Apa itu Remedial Recovery? Dan apa Tugas Remedial Recovery?

Pengertian remedial recovery dan tugasnya

Apa itu Remedial Recovery? Dan apa Tugas Remedial Recovery?
Ilustrasi

SikalemRemedial Officer, mungkin inilah kata yang tepat untuk remedial recovery, karena pada dasarnya tugasnya tentu berbeda dengan pekerjaan yang lainnya, tahukah kamu apa itu remedial recovery? Dan apa tugas remedial recovery?

Mungkin kamu sering mendengar istilah debt collector atau orang yang menagih angsuran dari pinjaman atau yang sejenisnya yang dilakukan oleh nasabah atau orang yang melakukan peminjaman.

Disini kita akan mengenali apa itu remedial recovery dan apa saja tugas remedial recovery, meski terdengar sangat asing, tapi bagi sebagaian orang ini sudah memahami tentunya.

Di beberapa perusahaan yang mungkin memiliki kewenangan memiliki seorang remedial recovery, biasanya tugas ini dalam perusahaan perbankan ya.

Apa itu Remedial Recovery?

Ketika kamu mencari tahu apa itu remedial recovery? Dan apa saja tugas remedial recovery? Mungkin kamu tidak menemukan unsur yang pas dari pengertiannya.

Namun, ketika admin mencari kesana kesini, ternyata ada beberapa hal yang penting untuk kamu perhatikan dari seorang remedial recovery.

Bisa disebut remedial saja, atau hanya recovery saja, lantas apakah pekerjaan remedial recovery ini sama halnya dengan pekerjaan atau tugas debt collector?

Apa itu Remedial Recovery?
Ilustrasi

Baca juga: Mengenal Apa itu Junior Branch Funding Sales?

Baca juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Mudah di Terima

Pengertian Remedial Recovery

Remedial atau Recovery merupakan posisi yang ditugaskan untuk penanganan kredit yang sudah jatuh tempo berdasarkan ketentuan dari perusahaan perbankan.

Artinya, seorang remedial recovery bertugas melakukan penagihan terhadap nasabah di perusahaan pembiayaan. Mungkin istilah ini lebih tepatnya sama dengan debt collecting ya.

Berdasarkan namanya, debt berarti hutang, sehingga mungkin kamu yang ingin menjadi remedial recovery ini memiliki kriteria khusus untuk menjadi orang yang mendalami posisi ini.

Tugas Remedial Recovery

Seperti yang sudah kita ketahui diatas, apa itu remedial recovery? Bahwasannya seseorang yang berkaitan dengan masalah penagihan kredit.

Lalu, apakah tugasnya hanya sedemikian rupa? Tentu saja tidak, ada banyak sekali tugas-tugas yang harus dilakukan oleh remedial recovery berdasarkan ketentuan dari peruashaan.

Tugas-tugas remedial recovery diantaranya:

  • Mengkoordinasikan serta mengoptimalkan pengelolaan AR dan penanganan kredit yang sudah jatuh tempo.
  • Membantu cabang menangani mitra yang bermasalah.
  • Mencapai target berdasarkan yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Apakah tugas diatas mampu membuat kamu yakin untuk menjadi seorang remedial recovery? Kriteria itu harus kamu perhatikan juga, mau tahu bagaimana kriteria atau syaratnya?

Ilustrasi Remedial Recovery
Ilustrasi

Kriteria Posisi Remedial Recovery

Tugas Remedial Recovery dan juga pengertiannya sudah kita jelaskan diatas, sehingga mungkin kamu menginginkan kriterianya karena menurut kamu pekerjaan diatas sangat mudah.

Beirkut adalah kriteria remedial recovery:

  • Usia maksimal 35 tahun.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK/MA.
  • Berpengalaman dibidang collection, atau minimal mengerti tugasnya.
  • Berpengalaman handling management diperusahaan pembiayaan.
  • Berkemampuan baik dalam komunikasi.
  • Memiliki kendaraan bermotor dan SIM.
  • Memiliki sertifikat pengalaman penagihan.

Dalam beberapa perusahaan mungkin beberapa kriteria diatas tidak termasuk juga, tapi memang ada beberapa perusahaan yang mewajibkan kamu untuk memiliki sebuah pengalaman, tapi kalau pun tidak bisa dicoba.

Apakah kamu masih mempertanyakan apa itu remedial recovery? Bagaimana tugas remedial recovery? Dan tentu saja kamu harus memperhatikannya kembali, karena ini mewajibkan kamu untuk melaksanakan tugas yang dijelaskan.

Kesimpulan

Baiklah, jika kamu memang tertarik untuk menjadi seorang remedial recovery, karena memang pendidikan yang dituliskan untuk persyaratan tidak harus SI, hanya perlu ijazah SMA sederajat saja kamu sudah bisa melamar menjadi remedial recovery.

Karena sekarang kita sudah tahu tugas remedial recovery itu apa? Dan pengertiannya apa itu remedial recovery? Maka silakan kamu mendaftarkan diri ke perusahaan yang sedang membuka lowongan remedial recovery.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.