7 Alasan Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua

Kenapa sih, Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua? Ini Dia Alasannya

0 2.983

Sebutan orang tua adalah Ayah dan Ibu, namun orang tua juga bisa orang lain yang lebih tua dari kita, lalu mengapa kita harus menghormati orang tua?

Disini admin akan menjelaskan bukan hanya untuk ayah dan ibu saja, melainkan alasan mengapa kita harus menghormati orang tua yang juga orang lain yang lebih tua.

Hal ini bisa dipahami sendiri karena orang tua yang dimaksud tak hanya ayah dan ibu ya, seperti yang sudah admin singgung diatas.

Mengapa Kita Harus Menghormati Orang Tua?

Mengapa kita harus menghormati orang tua
Tangan Anak dan Orang Tua, Foto : Istimewa

Ayah dan ibu adalah kedua orang tua yang harus kita hormati karena tanpa mereka kita tidak akan pernah ada hingga saat ini, jasa kedua orang tua tidak pernah terbalaskan dan tidak pernah ada yang bisa menandingi oleh siapapun.

Kita harus patuh dan mengikuti apa yang mereka katakan kepada kita, karena apapun ucapan ibu dan ayah adalah yang terbaik untuk anaknya.

Tak hanya itu saja, bukan hanya orang tua ibu dan ayah sendiri, kita juga harus menghormati orang tua (orang lain) karena mereka lebih tua daripada kita, kita harus berperilaku sopan santun kepadanya.

Namun tentu, disini fokus terhadap bapak dan ibu sendiri, karena orang tua yang sering disebutkan umumnya ayah dan ibu.

Kamu bisa menyimak apa yang sudah admin jelaskan diatas agar dapat memahami dan kamu bisa menghormati orang tua.

Baca juga : Mengapa Manusia Wajib Menuntut Ilmu? Ini 5 Alasannya

1. Menghormati Orang Tua di Wajibkan

Alasan mengapa kita harus menghormati orang tua karena perintah yang maha kuasa, Allah SWT memerintahkan kita untuk berbakti dan hormat terhadap mereka.

Maka, anak soleh dan solehah tentunya tidak akan pernah menentang apa yang sudah Allah perintahkan kepada umatnya.

2. Menghindari Penyesalan

Ketika kita tidak pernah menghargai dan menghormati orang tua, percayalah kita akan menyesal disuatu saat nanti, hanya cucuran air mata yang dapat kita lakukan.

Maka demikian, menghormati orang tua adalah upaya yang sangat istimewa dalam menghindari penyesalan disuatu saat nanti yang besar kemungkinan akan mansuia rasakan.

3. Tercantum Dalam Alquran

Menghormati orang tua sudah ada dalam Alquran, setiap anak wajib menghormati dan menyayangi orang tuanya dengan sepenuh hati, tanpa ada rasa apapun dan tanpa terkecuali.

Dengan itu, Alquran sebagai pedoman umat manusia yang harus kita ikuti, seluruh aturan dan ajaran islam tentunya ada dalam Alquran.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Harus Berperilaku Toleransi

4. Pahala Bagi Seorang Anak dan Ridha Allah

Menghormati orang tua juga upaya anak untuk mendapatkan pahala dan ridha Allah SWT. Barangsiapa yang menghormati orang tua, maka ia akan diberikan pahala yang berlimpah.

Jelas ini sudah tercantum pula dalam ajaran islam yang mewajibkan kita untuk hormat kepada orang tua dengan apa yang seharusnya kita lakukan.

Satu pesan, jangan membuat mereka sakit hati meski hanya sekecil butiran pasir, Allah tidak akan pernah meridhai kita jika itu terjadi.

5. Orang Tua Mengorbankan Apapun Demi Anaknya

Selain hal-hal diatas, alasan kita harus menghormati orang karena pengorbanan orang tau tidak akan pernah ada yang bisa menandinginya.

Orang tua berkorban apapun demi kita, pahit manis mereka lakukan demi anaknya, tanpa pamrih dan tanpa butuh balasan mereka mengorbankan apapun dengan ikhlas.

Mungkin kamu juga sudah merasakan itu, contohnya saja makan, mustahil kamu bisa makan tanpa adanya orang tua, betul bukan?

6. Orang Tua Menyayangi Kita

Mengapa kita harus menghormati orang tua? Karena mereka menyayangi kita sama seperti Allah menyayangi diri kita, derajatnya tidak akan ada yang menandingi itu.

Jadi sudah sangat jelas bahwa Allah memerintahkan kita untuk hormat kepada kedua orang tua bukan? Itulah yang harus kamu lakukan.

7. Orang Tua Mendidik Kita

Selama ini kamu salah jika mengira guru mendidik kita, ya memang betul, tapi itu adalah pihak kedua, orang pertama yang mendidik kita tetap orang tua.

Iya betul, orang peratama yang mendidik setiap manusia adalah ibu dan ayahnya, mendidik tanpa pamrih dan ikhlas dengan keadaan apapun.

Baca juga : Contoh Perilaku Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Contoh Menghormati Orang Tua

Contoh Menghormati Orang Tua
Contoh Menghormati Orang Tua, Foto : Istimewa

Contoh menghormati adalah dengan membantu, mendengarkan dan mengikuti nasihatnya, patuh terhadapnya dan sopan santun adalah upaya untuk menghormati orang tua.

Jadi tidak ada hal-hal berat, misalnya kamu harus membelikan dia pesawat agar bisa menghormatinya, itu bukan cara meghormatinya.

Karena menghormati itu bukan soal harta dan materi, melainkan hati kita yang melakukan hal untuk mereka.

Jadi itulah alasan mengapa kita harus menghormati orang tua yang dapat admin sampaikan, semoga saja apa yang tertulis diatas membantu dan bermanfaat ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.