7 Contoh Penerapan Hidup Rukun yang Baik di Lingkungan Sekolah

Berikut Contoh Menerapkan Hidup Rukun yang Baik di Lingkungan Sekolah

0

SikalemMenerapkan hidup rukun itu sangat penting, baik itu di kalangan umum dan sekolah, dan contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah adalah yang akan kita bahas kali ini.

Dengan adanya hidup yang rukun, membuat kita semakin tahu bahwa hidup itu sangat indah, membuat kita mengetahui apa artinya hidup.

Hidup yang rukun membuat kita bersatu dan terhindar dari terpecah belah, siapa yang mau terpecah belah? Tentu semua orang tidak akan pernah mau.

Di sekolah, menerapkan contoh hidup rukun pun sangatlah penting, karena kamu akan belajar bagaimana hidup rukun dengan teman kelas maupun teman sekolah secara keseluruhan.

Dengan menerapkannya di sekolah, nanti kamu tidak akan lagi bingung penerapan di umum itu bagaimana agar hidup rukun dan lebih baik.

Benar sekali, kerukunan yang menjadi tolak ukur dimana kita akan tahu bahwa rukun adalah kesatuan yang luar biasa untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Coba kita perhatikan dibawah ini 7 contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah adalah yang sudah admin rangkum untuk kamu.

Contoh Penerapan Hidup Rukun yang Baik di Dingkungan Sekolah Adalah

Contoh Penerapan Hidup Rukun yang Baik di Dingkungan Sekolah Adalah
Penerapan Hidup Rukun, Foto : Github

1. Bermain dengan teman di sekolah

Selain di lingkungan sekolah, bermain dengan teman di luar lingkungan sekolah pun adalah salah satu contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah.

Baca juga : Contoh Sikap Sila Ke 1 2 3 4 5 Dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca juga : Mengapa Kita Harus Menerapkan Hidup Rukun? Ini 5 Alasannya

Sementara itu, teman kamu yang juga butuh teman yang baik, kalian harus saling berbagi cerita dan saling bersama untuk menerapkan hidup yang rukun.

3. Mengerjakan Tugas Kelompok

Di sekolah sering diadakan oleh guru agar kalian mengerjakan tugas secara berkelompok, ternyata hal ini bukan tanpa alasan melainkan agar kalian belajar hidup rukun.

Dengan mengerjakan tugas kelompok, maka kalian akan saling berbagi dan saling memberikan pemikiran yang baik, secara musyawarah tentunya itu sudah menjadi hal baik sebagai contoh penerapan hidup rukun di sekolah.

4. Piket Bersama Teman

Setiap hari biasanya ada 5 hingga lebih orang yang sudah diberi jadwal piket berdasarkan hari. Bagi kamu yang ingin menerapkan hidup rukun, jangn pernah meninggalkan piket kelas.

Jangan malas untuk mengerjakannya, karena piket bersama dengan teman adalah contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah.

5. Membersihkan Halaman Bersama

Menerapkan hidup rukun di sekolah pun dapat dilakukan dengan cara membersihkan halaman bersama teman, ini adalah sistem gotong royong dan membuat kehidupan lebih rukun.

Di kalangan umum pun gotong royong adalah sebuah hal penting untuk kerukunan masyarakat yang baik.

6. Tidak Saling Mengejek Dengan Teman Sekolah

Contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah adalah tidak saling mengejek sesama teman kelas maupun teman sekolah.

Admin sendiri dulu pernah saling mengejek dengan teman, dan akhirnya yang terjadi malah menyebabkan pertengkaran, makanya jangan saling mengejek ya sahabat kalem.

7. Saling Berbagi Dengan Teman

Kalau berbagi jawaban sih enggak boleh ya, kecuali tugas kelompok. Namun kamu harus saling berbagi bersama teman, misalnya saat teman butuh penghapus, kamu pinjamkan, itu juga sama kok.

Lalu kalau ada teman yang tidak makan misalnya, tapi kamu dan teman yang lainnya makan di kantin, untuk menerapkan hidup rukun, cobalah berbagi makanan kepada seorang teman yang tidak makan tersebut.

Kesimpulan

Dan sebenarnya masih banyak lagi untuk contoh menerapkan kehidupan yang rukun di sekolah kalian, namun yang admin berikan diatas adalah secara umum yang dapat kalian lakukan di sekolah setiap hari.

Jadi, contoh penerapan hidup rukun yang baik di lingkungan sekolah adalah diatas dapat kamu terapkan, semoga kamu dan teman kamu tidak pernah terpecah belah bahkan sampai kalian lulus nanti.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.