8 Bentuk Sikap Positif Terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia di Lingkungan Keluarga

Ini Bentuk Sikap Positif Terhadap Sistem Pemerintah Dalam Keluarga

0

Sikalem – Dalam kehidupan sehari, sejatinya kita harus mematuhi aturan-aturan dari negara yang kita duduki, seperti bentuk sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia di lingkungan keluarga harus kita laksanakan.

Dalam memikirkan apa yang harus kita lakukan, sebenarnya tidak sulit kalau mau menyikapi hal positif terhadap sistem pemerintahan di negara kita ini.

Seperti kita tahu bahwa Indonesia memiliki sistem negara pemerintahan, negara Republik, dan dengan hukum dan undang-undang.

Indonesia adalah negara demokrasi, setiap warga negaranya memilik hak untuk mengambil keputusan hidupnya, setiap warga pun bisa berpartisipasi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Sistem Pemerintah Indonesia

Sistem Pemerintah Indonesia
Pemerintah Republik Indonesia, Foto : Kompas

Sistem pemerintah Indonesia menganut sistem Presidensil, yang berati memiliki pemisahan kekuasaan diantaranya, Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif.

Dalam pelajaran PPKn sudah ada pembahasan tentang sistem pemerintahan yang ada di Indonesia, dan sekaligus artikel ini juga dapat kamu jadikan sebagai referensi pengetahuan kamu.

Karena, kita harus melakukan bentuk sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia di lingkungan keluarga dalam kehidupan kita, cara yang baik tentunya harus kita jalani.

Indonesia yang merupakan negara Demokrasi dan memperbolehkan warga negaranya dalam memilih apa yang mereka pilih sesuai dengan Hak Asasi-Nya sendiri.

Namun pilihan itu bukan hal-hal yang negatif, akan tetapi hal-hal yang positif, seperti kebebasan dalam memilih agama, tempat tinggal, dan lain sebagainya.

Baca juga : Pandangan Hidup Masyarakat Indonesia Berlandaskan Hal Ini

Baca juga : Kehidupan Sosial Budaya Indonesia yang Wajib Kamu Tahu

Bentuk Sikap Positif Terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia di Lingkungan Keluarga

Salah satu bentuk sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia di lingkungan keluarga yaitu patuh terhadap kedua orang tua, Ibu yang jasanya sangat besar, dan Bapak sebagai kepala dari keluarga Kita.

Dengan mematuhi kedua orang tua, itu berarti kita bersikap positif, hal ini dikarenakan bahwa Indonesia merupakan negara hukum.

Bentuk Sikap Positif Terhadap Sistem Pemerintahan Indonesia di Lingkungan Keluarga
Keluarga, Foto : Istimewa

1. Patuh Kepada Kedua Orang Tua

Ibu dan Ayah yang berperan penting dalam kehidupan kita, tanpa mereka tidak mungkin kita akan ada hingga sebesar sekarang ini. Untuk menyikapi sistem pemerintahan Indonesia, kamu harus patuh terhadap kedua orang tua kamu, jangan pernah membantah apa yang mereka berikan kepada kita.

2. Bersikap Adil Kepada Semua Anggota Keluarga

Bersikap adil kepada sesama anggota keluarga pun adalah bentuk sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia di lingkungan keluarga. Hal baik seperti inilah yang membuat kita menyikapi sistem pemerintah di negara kita.

3. Saling Menyayangi Satu Sama Lain

Sesama anggota keluarga, mulai dari ayah, ibu, adik, kakak, semuanya harus saling menyayangi jika kamu mau menjalankan bentuk dari sistem pemerintahan di negera kita ini.

4. Saling Mengingatkan Kepada Semua Anggota Keluarga

Mengingatkan beribadah seperti Shalat bagi yang Muslim, pergi ke gereja bagi yang Kristen, dan ibadah-ibadah sesuai agama masing-masing. Mengingatkan waktu bermain, waktu makan, mandi, dan lain sebagainya.

5. Saling Menghormati dan Menghargai

Mungkin masih ada saja sesama keluarga, adik dan kakaknya terus menerus saling mengejek, ini bukan bentuk sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia di lingkungan keluarga, tapi dengan saling menghormatilah bentuknya.

6. Bermusyawarah Bila Ada Masalah

Saat ada masalah, baik kecil maupun besar, utamakan musyawarah untuk menyelesaikan masalah tersebut sesama keluarga, hal ini sangat baik dan wajib untuk kita jalankan dalam kehidupan sehari-hari.

7. Bekerjasama Ketika Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Mungkin selama ini kamu malah membiarkan Ibu mencuci piring sendiri, Ayah membersihkan kebun sendiri. Padahal, dengan membantunya adalah bentuk dari sikap sistem pemerintahan negara kita loh sahabat kalem.

8. Jadilah Anak yang Berbakti, Kakak yang Baik, Adik yang Baik dan Orang Tua yang Baik

Lalu jika kamu ingin melaksanakan apa yang dilaksanakan dalam sistem pemerintahan negara Indonesia, maka jadilah anak yang baik dan berbakti, menjadi kakak dan adik yang baik, serta menjadi ayah dan ibu yang baik bagi anak-anaknya.

Perlakuan ayah dan ibu kepada semua anaknya harus bersikap adil, jangan memandang sebelah mata, ketika si kaka dibeliin ice cream, adik juga harus dibeliin agar tidak terjadi percekcokan diantara mereka berdua.

Keluarga Bahagia
Keluarga Bahagia, Foto : Istimewa

Dan tentu saja banyak lagi yang dapat kamu lakukan untuk menyikapi sistem pemerintah yang ada di negara kita ini.

Namun alangkah baiknya jika kamu menjadikan poin-poin diatas langkah-langkah yang kamu lakukan setiap hari, guna menambah kehangatan keluarga dan sebagai bentuk sikap positif terhadap sistem pemerintahan Indonesia di lingkungan keluarga.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.