8 Alasan Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi?

Ternyata Ini Penyebab Indonesia Sering Terjadi Gempat Bumi, Apa Saja Penyebabnya?

0 7

Mengapa di Indonesia sering terjadi gempa bumi? Setiap tahun pasti saja terjadi bencana alam gempa di Indonesia. Memang ini adalah musibah yang sudah di rencanakan Tuhan, namun kita disini berbicara tentang bahasa ilmiah dan ilmu alam.

Dalam sebuah catatan sederhana yang menjadikan kebingungan, entah kenapa di Indonesia sering sekali terjadi bencana gempa setiap tahun?

Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi

Mengapa di Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi
Ilustrasi Skala Gempa, Foto : Istimewa

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut bahwa hampir seluruh wiayah kepulauan Indonesia rawan gempa, baik yang kecil maupun yang besar, hal ini dikarenakan Indonesia terletak di atas tiga lempeng, yaitu Eurasia, Pasifik dan Lempeng Indo-Australia.

Secara umum, terjadinya bencana alam gempa bumi di Indonesia adalah hal tersebut. Namun yang pasti, tak hanya itu saja, admin sudah banyak menelusuri bahwa ada banyak penyebabnya.

Silakan kamu simak di bawah ini apa saja penyebab mengapa di indonesia sering terjadi gempa bumi?

Baca juga : 7 Hal yang Akan Terjadi Jika Hutan Bakau Rusak

1. Indonesia Menjadi Titik Pertemuan 3 Lempeng Dunia

Pada alasan umum sudah admin jelaskan, bahwa Indonesia berada pada titik pertemuan 3 lempeng, yaitu Eurasia, Pasifik dan Lempeng Indo-Australia. Hal ini sering menyebabkan terjadinya gesekan lempengan bumi.

2. Indonesia Termasuk Ring Of Fire

Artinya, yang menyebabkan Indonesia sering terjadi gempa Vulkanik adalah letusan gunung berapi. Ini memang sering terjadi, karena banyak juga gunung aktif yang ada di Nusantara ini.

3. Lokasi Indonesia Berada Pada Alpine Belt

Memang aneh-aneh kalau bahasa Ilmiah mah, admin sering geleng-geleng kepala. Namun yang membuat seringnya gempa di Indonesia karena berada di Alpine Belt atau Sabun Alpine, inilah yang membuat Indonesia tanahnya subur, namun sering juga terjadi bencana alam.

4. Terletak di Batas Lempeng Sunda

Selain terletak di batas lempeng Sunda, Indonesia juga seperti yang disebutkan terletak di lempeng Indo-Australia. Umumnya di Pulau Sumatera, lempeng Sunda di tundukkan dibawah lempeng Indo-Australia.

Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa, Foto : Istimewa

5. Air Tanah yang Berkurang

Berkurangnya air tanah pun menjadi penyebab mengapa di indonesia sering terjadi gempa bumi? Nah, ini adalah suatu hal yang wajib kita perhatikan, selain hal-hal diatas alasan ini juga sangat masuk akal, meskipun kadang yang terjadi berskala kecil dan sangat jarang.

6. Kepadatan Tanah Berkurang

Artinya, pergerakan tanah semakin mudah bergerak, hal ini karena kepadatan tanah yang berkurang. Pantas saja sering muncul bencana gempa yang sering kita rasakan di berbagai daerah di Indonesia.

7. Karena Ulah Manusia Sendiri

Bencana gempa bumi pun bisa terjadi akibat ulah manusia itu sendiri. Misal, kegiatan pertambangan, hal ini akan membuat kerusakan terhadap kontur alami kerak bumi. Membuatnya tak stabil dan rentan terjadi pergesekan.

8. Terletak di Cincin Api Pasifik

Kembali pada Ring Of Fire yang sudah admin jelaskan di poin sebelumnya. Memang Cincin Api Pasifik adalah letak Indonesia berada, pantas saja negara kita sering sekali terjadi bencana alam yang setiap tahun hampir ada.

Baca juga : Akibat Interaksi Antara Manusia Dan Lingkungan Alam yang Kurang Baik

Cara Menghadapi Gempa Bumi

Cara Menghadapi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa, Foto : Istimewa

Memang, gempa bumi tidak dapat kita hindari, karena ini kuasa Tuhan. Tapi, kita disini berbicara tentang bahasa Ilmiah yang tentu saja ada beberapa hal dapat kita lakukan untuk mengahdapinya.

Karena alasan mengapa di indonesia sering terjadi gempa bumi sudah kita dapatkan, diatas adalah bahasa ilmiah yang admin jelaskan, maka ada pula hal yang dapat dilakukan agar dapat menghindarinya.

Tips Menghindari Gempa Bumi:

  1. Berlindung dibawah meja
  2. Melindungi kepala dengan alat, misal helm
  3. Pergi keluar rumah, ini adalah umum di lakukan masyarakat
  4. Menjauhi gedung tinggi
  5. Menjauhi tiang-tiang
  6. Ketika berkendara, hentikanlah
  7. Menjauh dari laut karena takut berpotensi tsunami
  8. Simpan tas siaga bencana
  9. Cari tempat yang aman
  10. Hubungi orang yang dapat dihubungi

Nah sahabat, kalau kamu merasakan gempa bumi, coba untuk melakukan tips-tips tersebut untuk menghadapinya, hal ini tentunya akan sedikit membantu, meski sekali lagi tak dapat terhindar dari bencana.

Kesimpulan

Sahabat, gempa bumi di Indonesia memang sangat sering, bahkan ketika admin stand by time line Twitter, pasti sering muncul tweet dari akun BMKG bahwa ada gempa di daerah tersebut. Apalagi admin pernah mengalami gempa yang mencapai 6 SR ketika di gempa Banten di tahun silam.

Baca juga : 7 Alasan Mengapa Kita Tidak Boleh Membuang Sampah Sembarangan

Dan admin mungkin hanya dapat menyampaikan itu saja terkait alasan dan penyebab mengapa di indonesia sering terjadi gempa bumi? Semoga artikel ini membantu ya sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.