebuah alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia.

Ekonomi Kreatif
Ekonomi Kreatif, Foto: Istimewa

  1. Membangun citra serta identitas bangsa.
  2. Memberikan kontribusi ekonomi secara signifikan.
  3. Menghasilkan iklim bisnis yang begitu positif.
  4. Memberikan dampak sosial yang lebih positif.
  5. Mengembangkan ekonomi yang berbasis kepada sumber daya terbaharukan.
  6. Mencipatakan inovasi dan kreatifitas bangsa.
  7. Dapat mengurangi angka pengangguran.
  8. Mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

8 hal diatas yang menjadi suatu hal mengapa kita di Indonesia perlu membangun dan mengembangkan ekonomi kreatif.

Sementara itu, bagi sebagian orang memang akan sulit menerapkan hal ini, tapi tidak akan merasa kesulitan setelah semuanya berhasil diterapkan.

Jadi, pada beberapa hal yang sangat bagus untuk menciptakan sebuah keberhasilan yang positif, tentu saja kita memang perlu dan penting menerapkan ekonomi kreatif ini.

Menerapkan Ekonomi Kreatif

Seperti yang admin telah rangkum diatas dengan beberapa poin penting bahwa ada banyak sekali potensi yang menjadi alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia.

Dengan begitu, kita yang ingin mengurangi angka pengangguran, kemiskinan, dan berkontribusi kepada negara serta memiliki pendapatan yang secara nyata, alangkah baiknya kita mencoba menerapkan ekonomi kreatif.

Ada banyak contoh ekonomi kreatif yang tentu saja menjadi terobosan baru dan menjadi inspirasi bahwa kita juga bisa menerapkan hal ini dari diri kita sendiri.

Dengan demikian, sesuatu yang istimewa pun secara nyata dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Contoh Ekonomi Kreatif

Setelah kita mengetahui alasan mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia, sekarang kita coba mencari tahu apa saja contoh ekonomi kreatif. Mungkin selama ini kamu tidak tahu apa saja yang termasuk kedalam ekonomi kreatif?

Berikut ini beberapa contoh ekonomi kreatif yang ada di Indonesia, dan mungkin dapat juga kamu terapkan ya.

Ekonomi kreatif
Ekonomi kreatif, Foto: Istimewa

1. Teknologi

Dengan berjalannya sebauh waktu, semakin kesini semakin maju, smartphone menjadi alat yang paling melekat dalam diri manusia saat ini. Yang perlu kamu ketahui bahwa teknologi adalah contoh dari ekonomi kreatif yang ada saat ini.

2. Fashion

Lalu fashion pun menjadi salah satu ekonomi kreatif yang saat ini menjadi bisnis yang luar biasa di terapkan di negara kita, maka dari itu kamu pun harus bisa menjadi orang yang memanfaatkan keadan yang lebih baik lagi, jangan hanya menjadi penonton saja.

3. Digital Marketing

Kembali kepada dunia teknologi dan digital, sebuah pemasaran digital menjadi salah satu alternatif ekonomi kreatif dengan cara memasarkan sebuah produk atau layanan di dunia digital, dan bisa dikerjakan di rumah sekaligus.

4. Kuliner

Kuliner pun menjadi salah satunya yang harus kamu perhatikan dan harus kamu ketahui, dengan begini kamu akan mencoba menjadi orang yang bisa memanfaatkan kondisi yang ada.

5. Desain Interior

Lalu, kita bisa mencoba menebak apakah desain interior termasuk kedalam ekonomi kreatif? Dan tentu saja jawabannya iya. Maka kamu yang sudah menjadi desain interior itu berarti kamu menerapkan ekonomi kreatif.

Nah shabat kalem, jadi diatas adalah contoh yang dimaksud, seperti potensi yang dihasilkan dan juga contoh yang sudah admin berikan itu benar-benar meyakinkan bahwa penting sekali untuk membangun ekonomi kreatif.

Jadi, itulah alasannya, mengapa ekonomi kreatif penting dibangun di Indonesia? Ternyata banyak potensi yang dihasilkan, seperti contohnya juga sudah admin terapkan diatas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.