8 Arti Kata Mencangkok Menurut Kamus Bahasa Indonesia

Berikut Ini 8 Arti Kata Mencangkok yang Ada Dalam KBBI

0

Sikalem – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) arti kata mencangkok terdapat 8 makna berdasarkan definisi dari tesaurus bahasa Indonesia, mungkin selama ini kamu salah memaknainya.

Pada kesempatan ini, saya akan menjabarkan seluruh arti kata mencangkok yang ada dalam KBBI agar kamu tidak lagi keliru memahami dan memaknai kata tersebut.

Sesuai dengan kamus, dibawah ini adalah makna penjelasan terkait kata mencangkok, apa yang dimaksud dengan mencangkok sebenarnya?

Arti Kata Mencangkok

Menurut kamus besar bahasa Indonesia, mencangkok artinya adalah melakukan atau membuat cabang agar berakar pada sebuah pohon dengan melakukannya pada dahan untuk ditanam kembali. Kemudian juga mencangkok bisa berarti menyambung anggota tubuh yang rusak, seperti patah tulang.

Dalam kamus ini, ada beberapa kata turunan yang membuat kata mencangkok ini memiliki beberapa makna, diantara makna tersebut arti kata mencangkok tidak hanya satu atau dua saja, melainkan berjumlah lebih dari 5.

Mencangkok yang awal mulanya merupakan kata untuk membuat sebuah cabang dari pohon, semisal pohon mangga untuk ditanam kembali.

Berikut ini beberapa makna dari kata mencangkok yang memiliki kata turunan.

  1. Cangkok artinya pembedahan ginjal yang sakit dengan cara mengangkatnya dan mengganti dengan ginjal yang sakit dengan melakukan pendonoran;
  2. Mencangkok artinya membuat cabang dari dahan pohon untuk ditanam kembali;
  3. Mencangkok juga berarti menyambung tubuh yang rusak akibat patah;
  4. Cangkokkan yaitu dahan yang sudah berakar dengan cara dicangkok;
  5. Cangkokkan juga berarti pergantian anggota tubuh;
  6. Cangkokkan juga berarti palsu atau gadungan;
  7. Pencangkok orang yang melakukan cangkok;
  8. Pencakokkan adalah proses atau cara membuat cangkok;

Baca juga : 6 Arti Kata Wawasan dan Contohnya

Contoh Hasil Cangkokkan Pohon

Contoh Hasil Cangkokkan Pohon
Contoh Hasil Cangkokkan Pohon, Foto : Istimewa

Seperti arti kata mencangkok yang ditulis diatas ternyata memiliki beberapa makna dan turunan kata sesuai dengan kaidah kamus bahasa Indonesia secara resmi.

Contoh hasil Cangkokkan dapat kamu lihat digambar diatas, dan itu adalah contohnya, dimana dahan dari pohon misalnya pohon mangga dikerik lalu ditaburi tanah dan dibungkus dengan alat tertentu.

Kemudian nanti dahan tersebut selama beberapa waktu akan berakar, setelah berakar, hasil cangkokan nanti ditanam kembali ke tanah agar tumbuh besar dan berbuah.

Selama ini ada banyak sekali pohon-pohon hasil Cangkokkan, dan itu adalah pohon yang berbuah biasanya, seperti mangga, jambu, lengkeng, dan masih banyak lagi.

Contoh Hasil Cangkokkan Anggota Tubuh

Contoh Hasil Cangkokkan Anggota Tubuh
Contoh Hasil Cangkokkan Anggota Tubuh

Pada contoh ini juga kita berikan, karena arti kata mencangkok juga berkaitan dengan anggota tubuh yang rusak untuk diperbaiki maupun diganti, tentu berbeda dengan cangkok pohon.

Cangkokkan anggota tubuh yang rusak biasanya patah tulang, lalu dibaluti dengan alat yang keras, biasanya dengan penggunakan bambu yang sudah disayat, maupun dengan alat medis lainnya yang sudah disediakan.

Kemudian dibungkus dengan alat kain, dan didiamkan agar tulang yang patah kembali normal. Biasanya dilakukan oleh dokter atau orang-orang yang biasa menyembuhkan patah tulang.

Dalam waktu-waktu tertentu, jika berhasil maka tulang yang patah akan kembali normal seperti semula, tapi harus dengan pengawasan jika ingin sempurna.

Baca juga : 5 Arti Kata Ligatur Menurut Dua Bahasa

KataMencangkok
JenisKata Benda (Nomina)
ArtiMembuat cabang dari pohon, memperbaiki anggota tubuh yang rusak

Kesimpulan

Berdasarkan yang tercatat dalam kamus bahasa Indonesia, itulah yang dimaksud dengan mencangkok dan sudah ada contohnya juga dari beberapa jenis yang diberikan diatas.

Alhasil kamu seharusnya tahu sekarang jika sudah membaca arti kata mencangkok yang ditulis diatas, mudah-mudahan saja bermanfaat untuk sahabat kalem.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.