6 Ciri-ciri Kingdom Plantae Beserta Jenis dan Pengertiannya

0 6

Apa itu kingdom plantae? Apa saja ciri-ciri kingdom plantae? Mungkin kamu heran dengan yang dimaksud diatas, atau yang sudah tahu ingin mengetahui apa saja ciri-cirinya?.

Nah pada kesempatan kali ini, khususnya untuk sahabat kalem admin akan berbagi sebuah pengetahuan mengenai ciri-ciri kingdom plantae juga singkat pengertian yang admin ketahui.

Sedangkan yang sudah tahu pengertiannya, kamu langsung bisa bergeser kebawah untuk mengetahui ciri-ciri daripada apa yang sedang kita bicarakan ini.

Pengertian Kingdom Plantae

Pengertian Kingdom Plantae
ISTIMEWA

Kingdom plantae adalah tumbuhan, yaitu salah satu organisme ekuariotik multiseluler yang memiliki klorofil serta memiliki dinding sel.

Klorofil sendiri merupakan zat hijau daun yang berfungsi sebagai fotosintesis yang mampu membuat tumbuhan menghasilkan makanannya sendiri tanpa adanya bantuan-bantuan dari luar.

Tentu saja kingdom plantae ini berbeda dengan kingdom animalia, karena kita lihat sendiri tumbuhan sama sekali tidak bisa bergerak, dia menetap hanya saja bergerak ditempat.

Ciri-ciri Kingdom Plantae

Ciri-ciri Kingdom Plantae
ISTIMEWA

Sebetulnya, ciri-ciri kingdom plantae ini sangat mudah kita pahami, apalagi dari pengertian diatas susah kita ketahui bahwa kingdom plantae merupakan tumbuhan yang umum kita temukan.

Namun mungkin karena ada banyak ciri-cirinya, sehingga membuat kita kesulitan menemukan semua, kita hanya bisa melihat dari luarnya saja, sedangkan apa yang ada didalamnya kita tidak tahu sama sekali.

Baca Juga : 9 Manfaat dan Ciri Ciri Hutan Hujan Tropis

1. Mempunyai Klorofil

Secara umum, ciri-ciri kingdom plantae memiliki klorofil yang berfungsi sebagai fotosintesis sebagaimana yang admin sampaikan diatas yang mana tumbuhan dapat menghasilkan makanannya sendiri.

2. Terdapat Dinding Sel yang Tersusun Selulosa

Kemudian bisa kta cirikan kalau kingdom plantae ini memiliki dinding sel yang tersusun oleh Selulosa, yaitu senyawa organik yang tersusun rantai-rantai sangat banyak. Kamu bisa mencari tahu lebih lanjut tentang selulosa.

3. Bisa Menghasilkan Makanan Sendiri

Pada poin pertama admin tegaskan bahwa dia memiliki klorofil, nah ternyata makanan yang dihasilkannya itu dibantu oleh cahaya sinar matahari yang menyinari dirinya.

4. Dapat Menyimpan Cadangan Makanan

Ciri-ciri kingdom plantae bisa kita lihat dari fungsi cadangan makanannya, umumnya dia mempunyai cadangan dalam bentuk amilum (pati).

5. Termasuk Organisme Eukariotik Multiseluler

Atau memiliki membran inti yang tersusun atas banyak jaringan sehingga membentuk organ. Kemudian organ membentuk sistem yang selanjutnya membentuk individu.

6. Mengalami Pergiliran Keturunan

Pada siklus hidupnya, kingdom plantae memiliki pergiliran keturunan. Hal ini pun sama dengan poin-poin diatas yaitu sebagai salah satu ciri dari kingdom plantae.

Nah ke-enam ciri-ciri diatas menjadi patokan untuk menetapkan apakah itu kingdom planate? Karena meskipun kita sudah tahu bahwa itu adalah tumbuhan, tapi kita tidak tahu bagaimana ciri-cirinya?.

Jenis-jenis Kingdom Plantae

Jenis-jenis Kingdom Plantae
ISTIMEWA

Meski ciri-ciri kingdom plantse diatas menjadi acuan untuk mengetahuinya, akan tetapi secara umum dan menurut yang admin telusuri bahwa kingdom ini memiliki dua jenis.

Memang tak mudah membeberkan secara lebih detail tentang suatu pengetahuan yang belum kita ketahui, akan tetapi admin akan terus mencoba agar sahabat kalem semakin menambah banyak ilmu.

Jenis-jenis kingdom plantae terbagi menjadi beberapa, diantaranya:

1. Lumut (Bryophyta)

Merupakan anggota dari kingdom plantae yang tidak memiliki pembuluh, namun dia punya batang dan daun yang dapat diamati. Kalau kamu mau tahu ciri-ciri kingdom plantae, maka salah satu jenisnya adalah lumut.

2. Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Pteridophyta atau tumbuhan paku merupakan tanaman berpembuluh akan tetapi tidak memiliki biji, tumbuhan paku juga sering dikenal dengan nama vaskular. Xilem dan Floem adalah pembuluh dari Pteridophyta.

3. Biji Tertutup (Angiospermae)

Jenis kingdom plantae yang ketiga adalah biji tertutup atau nama latinnya Angiospermae. Salah satu ciri-cirinya adalah bunga yang dikembangkan dari serbuk sari dan ovula.

4. Biji Terbuka(Gymnospermae)

Dan jenis yang terakhir adalah Gymnospermae atau biji terbuka. Sesuai namanya maka jenis tumbuhan ini memiliki biji yang tidak dibungkus oleh daging buah (Dinding Ovarium), biasanya terbentuk jarum serta tidak memiliki bunga.

Gerak Pada Tumbuhan

Gerak Pada Tumbuhan
ISTIMEWA

Pada tumbuhan terdapat rangsangan yang disalurkan melalui plasma sel (Plasmodesmata) kemudian disalurkan menuju noktah (Celah) yang letaknya ada diantara dinding sel.

Respon akan ditanggapi setelah rangsangan dibaca oleh nukleus. Bahasa-bahasa seperti ini admin kesulitan memaknainya. Namun gerak tumbuhan dibagi menjadi tiga macam gerak, yaitu:

  • Gerak Higroskopis
  • Gerak Endonom
  • Gerak Esinom

Ketiga jenis gerakan diatas adalah jenis-jenis gerak tumbuhan, ya meskipun hanya gerak ditempat, tapi tetep saja dia bergerak karena tumbuhan juga adalah mahluk hidup.

Sampai disini, apakah menurut kamu sudah lengkap dan kamu sudah paham? Jika iya maka itulah ciri-ciri kingdom plantae beserta dengan jenis dan pengertiannya yang sudah tertulis.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.