6 Arti Kata Wawasan dan Contohnya

Berikut Adalah 6 Arti Kata Wawasan Beserta Contohnya

0

Sikalem – Terkadang tidak mudah dalam menemukan dan mencari wawasan, namun apakah kamu tahu apa arti kata wawasan yang dimaksud?

Sesuai dengan apa yang sudah tercantum dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), jadi saya rasa disini akan saya uraikan kembali agar kamu lebih mudah dalam memahami semua itu.

Arti Kata Wawasan

Secara harfiah, tercantum dalam KBBI, wawasan adalah tinjauan atau pandangan terhadap sesuatu yang sebelumnya sudah ditinjau atau di wawas. Artinya, wawasa ini pandangan seseorang tentang sesuatu hal tersebut.

Namun, secara definisi, wawasan ini terdiri dari 6 makna, yang berikut ini adalah secara keseluruhan dari kata wawasan, diantaranya:

  1. Hasil Wawasan
  2. Tinjauan
  3. Pandangan
  4. Konsepsi
  5. Cara pandang
  6. Hasil dari apa yang sudah kita temukan
Arti Kata Wawasan
Ilustrasi, Foto : Istimewa

Maka, dengan begitu sahabat kalem harusnya benar-benar memahami secara lebih mendalam, guna untuk tidak bingung lagi dalam memahami kosakata tersebut.

Jika ada pertanyaan, apakah penelitian itu sudah diwawas? Artinya apakah sahabat sudah mewawas atau meninjau penelitian tersebut, lantas apa konsep yang sudah sahabat pahami?

Nah, jadi sebenarnya memang agak sulit sih dalam menanggapi makna dari kosakata ini, namun itu tidak sulit jika sahabat benar-benar mencernanya.

Baca juga : Arti Reservasi : Pengertian, Jenis dan Makna Kata Reservasi

Contoh Wawasan

Jadi kemungkinan besar pada arti kata wawasan yang sudah saya bahas diatas dapat sahabat simak kembali bahwa ada sedikit contoh yang sudah tertulis.

Namun, saya akan bertanya, dari pembahasan ini apa yang sudah kamu dapatkan? Dan itulah contoh wawasan, jadi apa yang sudah sahabat temukan dari topik pembahasan ini.

Itu juga salah satu contohnya loh, bahkan sering ditulis “semoga menambah wawasan”, yang artinya semoga menambah pemahaman, pengetahuan, dan hasil yang sudah sahabat dapatkan.

Mungkin seperti itu saja sudah kamu pahami dengan apa yang dimaksud pada artikel ini, guna menambah wawasan tentang makna atau arti wawasan.

Wawasan
Ilustrasi, Foto : Istimewa

Nah, lagi-lagi saya sebutkan, makanya itu saya jadikan contoh, namun jika kamu keberatan bisa mencoba mencerna terlebih dahulu dan sahabat beri masukan melalui komentar ya.

Baca juga : Koda Adalah : Pengertian, Fungsi, dan 2 Arti Koda

Fungsi Wawasan

Mungkin sahabat sudah mendapatkan pemahaman yang dijelaskan, akan tetapi apakah sahabat sudah paham apa fungsi wawasan? Maka tak hanya arti kata wawasan saja yang akan saya jelaskan, namun juga akan fungsinya.

Secara umum, fungsinya adalah untuk menentukan kebijaksanaan, pedoman, dorongan juga motivasi, baik itu untuk diri sendiri maupun untuk orang lain.

Namun mungkin sahabat juga tidak paham apa itu fungsi wawasan nusantara?

Sama halnya dengan wawasan secara umum, wawasan nusantara berfungsi sebagai pedoman, dorongan, motivasi untuk menentukan kebijaksanaan, keputusan, maupun tindakan.

Makanya enggak perlu lagi sahabat bingungkan ya, itu sudah menjadi bahasa sehari-hari, makanya saya membahas ini untuk sahabat kalem.

Baca juga : 30 Arti dan Sinonim Kata Mendongkrak Dalam KBBI

Kesimpulan

Pada dasarnya, wawasan ini adalah apa yang kita cerna dari sesuatu pengetahuan yang sebelumnya tidak kita ketahui, guna untuk menambah ilmu, karena simpelnya adalah menambah ilmu.

Jadi itulah arti kata wawasan yang dapat saya jelaskan, semoga ini menjadi hal yang dapat kamu cerna dengan semestinya seperti tujuan yang saya inginkan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.