7 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan? Berikut Ini Alasan yang Akan Membuat Kamu Berhenti

0 209

Buanglah sampah pada pada tempatnya!, mungkin kata-kata seperti ini sudah sangat umum kita lihat di papan-papan tulisan, dan merujuk pada alasan mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan?

Tentu saja bukan tanpa alasan, ada banyak yang harus kamu pertimbangkan terkait dengan membuang sampah sembarangan.

Jangan heran jika mereka menyuruh kita untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kalau kamu membaca alasan ini, yakinlah bahwa kamu akan tobat dan segera berhenti membuang sampah sembarangan, bukan pada pada tempatnya.

Kalau ada tempat sampah, mengapa masih membuang sampah disembarang tempat?

Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan?

Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan?
Sampah!, Foto : Tempo.co

Membuang sampah sembarangan akan menyebabkan tercemarnya lingkungan yang kotor, sehingga penyakit-penyakit akan muncul begitu saja karena ulah kita sendiri dalam membuang sampah disembarang tempat.

Itu adalah hal yang banyak di katakan oarng-orang, “Sayangi lingkungan, sayangi diri, buanglah sampah pada tempatnya”

Adalah slogan yang tepat, namun faktanya, itu tidak menyadarkan orang dalam melakukan apapun, mereka masih banyak membuang sampah di sembarang tempat.

Maka, berikut ini 7 keburukan yang akan terjadi kalau kamu membuang sampah sembarangan.

Baca juga : Inilah Alasan Mengapa Terjadi Pelanggaran Hak Asasi Manusia

1. Rusaknya lingkungan

Dengan membuang sampah sembarangan, maka akan menyebabkan lingkungan rusak karena sampah banyak bertebaran di lingkungan tersebut.

Dan tentu saja tidak akan membuat kita nyaman, malah kita tidak akan hidup aman akibat lingkungan yang rusak karena sampah.

2. Munculnya Penyakit

Bukan cuma lingkungan yang rusak saja, dengan membuang sampah sembarangan, berarti kita membiarkan penyakit muncul dengan welcome.

Siapa yang akan rugi? Tentu diri kita sendiri, maka buanglah sampah pada tempatnya jikalau kamu tidak mau terkena penyakit akibat ulah diri sendiri.

3. Menyebabkan Banjir

Hujan yang deras akan menyebabkan sampah menumpuk di satu tempat yang akan membuat saluran air terhalang oleh sampah.

Sehingga, jangan heran kalau banjir merajalela, bukan hanya beberapa hal saja, banjir juga terjadi dikarenakan sampah yang menumpuk, membuat saluran tersumbat.

4. Hilangnya Pemandangan yang Indah

Lingkungan dan halaman depan rumah yang biasanya rapi, indah, dan nyaman di lihat oleh mata akan hilang jika kamu membuang sampah di sembarang tempat.

Itu adalah alasan mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan? Akan membuat lingkungan tidak enak di pandang, dan tentu saja kembali kepada penyakit yang akan muncul.

5. Tercemarnya Air

Sampah akan menyebabkan air tercemar, air yang jernih dan bagus, serta yang biasanya digunakan untuk diminum malah tercemar, menjadi rusak dan tidak dapat dijadikan sebagai bahan minuman.

Kamu yang membuang sampah sembarangan akan sangat rugi, air yang jernih akan menjadi keruh, dan disitulah penyakit akan mulai bertebaran.

6. Merusak dan Mencemarkan Tanah

Tanah yang organik, tanah yang bagus, dan tanah yang sangat di manfaatkan oleh kita akan rusak dan tercemar dengan banyaknya sampah yang bertebaran.

Ini tentunya kesalahan besar yang membuat kita tidak akan nyaman dalam hidup di dunia, maka dari itu mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan? Adalah untuk menjaga kehidupan kita agar tetap nyaman.

7. Hidup di Tempat yang Kumuh

Jangan harap kamu akan tinggal di tempat yang rapi dan nyaman kalau masih membuang sampah sembarangan. Malah kamu akan hidup di tempat yang sangat kumuh dan tak layak tinggal.

Makanya jangan pernah membuang sampah sembarangan kalau kamu tidak mau hal ini akan terjadi.

Baca juga : Akibat Interaksi Antara Manusia Dan Lingkungan Alam yang Kurang Baik

Manfaat Buang Sampah Pada Tempatnya

Manfaat Buang Sampah Pada Tempatnya
Tempat Sampah, Foto : blog.klikclean.com

Dengan alasan mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan yang sudah admin jelaskan diatas, apakah kamu akan mulai membuang sampah pada tempatnya?

Kalau kamu sudah sadar dan mematuhi aturan, maka dengan membuang sampah pada tempatnya, kamu akan mendapatkan manfaat sebagai berikut.

  • Sampah bisa didaur ulang (Terutama plastik)
  • Lingkungan yang bersih, nyaman, dan aman dari berbagai penyakit
  • Terhindar dari banjir
  • Air tetap jernih, tanah tetap aman
  • Hidup kita menjadi lebih sehat
  • Ciri bahwa kita adalah masyarakat yang patuh

Nah dengan manfaat yang sudah tertulis, tentu saja itu semua akan kamu dapati kalau memang kamu membuang sampah pada tempatnya.

Tapi, kalau kamu masih membuang sampah bukan pada tempatnya, alias sembarangan, jangan harap bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Yang akan terjadi seperti alasan yang admin tulis, yang tentunya sangat banyak dan membuat kamu rugi besar menjadi orang yang tinggal di lingkungan yang sampahnya banyak bertebaran di sembarang tempat.

Baca juga : 5 Alasan Mengapa Kita Harus Menjaga Lingkungan Hidup

Kesimpulan

Kalau ada tempat sampah, dan disitu jelas tertulis agar kamu membuangnya disana, kenapa masih membuang di sembarang tempat?

Saya sebenarnya heran sama orang-orang, kenapa sih masih membuang sampah sembarangan, bukankah sudah ada tempatnya?

Apakah mereka tidak sadar atau gimana? Tapi admin harap kamu sekarang bisa menjadi lebih baik lagi untuk tidak membuang sampah sembarangan ya sahabat kalem.

Maka demikian alasan mengapa kita tidak boleh membuang sampah sembarangan? Jawabannya sudah ada diatas, semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.