Apa Itu Rungkad Dalam Bahasa Gaul? Ternyata Bahasa Sunda, Rungkad Artinya

Mungkin Kamu Mau Tahu Apa Itu Rungkad Dalam Bahasa Gaul

0

Sikalem – Banyak yang tidak tahu apa itu rungkad dalam bahasa gaul? Dan ternyata istilah ini sebenarnya bukan bahasa gaul, tapi rungkad artinya dalam bahasa daerah.

Di Indonesia ada banyak sekali bahasa daerah, sehingga kadang mereka menggunakan bahasa tersebut untuk melengkapi kata-kata yang mereka ucapkan.

Rungkad artinya memuat makna yang sangat beda dengan kata lainnya, tapi kata ini juga memaknai suatu hal yang buruk pada kondisinya.

Seperti yang kita bahas ini terkait apa itu rungkad dalam bahasa gaul? Kamu akan tahu jawaban yang sebenarnya berikut ini.

Apa Itu Rungkad Dalam Bahasa Gaul?

Rungkad atau disebut juga dengan Rongkad sebenarnya berasal dari bahasa Sunda, jika diterjemaahkan kedalam bahasa Indonesia, Rungkad artinya Tumbang hingga akarnya tercabut, contohnya Kelapa Rungkad (Kelapa Tumbang)

Kamu sebenarnya selalu salah dalam memahami apa kata yang kamu temukan, yang sedang kita bahas ini bukanlah bahasa gaul melainkan bahasa daerah.

Kamu cukup membaca apa yang telah disampaikan diatas, tentu itu benar-benar nyata, dan admin sendiri adalah orang Sunda, pasti tahu dong apa artinya.

Baca juga : Arti Ceunah Dalam Bahasa Sunda (Update)

Perlu kamu ingat, pohon yang tumbang memang bahasa Sundanya adalah Rubuh, namun jika tumbang dengan akar-akarnya tercabut, itulah baru Rungkad/Rongkad.

Rungkad Artinya

Dalam bahasa gaul rungkad artinya perumpamaan dimana orang tersebut sedang dalam kondisi yang tidak baik. Seperti rungkad sayang makna kata tersebut adalah ungkapan dimana orang itu sedang tidak beruntung.

Seperti misalnya saat orang itu rugi dalam berbisnis, atau misalnya saat pekerjaannya menjadi ancur, dan dia akan mengatakan rungkad sayang.

Meskipun sebenarnya rungkad ini artinya roboh, tapi dalam bahasa gaul merupakan perumpamaan dimana seseorang sedang berada dalam suatu masalah.

Rungkad/Tumbang
Pohon Tumbang, Foto : Istimewa

Contoh Rungkad/Rongkad

Kita sudah tahu apa itu rungkad dalam bahasa gaul? Dan istilah ini juga bisa disebut Rongkad ya seperti pada pembahasan diatas admin garis miring dengan sengaja agar kamu semakin dalam mengenali nya.

Gimana dengan contohnya? Ya seperti biasa, admin akan berikan sedikit contoh agar kamu tidak bingung bagaimana penggunaan kata tersebut diungkapkan.

Baca juga : Bahasa Sunda Aku Sayang Kamu yang Baik dan Benar

  • Tangkal kalapa teh rungkad nya, sampe tanehna oge acak-acakan (Pohon kelapanya tumbang hingga tanahnya pun acak-acakan)
  • Geus rungkadken we sampeu teh (Sudah tumbangin (dengan akar) saja singkongnya)

Ya perkiraan seperti itulah ya sahabat kalem, enggak usah bingung lagi pokoknya kamumah apa yang dimaksud dengan rungkad, paham kan sekarang mah kamu?

Anggap saja ini juga pelajaran bahasa Sunda untuk kamu yang bukan orang Sunda, admin juga sudah banyak ya membahas bahasa Sunda yang sudah tertulis di Sikalem.

Dan itulah pembahasan kali ini terkait dengan bahasa gaul, karena sekarang kita sudah tahu apa itu rungkad dalam bahasa gaul, maka semoga artikel ini bermanfaat.

Artikel Terkait
Berikan Komentar ya Sahabat Kalem

Email dirahasiakan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.