Alasan Utama Target Pembunuhan APRA Adalah Sultan

Alasan Utama Target Pembunuhan APRA

0

Sikalem – Apa yang menjadi pemicu pembunuh APRA kala itu? Yang alasan utama target pembunuhan APRA adalah sultan apa? Coba kita perhatikan jawaban yang benar.

Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) yang terjadi di Jawa Barat pada sejarahnya tentu dengan alasan yang membuat mereka melakukan pemberontakan.

Hal tersebut berdasarkan sejarah yang ada, sehingga kita dapat menyimak kembali singkat sejarah pemberontakan yang dilakukan oleh APRA pada saat itu dibagian bawah berikut ini.

Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA)

Pada tahun 1950, APRA terjadi dan dilatarbelakangi oleh ketidaksetujuan pembentukan APRIS di Jawa Barat, pada saat itu masih terbentuk bagian Pasundan.

APRA yang di pimpin oleh Raymond Wasterling melakukan pemberontakan dengan latar belakang tersebut, juga mereka memiliki target yang mana target tersebut sangat berpengaruh.

APRA yang di singkat dari Angkatan Perang Ratu Adil ini sudah menjadi sejarah yang luar biasa, sangat disayangkan jikalau kamu tidak tahu sejarah pemberontak yang dilakukan APRA.

Lantas, yang alasan utama target pembunuhan APRA adalah sultan apa? APRA yang kala itu melakukan pemberontakan, mereka menargetkan seseorang yang berpengaruh pada saat itu, dibawah ini adalah Sultan yang menjadi tujuan APRA.

APRA
APRA, Foto : Istimewa

Alasan Utama Target Pembunuhan APRA Adalah Sultan

Sri Sultan Hamengkubuwono IX merupakan target utama pembunuhan yang dilakukan oleh APRA, beliau merupakan menteri pertahanan yang di rencanakan akan dibunuh oleh APRA buntut dari ketidaksetujuan APRIS.

Peristiwa ini pun salah satu kejadian dalam sejarah yang tidak dapat dilupakan hingga saat ini.

Kala itu, APRA yang melakukan pemberontakan akibat dari hal yang sudah dijelaskan, menyerang orang-orang yang berseragam TNI di Bandung.

Baca juga : Berikut Ini BPUPKI Dalam Bahasa Jepang

Baca juga : Perang Dingin : Munculnya Organisasi GNB

Untuk mengetahui sejarah lengkapnya, kamu bisa membaca buku sejarah tentang pemberontak APRA.

Karena disini kita fokus terhadap pembahasan tujuan utama yang mereka bunuh, sehingga kita sudah mendapatkan jawaban itu.

Ternyata alasan utama target pembunuhan APRA adalah Sultan Hamengkubuwono IX pada saat itu, ini adalah peristiwa di Kota Bandung yang menjadi sejarah dan tidak terlupakan.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.