9 Panggilan Kakek Nenek Dalam Bahasa Sunda

0 6.352

Mungkin kamu ingin tahu apa saja panggilan kakek nenek dalam bahasa Sunda? Nah mumpung admin lagi berbaik hati, maka akan admin jelaskan disini khususnya untuk sahabat kalem yang tidak mengerti bahasa Sunda.

Apalagi admin sendiri lahir dari keluarga yang berbahasa Sunda, meskipun bahasa kasar, namun tentu admin akan berbagi panggilan kakek nenek dalam bahasa Sunda yang dapat kamu nikmati saat ini hingga untuk masa depan.

Sekarang saatnya kita membahas apa saja ungkapan tersebut? Silakan simak berikut ini.

Panggilan Kakek Nenek Dalam Bahasa Sunda

Dalam bahasa Sunda, kakek bisa di panggil Abah, Olot, Oyot atau Bapak Gede, sedangkan nenek bisa dipanggil Olot, Oyot, Emak, Emak Gede dan Nini. Akan tetapi secara umumnya, kakek dipanggil Abah dan nenek dipanggil Oyot atau emak.

Nah, adapun penggunaan bahasa tersebut sangat banyak, biasanya tergantung daerah yang terbiasa mengungkap panggilan untuk kakek dan nenek. Di daerah admin sendiri umumnya Abah untuk kakek dan Oyot untuk nenek.

Baca juga : 2 Arti Kata Punten Dalam Bahasa Sunda

Yang perlu kamu perhatikan, kenapa ada beragam ungkapan? Karena meskipun Sunda, ada banyak sekali ungkapan yang banyak namun tetap saja tujuan dan makna dari ungkapan tersebut banyak.

Yang menjadi pembeda juga didasari dari daerah itu sendiri. Di kampung admin dan kampung sebelah saja sudah berbeda, jadi tergantung kebiasaan orangnya saja, mungkin sama dengan bahasa daerah lainnya.

Perbedaan Bahasa Sunda Kakek dan Nenek

Penggilan kakek nenek dalam bahasa Sunda mewakili apa yang benar-benar harus kamu ungkapkan berdasarkan apa yang sudah admin jelaskan menyertai pertanyaan yang sering muncuk dari teman-teman admin yang bukan orang Sunda.

Kakek dan nenek memiliki perbedaan dalam pembahasaan saja, sama halnya dalam bahasa Indonesia, namun dalam Sunda ada ungkapan yang sama untuk keduanya, yaitu Oyot dan Olot.

Kenapa? Karena ungkapan dari kata tersebut dapat digunakan untuk panggilan kakek maupun panggilan nenek. Itulah yang terjadi dalam bahasa Sunda, tapi mungkin berbeda dengan Sunda lainnya seperti di Bandung, karena panggilan bapak saja biasanya menggunakan kata Abah.

Sedangkan admin menggunakan kata Abah ini untuk panggilan kakek, untuk bapak tetap kata bapak, ibu juga emak, dan ungkapan emak juga bisa digunakan untuk panggilan nenek dalam bahasa Sunda.

Baca juga : Arti Pantek Menurut Kamus Bahasa Indonesia dan Sunda

Nah sahabat kalem, sekarang sudah saatnya kamu memanggil kakek dan nenek kamu menggunakan panggilan Sunda, seperti yang sudah admib tulis diatas agar kamu tak bingung lagi nantinya.

Kesimpulan

Kita sadar bahwa dalam bahasa daerah di Indonesia, sebut saja bahasa Sunda, Jawa, atau Bahasa daerah lainnya memiliki perbedaan yang signifikan, namun kita tetap harus melihat apa yang tertulis dalam kamus pembahasaan.

Di Indonesia, tentu ada banyak bahasa yang digunakan, bahkan di pulau Jawa saja ada lebih dari 3 bahasa daerah, di Sumatera, Kalimantan, Bali, Papua dan pulau lainnya memiliki banyak bahasa daerah yang digunakan dalam keseharian mereka.

Baca juga : Ucapan Selamat Datang Dalam Bahasa Sunda

Nah, mungkin sekian pembahasan admin mengenai panggilan kakek nenek dalam bahasa Sunda yang dapat kamu nikmati, semoga yang tertulis diatas bermanfaat ya sahabat kalem.

Artikel Terkait

Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.