Alat yang Menggunakan Prinsip Gaya Lorentz Adalah

Alat yang Menggunakan Prinsip Gaya Lorentz Adalah
Ilustrasi gaya lorentz, foto: MAPEL

Sikalem – Sekarang kita mencari tahu alat yang menggunakan prinsip gaya lorentz adalah alat apa? Sementara itu mungkin alat ini sering banget kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Gaya lorentz merupakan sebuah gaya yang timbul akibat adanya arus listrik pada medan magnet, ketika arus listrik masuk maka sebuah alat akan berfungsi dengan baik, namun ketika tidak maka alat itu tidak akan berfungsi sesuai tujuannya.

Arus listrik bisa menggerakkan benda atau alat yang memang menggunakan gaya lorentz, dan apakah kamu tahu alat yang menggunakan prinsip gaya lorentz adalah apa saja?

Sementara itu dalam pengertian diatas secara singkat telah kamu temukan sebuah alat, bayang-bayang saja alat yang seperti demikian itu apa?

Tapi tidak usah khawatir, kalau kamu enggak mau memikirkannya, silakan kamu simak saja karena sudah dirangkum untuk memeberikan kamu pengetahuan bahwa alat ini merupakan alat yang menggunakan gaya lorentz.

Alat yang Menggunakan Prinsip Gaya Lorentz Adalah

Alat yang menggunakan prinsip gaya lorentz adalah motor listrik, komputer, galvanometer, voltmeter, amperemeter, dan juga pompa atau penyedot air listrik.

Alat-alat itu biasanya akan berfungsi dengan semestinya ketika dilalui arus listrik, sedangkan jika tidak, coba kamu perhatikan apakah alat tersebut akan berfungsi dengan baik?

Baca juga: Benda yang Ditarik Lemah Oleh Magnet Disebut Hal ini

Baca juga: Teknologi Berikut ini yang Tidak Menggunakan Prinsip Archimeded Adalah

Misalnya kita menggunakan alat penyedot air, kalau orang kampung biasanya menyebut Sanyo, padahal itu merk, tapi ya sudahlah kita coba saja kembali lihat penyedot air tersebut.

Jika dilalui arus listrik, maka ia akan berfungsi dan bisa menyedot air, namun jika listirk mati, akankah dia masih bisa menyedot air? Tentu saja tidak karena dia menggunakan listirk untuk bekerja.

Penyedot air ini menggunakan prinsip gaya lorentz, ketika arus listrik masuk kedalam medan magnet, maka ia akan menyedot air, sedangkan jika tidak maka air tidak akan disedot.

Nah sahabat kalem, dari pembicaraan yang admin jelaskan diatas, apakah kamu masih bertanya? Seharusnya tidak ya apalagi itu sering banget kamu gunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya komputer dan penyedot air sering banget kamu gunakan.

Jadi alat yang menggunakan prinsip gaya lorentz adalah apa yang diberikan diatas, itu merupakan alat-alat atau aplikasi yang tidak akan berfungsi jika tidak ada arus listirk yang masuk kedalam magnetnya untuk bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.